Sukses

Konsol Gaming Handheld Asus ROG Ally Resmi Diperkenalkan, Ini Harga dan Spesifikasinya

Asus ROG Ally resmi diluncurkan, berikut ini spesifikasi dan harga untuk versi global dari konsol game handheld ini

Liputan6.com, Jakarta Asus akhirnya resmi meluncurkan secara global, serta mengungkapkan harga untuk konsol gaming handheld baru mereka, Asus ROG Ally.

Konsol gaming yang digadang-gadang sebagai pesaing Steam Deck ini, akan dijual dalam dua varian prosesor dengan harga dan waktu penjualan yang juga berbeda.

Sejauh ini, laman Best Buy baru membuka pre-order untuk ROG Ally dengan chip Z1 Extreme di harga USD 700 (sekitar Rp 10,3 juta) dan baru dikirimkan di 13 Juni mendatang.

Sementara yang lebih murah, akan diluncurkan dengan prosesor AMD Z1, serta dijual di harga USD 600 (sekitar Rp 8,8 juta), namun baru dirilis pada kuartal 3 tahun ini.

Sementara pada 13 Juni mendatang, baru akan diluncurkan Asus ROG Ally dengan prosesor AMD Z1 dan penyimpanan 512GB, yang dijual di harga USD 600 (sekitar Rp 8,8 juta).

Sayangnya, belum diketahui apakah Asus ROG Ally akan dirilis di Indonesia atau tidak. Meski begitu, akun Instagram resmi Asus ROG Indonesia telah beberapa kali menggunggah soal perangkat ini.

Tentu saja, patut ditunggu pengumuman resmi dari Asus ROG terkait kehadiran konsol gaming handheld ini di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ASUS ROG Indonesia (@asusrog.id)

Untuk spesifikasi Asus ROG Ally, dikutip dari Gizchina, Minggu (14/5/2023), bobot perangkat ini lebih ringan dari Steam Deck dengan berat 608 gram, dibandingkan pesaingnya di 669 gram.

Bagian depannya mencakup layar sentuh Full HD 1080p berukuran 7 inci, dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan terukur 500 nits.

Meski hadir dalam dua prosesor berbeda, namun dua chipset ini sama-sama didasarkan pada arsitektur AMD Zen 4, menampilkan prosesor 4nm dan grafis RDNA 3.

Asus telah memasangkan SoC ini dengan RAM LPDDR5 16 GB dan PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD 256 GB atau 512 GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Lain di Asus ROG Ally

ROG Ally akan hadir juga dengan proprietary slot, yang memungkinkan pengguna menghubungkan salah satu GPU eksternal Asus XG Mobile. Pengguna memiliki opsi untuk memilih GPU GeForce RTX 4090 atau AMD Radeon RX 6850M XT.

GPU eksternal ini juga berfungsi sebagai docking stations, menyediakan port USB Type-A, pembaca kartu SD, konektivitas Ethernet, dan port HDMI 2.1.

Dock RTX 4090 menyertakan port USB Type-C tambahan untuk konektivitas yang ditingkatkan. Untuk sistem pendingin, Asus menggunakan sistem termal khusus yang diberi nama Zero Gravity.

Soal perangkat lunak, ROG Ally melakukan booting di Windows, yang memungkinkan pengguna memainkan gim dari berbagai platform seperti Steam, Epic Games Store, dan Xbox Game Pass.

Fitur lainnya adalah headphone jack 3.5mm, pembaca kartu microSD UHS-II, antarmuka Mobile ROG XG, dan port USB Type-C.

Konektivitas wireless juga mendukung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2, sementara audionya dibekali dua speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos.

3 dari 4 halaman

Asus ROG Ally Sempat Dikira April Mop

Pengumumkan Asus ROG Ally sendiri sempat dikira April Mop, mengingat waktunya adalah di tanggal 1 April 2023 yang lalu. Namun Asus memastikan produk itu bukan sekadar produk rekaan belaka.

Sebab, tak lama setelah diumumkan kehadirannya, produk tersebut kini benar-benar mejeng di situs resmi Asus ROG.

Mengutip informasi dari The Verge, Selasa (4/4/2023), Asus pun telah memastikan perangkat ini benar-benar produk nyata. Kepastian ini pun menepis anggapan produk ini sekadar kampanye April Mop dari Asus.

Berdasarkan informasi dari Asus, perangkat ini akan menjalankan Windows 11 yang menggunakan APU Ryzen dari AMD yang telah dikustomisasi. Asus menyebut ini merupakan APU tercepat yang pernah dirilis oleh AMD.

Sementara untuk ukuran layar, ROG Ally disebut memiliki layar sentuh 7 inci dengan ratio layar 16:9 dan refresh rate 120Hz. Konsol handheld ini hadir dengan dua analog yang diletakkan di kiri dan kanan layar.

4 dari 4 halaman

Konsol Game Handheld Pertama Asus ROG

Lalu di bagian kiri konsol handheld ini, ada tombol D-Pad dan empat tombol di bagian kanan. Tidak lupa, ada pula tombol kecil di sekitar layar sebagai akses ke menu dan pengaturan.

Melalui pengumuman tersebut, ROG Ally diperkenalkan sebagai konsol game genggam pertama dari Asus ROG. Konsol ini disebut akan bisa memainkan sejumlah judul game PC.

"Perkenalkan konsol handheld game pertama ROG! Membawa game PC kamu keluar dari ruangan bukan lagi impian!" tulis akun Twitter resmi ROG Global.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.