Sukses

Asus ROG Ally Mejeng di Situs e-Sertifikasi SDPPI Kominfo, Pertanda Masuk Indonesia

Asus ROG Ally sudah mejeng di e-sertifikasi SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, di mana menjadi pertanda konsol gaming handheld ini bakal masuk ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Meski belum tahu kapan akan dirilis resmi di Tanah Air, tapi tampaknya kehadiran Asus ROG Ally di Indonesia sudah di depan mata.

Hal ini usai konsol game handheld pesaing Steam Deck itu, mejeng di situs e-sertifikasi SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), seperti juga dilihat oleh Tekno Liputan6.com.

Di situs tersebut, dikutip Selasa (23/5/2023), Asus ROG Ally mendapat nomor sertifikat 88799/SDPPI/2023 dengan ID pelanggan 7384, serta diajukan oleh PT Asus Technology Indonesia Jakarta tanggal 3 Maret 2023.

Adapun untuk nama perangkat adalah Handheld Console PC dengan merek Asus model RC71L, serta marketing name ROG Ally.

Sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari Asus ROG Indonesia soal kapan perilisan dari konsol gaming yang satu ini, serta berapa harga resminya saat dirilis di dalam negeri.

Akun media sosial Instagram dari Asus ROG Indonesia pun masih sebatas memberikan teaser mengenai ROG Ally.

Namun, kabar bakal masuknya Asus ROG Ally ke Indonesia bisa jadi angin segar buat para gamer di negara ini, mengingat sampai sekarang belum ada kabar Steam Deck bakal hadir melalui saluran distribusi resmi di Tanah Air.

Untuk spesifikasi Asus ROG Ally, dikutip dari Gizchina, Minggu (14/5/2023), bobot perangkat ini lebih ringan dari Steam Deck dengan berat 608 gram, dibandingkan pesaingnya di 669 gram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Asus ROG Ally

Bagian depannya mencakup layar sentuh Full HD 1080p berukuran 7 inci, dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan terukur 500 nits.

Meski hadir dalam dua prosesor berbeda, namun dua chipset ini sama-sama didasarkan pada arsitektur AMD Zen 4, menampilkan prosesor 4nm dan grafis RDNA 3.

Asus telah memasangkan SoC ini dengan RAM LPDDR5 16 GB dan PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD 256 GB atau 512 GB.

ROG Ally akan hadir juga dengan proprietary slot, yang memungkinkan pengguna menghubungkan salah satu GPU eksternal Asus XG Mobile. Pengguna memiliki opsi untuk memilih GPU GeForce RTX 4090 atau AMD Radeon RX 6850M XT.

GPU eksternal ini juga berfungsi sebagai docking stations, menyediakan port USB Type-A, pembaca kartu SD, konektivitas Ethernet, dan port HDMI 2.1.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Sistem Pendingin Zero Gravity

Dock RTX 4090 menyertakan port USB Type-C tambahan untuk konektivitas yang ditingkatkan. Untuk sistem pendingin, Asus menggunakan sistem termal khusus yang diberi nama Zero Gravity.

Soal perangkat lunak, ROG Ally melakukan booting di Windows, yang memungkinkan pengguna memainkan gim dari berbagai platform seperti Steam, Epic Games Store, dan Xbox Game Pass.

Fitur lainnya adalah headphone jack 3.5mm, pembaca kartu microSD UHS-II, antarmuka Mobile ROG XG, dan port USB Type-C.

Konektivitas wireless atau nirkabel juga mendukung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2, sementara audionya dibekali dua speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos.

 

4 dari 4 halaman

Harga Asus ROG Ally

Platform Best Buy juga baru-baru ini membuka pre-order untuk ROG Ally dengan chip Z1 Extreme di harga USD 700 (sekitar Rp 10,3 juta), dan baru dikirimkan di 13 Juni mendatang.

Sementara yang lebih murah, akan diluncurkan dengan prosesor AMD Z1, serta dijual di harga USD 600 (sekitar Rp 8,8 juta), namun baru dirilis pada kuartal 3 tahun ini.

Sementara pada 13 Juni mendatang, baru akan diluncurkan Asus ROG Ally dengan prosesor AMD Z1 dan penyimpanan 512GB, yang dijual di harga USD 600 (sekitar Rp 8,8 juta).

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.