Sukses

Duolingo Perkenalkan Paket Langganan Baru dengan Fitur AI GPT-4 OpenAI

Duolingo meluncurkan fitur premium baru di Asia Tenggara, serta memperkenalkan tier langganan yang akan mendukung fitur-fitur AI buatan OpenAI

Liputan6.com, Jakarta - Platform pembelajaran bahasa online Duolingo, meluncurkan fitur Premium Super Duolingo untuk wilayah Asia Tenggara, serta memperkenalkan tingkat langganan Duolingo Max yang mendukung fitur berbasis AI dari GPT-4 OpenAI.

Fitur Premium Super Duolingo bakal menggantikan Duolingo Plus dan memiliki tampilan yang lebih elegan. Selain itu, maskot Duo yang sebelumnya warna hijau cerah akan jadi Super Duo dengan gradasi warna hijau, biru, dan pink.

Super Duolingo yang telah diluncurkan di wilayah lain pada Juni 2022 dan wilayah Asia Tenggara selama sebulan terakhir, memiliki manfaat yang sama dengan Duolingo Plus.

"Kami bangga dengan pertumbuhan di Asia Tenggara dan percaya bahwa tingkat adopsi Duolingo akan terus meningkat di wilayah ini," kata Haina Xiang, Regional Marketing Director Duolingo untuk wilayah APAC.

Haina melalui siaran pers seperti dikutip Sabtu (6/5/2023) juga mengungkapkan, selama dua tahun terakhir, jumlah pengguna aktif harian mereka di Asia Tenggara, menikat hampir empat kali lipat atau 288 persen.

Asia Tenggara juga tercatat sebagai salah satu pasar terbesar aplikasi Duolingo dalam hal jumlah pengguna, di luar negara-negara berbahasa Inggris.

Selain itu, jumlah pelanggan Super Duolingo di wilayah tersebut, diklaim hampir 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Sementara untuk pengguna aktif di Indonesia, meningkat sekitar enam kali lipat dalam tiga tahun.

Fitur baru di Super Duolingo adalah Practice Hub yakni ruang latihan khusus di mana pengguna dapat meninjau kesalahan yang dilakukan sebelumnya dalam satu wadah dan berlatih berbicara atau mendengarkan sesuai target belajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur di Super Duolingo

Selain itu, pengguna Super Duolingo juga bisa mendapatkan hati tanpa batas, sehingga bisa belajar secara terus menerus tanpa harus menunggu kuota harian seperti pengguna gratis.

Super Duolingo juga tidak memiliki iklan, serta terdapat Legendary Mode, di mana pengguna akan bisa mengakses pelajaran yang lebih menatang di akhir sesi.

Selain itu, perusahaan juga menawarkan harga yang disesuaikan di Asia Tengggara agar para pengguna bisa mengakses fitur premium dengan budget yang lebih terjangkau.

Duolingo juga menawarkan uji coba Super Duolingo secara gratis selama dua minggu bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Pengguna yang sudah berlangganan Duolingo Plus secara otomatis di-upgrade menjadi Super Duolingo, dan tagihan bulanan berikutnya akan disesuaikan dengan harga lokal.

3 dari 4 halaman

Perkenalkan Paket Langganan Baru dengan Fitur AI OpenAI

Duolingo juga memperkenalkan tingkat langganan yang lebih tinggi, Duolingo Max, di mana akan terdapat fitur-fitur baru berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Fitur-fitur ini menggunakan GPT-4 OpenAI untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam meningkatkan kemampuan bahasa mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Salah satu fiturnya adalah Explain My Answer yang menawarkan penjelasan khusus terkait konteks di sebagian besar jenis latihan, dalam pelajaran Duolingo reguler pengguna. Respons dihasilkan oleh AI dan dikirimkan dalam format chatbot dari Duo si burung hantu.

Terdapat juga fitur Roleplay, yang memungkinkan pengguna melatih keterampilan percakapan, dengan beragam karakter Duolingo, melalui chatbot AI interaktif. Percakapan akan berfokus pada skenario, di tempat-tempat seperti kafe atau bandara.

4 dari 4 halaman

Hasil Kerjasama dengan Pembuat ChatGPT OpenAI

Tier langganan baru ini sendiri telah digarap sejak September 2022, saat perusahaan mulai menggandeng perusahaan pembuat chatbot AI ChatGPT OpenAI, dalam membuat fitur pembelajaran baru menggunakan model teranyar mereka, GPT-4.

Ini dilakukan dengan melatih model dengan kasus khusus untuk penggunaan Duolingo, termasuk memastikan produk tersebut memiliki keamanan yang tepat, memeriksa kembali akurasi penjelasannya, dan menyesuaikan perintah yang digunakan.

"AI mempercepat misi kami untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi semua orang di dunia," kata Luis von Ahn, CEO dan Co-Founder Duolingo.

"Hal-hal yang dapat kami lakukan sekarang dengan kekuatan teknologi OpenAI akan membentuk masa depan pendidikan," tuturnya mengakhiri pernyataan. Adapun, Duolingo Max baru akan diluncurkan dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.