Sukses

Bahas Keunggulan Snapdragon 7+ Gen 2 yang Debut di Poco F5, Tawarkan Performa Kelas Flagship

Snapdragon 7+ Gen 2 yang menjalani debut di Poco F5 hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Poco F5 telah diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Poco untuk pasar global. Sebagai dapur pacunya, smartphone tersebut dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 2.

Perlu diketahui, Snapdragon 7+ Gen 2 merupakan chipset terbaru dari Qualcomm dan melakukan debutnya di Poco F5. Chipset ini pun disebut memiliki sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya, bahkan disebut bisa disejajarkan dengan seri-seri di atasnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (7/6/2023), salah satu peningkatan signifikan dari Snapdragon 7+ Gen 2 adalah kecepatan clock-nya mencapai 2,92GHz, lebih cepat 50 persen dari Snapdragon 7 Gen 1.

Selain itu, chipset Poco F5 ini juga menjadi model pertama dari Snapdragon 7 Series yang menggunakan Arm Cortex X-Series untuk core CPU-nya, serupa dengan seri flagship Snapdragon 8 Gen 1.

Secara rinci, delapan core Snapdragon 7+ Gen 2 terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, serta 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo Snapdragon 7+ Gen 2 pun mirip dengan Snapdragon 8 Gen 1. Kecepatan clock masing-masing core antar chipset itu pun terpaut sangat tipis.

Perlu diketahui pula, Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun di proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, ditambah dukungan 5G. Konsumsi daya chipset ini juga disebut lebih hemat 13 persen dibandingkan pendahulunya.

Selain peningkatan clock CPU, divisi GPU Adreno chipset di HP Poco terbaru ini pun diklaim dua kali lipat lebih cepat dibandingkan Snapdragon 7 Gen 1. Untuk kebutuhan gaming, chipset ini turut dilengkapi fitur Auto Variable Rate Shading.

Fitur ini berfungsi untuk merender resolusi tinggi bagian yang sedang difokuskan dengan cerdas, sedangkan bagian lainnya di-render dengan resolusi lebih rendah. Tujuannya agar visual game terlihat mengagumkan, sekaligus berjalan mulus dan menjaga efisiensi daya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Lain dari Snapdragon 7+ Gen 2

Lalu ada fitur Adreno Frame Motion Engine yang secara efektif meningkatkan fps, dan Volumetric Rendering untuk meningkatkan detail gambar, seperti kabut dan asap menjadi lebih nyata.

Qualcomm juga menyebut AI Engine pada Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki performa dua kali lebih baik daripada Snapdragon 7 Gen 1. Kemampuan itu ditunjang pula oleh sejumlah fitur seperti Advance Rendering with Anti-Cheat Extension dan AI Super Resolution.

Kemampuan AI lain dari chipset di Poco F5 ini adalah Qualcomm Sensing Hub yang mampu melacak kegiatan dan lingkungan pengguna. Beralih ke kamera, Snapdragon 7+ Gen 2 telah mendukung Triple 18-bit ISP.

Berbekal teknologi itu, chipset ini sanggup menangkap data warna 4096 kali lebih banyak dibanding ISP 14-bit. Hasilnya, foto dan video yang dihasilkan memiliki dynamic range ekstrim dengan warna yang cerah dan jelas.

Dari sisi audio, Snapdragon 7+ Gen 2 menghadirkan kompresi lossless untuk menyajikan musik dengan kualitas suara setara CD. Keamanan chipset ini ditunjang pula dengan Qualcomm Processo Security.

"Segala kelebihan Snapdragon 7+ Gen 2 ini berhasil mengoptimalkan kinerja dan performa dari POCO F5, yang saat ini sudah rilis di pasar global,” tutur Head of Marketing Poco Indonesia Andi Renreng.

3 dari 4 halaman

Poco F5 dan Poco F5 Pro Rilis Global, Ini Harga dan Spesifikasinya

Sebagai informasi, Poco secara resmi memperkenalkan dua smartphone terbaru mereka yaitu Poco F5 dan Poco F5 Pro secara global, termasuk seperti apa spesifikasi dan harganya.

Poco F5 Pro bakal membawa layar AMOLED 6,67 inci 3200 x 1400 piksel 120Hz dengan kecerahan puncak 1400 nits, serta touch sampling sampai 480Hz.

F5 Pro menghadirkan tiga kamera di bagian belakang, dengan Main Camera-nya 60MP f/1.8, ultrawide 8MP f/2.2 dengan fixed-focus, serta kamera Makro 2MP f/2.4. Ditambah, kamera seflie 16MP f/2.45.

HP Poco F5 Pro mendapat dukungan dari chip Snapdragon 8+ Gen 1 4nm, dengan opsi RAM 8GB atau 12GB, serta sistem multi-layered liquid cooling. RAM dapat diperluas dengan menggunakan penyimpanan UFS 3.1.

Untuk baterainya sendiri berkapasitas 5.160 mAh dengan pengisian daya cepat menggunakan kabel 67W, serta mendukung wireless charging 30W. 

 

4 dari 4 halaman

Poco F5

Sementara untuk Poco F5, akan datang dengan layar 6,67 inci tapi dengan resolusi 2400 x 1080 piksel. Panelnya masih di 120Hz dengan maksimal touch sampling rate 480Hz, namun kecerahan puncak hanya sampai 1000 nits.

Kamera di Poco F5 sama dengan yang ada di versi Pro-nya, baik kamera depan atau belakang.

Baterai Poco F5 5000 mAh dengan pengisian daya 67W, tapi tanpa teknologi pengisian wireless, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (10/5/2023). Di dapur pacu, terdapat Snapdragon 7+ Gen 2 yang mendukung RAM 8GB atau 12GB dan bisa di-upgrade.

Versi global dari Poco F5 Pro dijual mulai dari USD 449 atau sekitar Rp 6,6 juta. Sementara, harga Poco F5 global adalah USD 379 atau sekitar Rp Rp 5,5 juta.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.