Sukses

Bye-Bye, Apex Legends Mobile Resmi Angkat Kaki Android dan iOS

Mulai 1 Mei 2023, EA dan Respawn Entertainment telah mengumumkan akan menghentikan layanan Apex Legends Mobile di Android dan iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Game Apex Legends Mobile telah dipastikan tidak akan berlanjut di platform Android maupun iOS. EA dan Respawn Entertainment mengumumkan informasi tersebut pada Februari 2023.

Mengutip pernyataan resminya, game tersebut resmi berhenti pada hari ini, Senin (1/5/2023) pukul 16.00 PST atau 2 Mei 2023 pukul 06.00 WIB. Dengan demikian, seluruh pemain Apex Legends Mobile tidak lagi bisa memainkan game ini setelahnya.

Keputusan menutup Apex Legends Mobile ini terbilang mengagetkan, karena game ini belum berusia genap satu tahun. Namun, EA juga memiliki alasan tersendiri hingga memutuskan untuk menutup game battle royale ini.

Adapun EA beralasan Apex Legends Mobile ditutup karena konten yang dihadirkan tidak bisa memenuhi sejumlah standar baik dalam hal kualitas, kuantitas dan irama, meski didukung awal yang kuat.

"Karena alasan ini, setelah berbulan-bulan bekerja dengan mitra pengembangan, kami membuat keputusan bersama untuk menghentikan game mobile kami," tulis EA dan Respawn.

Sebelumnya, EA juga telah menghentikan pembelian dalam game dengan uang asli sejak 31 Januari 2023, bersama dengan dihapusnya game ini dari webstore. Kendati demikian, para pemain masih bisa membelanjakan Syndicate Gold yang mereka miliki dan memainkan game ini.

Sementara pemain Apex Legends yang sudah melakukan transaksi dengan uang nyata, EA memastikan mereka tidak akan mendapatkan pengembalian dana. Menurut EA, kebijakan sudah sesuai dengan Perjanjian Pengguna yang disepakati pemain.

"Meski mengecewakan, kami bangga dengan game yang kami luncurkan, kami juga berterima kasih atas dukungan dari komunitas Apex Legends, dan percaya diri ini merupakan keputusan yang tepat bagi pemain," tulis EA menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

EA Juga Setop Garap Battlefield Mobile

Mengutip The Verge, Apex Legends Mobile digarap oleh Respawn dan Tencent’s Lightspeed & Quantum Studios, yang juga menangani port ke versi mobile untuk PUBG. Game ini dirilis pada Mei 2022.

Tak cuma pengembangan Apex Legends Mobile, EA melalui laman resminya, juga menyatakan pengembangan untuk Battlefield Mobile akan disetop. Game ini pertama kali diumumkan pada April 2021.

"Seiring perkembangan industri dan strategi kami menciptakan ekosistem Battlefield yang terhubung secara mendalam telah terbentuk, kami memutuskan beralih dari arah saat ini untuk mewujudkan visi kami untuk waralaba dan memenuhi harapan para pemain kami."

"Kami bekerja keras untuk mengembangkan Battlefield 2042, dan sedang melakukan praproduksi untuk pengalaman Battlefield mendatang di studio kami di seluruh dunia," imbuh perusahaan.  

3 dari 4 halaman

EA Sports FC Resmi Diumumkan, Jadi Nama Game Baru Buat Gantikan FIFA

Di sisi lain, Electronic Arts (EA) secara resmi mengumumkan nama dan logo baru untuk waralaba game sepak bola mereka yaitu EA Sports FC.

Seperti diketahui sebelumnya, EA sudah tidak lagi melanjutkan kerja sama untuk penggunaan embel-embel "FIFA" dalam game sepak bola mereka yang akan datang, setelah puluhan tahun digunakan.

Melalui laman resmi EA, dikutip Senin (10/4/2023), Nick Wlodyka, SVP & GM, EA SPORTS FC menyatakan bahwa mereka akan mengumumkan soal kelanjutan waralaba itu pada Juli 2023 mendatang.

"EA SPORTS FC akan menjadi simbol olahraga, simbol inovasi dan perubahan, dan kami bersemangat untuk menunjukkan kepada penggemar kami lebih banyak tentang masa depan di bulan Juli," kata Wlodyka.

Electronic Arts juga mengungkapkan, beberapa liga yang telah jadi mitra mereka dalam brand baru ini antara lain Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A, Ligue 1, WSL, NWSL, CONMEBOL, dan lain-lain.

 

4 dari 4 halaman

Tetap Hadirkan Beragam Konten Berlisensi

EA juga menyebut, pemain nantinya akan bisa mengakses lebih dari 19.000 pemain berlisensi penuh, 700 tim, dan 30 liga.

Selain itu, kemitraan dengan 300 mitra sepak bola global juga akan memungkinkan ekspansi lanjutan ke berbagai bidang, termasuk sepak bola wanita dan sepak bola grassroot.

Soal logo baru, EA menyebut inspirasi desainnya berasal dari "permainan indah dan bentuk dominan dalam budaya sepak bola yang merepresentasikan olahraga dalam berbagai dimensi, segitiga.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.