Sukses

Deretan Fitur Baru iOS 17, dari Mode StandBy hingga Update Siri

Apple mengumumkan kehadiran iOS 17 yang bakal digulirkan ke pengguna iPhone pada September mendatang. Apa saja fitur barunya?

Liputan6.com, Jakarta - Apple menungkap iOS 17 sebagai sistem operasi terbarunya di konferensi pengembang WWDC 2023. iOS 17 menjanjikan keamanan lebih, aplikasi journaling build-in, mode nightstand yang baru, desain kartu kontak baru, fitur auto-correct yang ditingkatkan, live voicemail.

Tidak hanya itu, pada iOS 17, pengguna iPhone kini cukup mengatakan "Siri" alih-alih "Hey Siri" untuk memanggil asisten suara Siri.

Berikut adalah deretan fitur iOS 17:

Update Buku Kontak

Buku kontak di iPhone kini hadirkan update baru, yakni sebuah fitur bernama Posters. Posters ini mengubah kartu kontak menjadi gambar yang terlihat satu layar penuh di iPhone penerima, saat pengguna memanggilnya.

Dalam hal ini Apple menggunakan bahasa desain mirip dengan layar kunci yang didesain ulang, dengan opsi tipografi yang berani dan kemampuan untuk menambahkan Memoji.

Selain itu ada pula fitur transkripsi langsung (live transcribe) untuk pesan suara yang memungkinkan pengguna melihat transkrip pesan yang ditinggalkan penelepon secara realtime.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update Pesan

Sejumlah update untuk pesan, meliputi kemampuan menyaring pencarian dengan istilah tambahan. Lalu, fitur yang beralih ke pesan terbaru sehingga pengguna bisa mengetahui ada pesan baru dengan lebih mudah.

Terdapat pula fitur Check In yang membagikan lokasi dan live status Anda dengan pengguna lain. Fitur ini dapat secara otomatis mengirim pesan ke teman ketika si pengguna sudah sampai di rumah.

Check In juga memungkinkan pengguna membagikan status baterai ponsel dan layanan seluler untuk menghindari kebingungan orang lain, ketika si pengguna tengah berada di wilayah susah sinyal.

Stiker juga mendapatkan perombakan, dengan kemampuan untuk menambahkan emoji atau potongan foto apa pun sebagai stiker yang bisa ditempatkan di iMessage atau di mana saja. Foto juga bisa langsung diubah jadi stiker animasi dan pengguna bisa tambahkan efek ke stiker.

 

3 dari 4 halaman

Update Keyboard

iOS 17 juga perkenalkan peningkatan keyboard, termasuk peningkatan untuk fungsi autocorrect. Kini, autocorrect bergantung pada model bahasa baru untuk akurasi yang lebih baru ditambah pintasan yang lebih mudah untuk back ke kata asli yang ditulis pengguna.

Selain itu, ada pula pengetikan prediktif dan koreksi otomatis untuk kesalahan tata bahasa. Keyboard Apple juga mempelajari kata-kata yang kerap dituliskan pengguna. Dikte juga menggunakan model AI baru yang lebih akurat.

Aplikasi Journal

Apple kini punya aplikasi Journal yang secara otomatis menyarankan momen yang ingin diperingati dalam entri jurnal.

Entri tersebut bisa meliputi foto, musik, dan aktivitas yang bisa dijadwalkan sebagai pengingat. Entri jurnal ini juga dienkripsi end-to-end untuk menjaga kerahasiaan.

4 dari 4 halaman

Mode StandBy Saat Isi Daya

Pengisian daya iPhone kini dilengkapi fitur StandBy. StandBy ini merupakan mode baru untuk pengisian daya yang mengubah layar jadi tampilan status dengan tanggal dan waktu.

StandBy juga bisa menampilkan informasi dari Live Activities, widget, dan smart stack yang secara otomatis menyala saat ponsel dalam mode lanskap saat isi daya.

Pengguna bisa swipe kanan untuk melihat beberapa foto yang disorot, dilengkapi dengan tampilan jam yang bisa disesuaikan. Siri akan menampilkan hasil visual dalam StandBy dan tampilannya akan berubah jadi nada merah di malam hari agar tidak mengganggu tidur.

Tak Perlu Lagi Katakan "Hey Siri"

Siri juga mendapatkan pembaruan. Pengguna Apple kini bisa menghilangkan "Hey" saat mau memerintah Siri. Jadi, pengguna tinggal bilang "Siri" dan Siri pun langsung akan merespon perintah.

Kapan iOS 17 Tersedia?

iOS 17 akan segera tersedia bagi para pengembang. Pengguna public beta akan kebagian iOS 17 pada Juli mendatang.

Sementara, perilisannya untuk pengguna iPhone publik diperkirakan bulan September mendatang, bersamaan dengan perilisan iPhone baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.