Sukses

Top 3 Tekno: Google Tanam AI di 5 Platform hingga Penantang ChatGPT Asal China

Google berencana mengintegrasikan fitur berbasis AI yang hadir di lima platformnya, termasuk Google Search.

Liputan6.com, Jakarta - Google berencana mengintegrasikan fitur berbasis AI yang hadir di lima platform-nya, termasuk Google Search. Informasi ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (24/5/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari penantang ChatGPT asal China yang tak mau menjawab pertanyaan sensitif soal Xi Jinping.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Google Integrasikan AI di 5 Platform Ini untuk Mudahkan Aktivitas Pengguna, Ada Workspace hingga Maps

Saat ini, penggunaan kecerdasan buatan di berbagai aplikasi dan website telah banyak membantu aktivitas dan pekerjaan manusia. Tak ketinggalan, Google pun mengembangkan penerapan Artificial Intelligence (AI) ini di beberapa platform besutannya.

Pada Google I/O 2023, perusahaan mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan fitur berbasis AI yang hadir di sejumlah platformnya, termasuk Google Search, aplikasi Workspace seperti Docs dan Slide, serta alat Android seperti Photos dan Maps.

Meskipun banyak fitur AI masih dalam tahap percobaan, perusahaan berencana mendorong perilisan dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, sekaligus mengejar ketertinggalan.

Hal ini mengikuti pengumuman chatbot AI mereka yang bernama Google Bard dan dinilai akan menjadi pesaing ChatGPT OpenAI dan Bing bertenaga AI dari Microsoft.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 penerapan AI terbaru di berbagai platform Google yang telah disampaikan raksasa teknologi tersebut tahun ini.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penantang ChatGPT Asal China Ogah Jawab Pertanyaan Sensitif Soal Xi Jinping

Penantang ChatGPT asal China, Ernie Bot, dikabarkan bakal menolak pertanyaan-pertanyaan sensitif tentang Presiden Tiongkok Xi Jinping atau Covid-19.

Bahkan, chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) besutan Baidu tersebut, siap memblokir pengguna yang bertanya soal opini terhadap Winnie the Pooh.

Diketahui, pertanyaan tentang Covid dan Xi Jinping dalam bahasa Inggris dan Mandarin itu diajukan oleh reporter CNBC Eunice Yoon di acara "Squawk Box." Namun, chatbot AI itu menolak menjawab atau memberikan misinformasi.

Mengutip New York Post, Rabu (24/5/2023), Yoon tidak hanya gagal mendapatkan jawaban, tetapi aksesnya ke Ernie Bot yang berbasis di Tiongkok dinonaktifkan.

Namun sebelum diblokir karena bertanya soal Winnie the Pooh, reporter itu bertanya ke Ernie Bot dalam Bahasa Inggris dan Mandarin, soal dari mana asal virus Covid-19.

"Asal usul virus corona baru masih menjadi subjek penelitian ilmiah," jawab Ernie dalam bahasa Inggris. Ia tidak menjawab bahwa virus itu berasal dari China atau kemungkinan bocor dari laboratorium di Wuhan.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Potret Viral Bos Bluebird Jadi Sopir Taksi Beredar di Medsos, Warganet: Malah Penumpangnya yang Dikasih Tip

Beredar dua foto viral di medsos yang memperlihatkan Direktur Utama dan CEO Bluebird Sigit Djokosoetono tengah narik taksi. Ia tampak mengenakan batik biru layaknya yang biasa dikenakan oleh sopir taksi Bluebird.

Adapun dua foto yang beredar di medsos ini mulanya diunggah oleh sang CEO Bluebird Sigit Djokosoetono di Instagram Story akun Instagramnya, @sigitdjokosoetono. Pada Story tersebut, Sigit menuliskan keterangan, "Orientasi lapangan hari ini ah."

Lalu pada foto kedua, tampak ia tengah minum air dari botol minum warna biru. Terdapat pula keterangan foto, "Haus juga nih, siang2 adem hari ini padahal. Udah 6 tamu naik, kelewat 2 orderan, bukan rejeki."

Dari keterangan foto tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di perusahaan taksi dengan logo burung warna biru ini sudah mengantarkan 6 tamu. Meski begitu menurut Sigit Djokosoetono, ada dua tamu yang terlewatkan dari orderan.

Unggahan bos Bluebird Sigit Djokosoetono tersebut diunggah ulang oleh pengguna di Twitter dengan username @socialiteghibah.

"CEO $BIRD lagi narik penumpang. Kalau ga salah dulu pernah Bu Noni juga do the same thing...," kicaunya ditambah dengan dua foto Sigit Djokosoetono yang di-capture dari Instagram Story.

Masih dari kicauan akun tersebut, terdapat keterangan bahwa Sigit Djokosoetono naik dari mall Pasific Place Jakarta.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini