Sukses

WhatsApp Luncurkan Mode “Side-by-Side” untuk Tablet Android, Bisa Tampilkan Dua Chat Sekaligus

Fitur Side-by-side pada WhatsApp untuk tablet Android memungkinkan pengguna untuk beralih antar percakapan tanpa harus meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan tengah melakukan uji coba fitur teranyar untuk pengguna tablet Android yang disebut mode Side by Side.  Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna beralih antar percakapan tanpa harus meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Dilansir Gizmochina, Selasa (2/5/2023), WABetaInfo melaporkan mode ini akan membagi layar percakapan, sehingga pengguna dapat melihat beberapa ruangan chat sekaligus. Sebagai gambaran, mode ini membuat tampilan WhatsApp di tablet mirip dengan WhatsApp Web.

Meskipun area untuk setiap percakapan akan tampil lebih kecil, mode ini memudahkan pengguna tablet Android yang sering mengobrol dengan banyak orang dalam waktu bersamaan untuk berganti kolom chat.

Meskipun begitu, pengguna yang lebih menyukai tampilan antarmuka ruang obrolan dengan ukuran besar juga dapat menonaktifkan fitur ini. Melalui pengaturan WhatsApp, mode Side by Side dapat dimatikan pada bagian “Chats” atau “Obrolan”.

Untuk saat ini, pembaruan tersebut telah diluncurkan ke beberapa pengguna Beta dan nantinya akan menyambangi lebih banyak pengguna. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi WhatsApp di tablet Android akan mendapatkan pengalaman mengobrol yang lebih mulus.

Selain mode Side by Side, WhatsApp sebelumnya juga telah memperkenalkan fitur login multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses satu akun di beberapa perangkat. Fitur tersebut sudah mulai disebarkan ke pengguna secara global, dengan kemampuan menautkan maksimal empat perangkat tambahan untuk setiap akun.

Fitur baru WhatsApp ini juga bermanfaat bagi pengguna yang kerap beralih perangkat atau berbagi akun dengan anggota keluarga. Dengan kemudahannya, pengguna tetap dapat terhubung dengan teman dan keluarga tanpa perlu keluar masuk akun dari perangkat berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Hubungkan Satu Akun WhatsApp di 4 Perangkat

WhatsApp mengumumkan perluasan fitur baru yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di beberapa smartphone secara bersamaan.

Sebelumya fitur serupa sudah dihadirkan oleh aplikasi pesan Telegram, memungkinkan pengguna untuk login satu akun melalui beberapa perangkat sekaligus. Hal ini pun membuat pengguna lebih mudah, salah satunya untuk mengirim file atau tautan link dari satu perangkat ke perangkat lain.

Kemungkinan ada pengguna yang sudah bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke empat smartphone, namun mungkin yang lain belum bisa.

Hal ini mengingat pembaruan tersebut akan tersedia ke aplikasi WhatsApp semua orang dalam beberapa pekan mendatang.

Sejauh ini, kamu bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke empat perangkat berbeda. Bagaimana caranya?

  • Pengguna bisa membuka WhatsApp di smartphone
  • Ketuk opsi lainnya yang ada di Titik tiga vertikal lalu pilih Perangkat Tertaut atau Linked Devices
  • Ketuk Tautkan Perangkat atau Link Device
  • Buka kunci smartphone kamu, jika perangkat memiliki fitur autentikasi biometrik, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
  • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci smartphone kamu.
  • Arahkan smartphone ke layar perangkat yang ingin ditautkan lalu pindai atau scan kode QR.
3 dari 4 halaman

Sejumlah Fitur Baru WhatsApp yang Dirumorkan Segera Hadir

Di samping itu, aplikasi messaging ini juga diharapkan segera menghadirkan fitur kunci obrolan individu. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memperkuat keamanan obrolan mereka.

Lebih lanjut, WhatsApp juga dikabarkan akan merilis fitur baru, di mana pengguna dapat menambahkan deskripsi untuk pesan yang diteruskan ke kontak lain. Maka, pengguna bisa leluasa memberikan konteks dan informasi tambahan tentang pesan yang akan diteruskan. 

Tak hanya itu, terdapat pula rumor yang menyebut bahwa platform ini tengah mengerjakan dukungan emoji animasi yang dapat bergerak secara otomatis pada ruang obrolan. Jika informasi ini benar, fitur tersebut akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengobrol bersama teman dan keluarga dengan lebih interaktif dan atraktif.

Terakhir, WhatsApp juga dilaporkan sedang menggarap fitur baru yang memungkinkan pengguna mentransfer riwayat obrolan mereka antar perangkat Android tanpa harus menggunakan Google Drive. Tentu, proses pemindahan data akan lebih nyaman dan mudah diakses. 

4 dari 4 halaman

WhatsApp Bakal Setop Beroperasi di HP yang Menjalankan Android Ini

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan akan menghentikan dukungan untuk sejumlah perangkat Android lawas. Informasi ini diketahui dari temuan terkini WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Gizchina, Selasa (25/4/2023), WABetaInfo menemukan adanya persyaratan minimum terbaru untuk WhatApp versi 2.39.9.2. Dijelaskan, aplikasi WhatsApp tidak akan lagi berjalan di versi sebelum Android Lollipop 5.0.

Keputusan untuk tidak lagi mendukung perangkat Android lawas bertujuan untuk memastikan perangkat yang memakai aplikasi WhatsApp bisa memanfaatkan fitur baru yang ditawarkan, sekaligus fitur keamanan yang sudah ditingkatkan.

Meski tidak lagi mendukung perangkat yang menjalankan Android sebelum Lollipop, pengguna yang terdampak disebut tidak banyak. Data terbaru menyebut pengguna Android 4.1 sudah tidak ada, sedangkan pengguna Android 4.4 hanya sekitar 0,70 persen dari keseluruhan perangkat Android.

Selain untuk perangkat Android, WhatsApp juga melakukan hal serupa untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS. Tahun lalu, aplikasi chatting milik Meta itu telah mengumumkan berhenti mendukung iPhone yang masih menjalankan iOS 10 dan iOS 11.

WhatsApp menyebut pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022. Dijelaskan pula lebih lanjut, perusahan menyarankan agar pengguna HP Apple memakai iPhone yang minimal menjalankan iOS 12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.