Sukses

Hindari Ponsel Hilang, Lokasi HP Android Segera Bisa Dilacak Meski Dalam Kondisi Mati

Untuk menghindari ponsel hilang, Google meningkatkan kemampuan pada fitur Find My Device. Dengan begitu, lokasi HP Android pengguna bakalan tetap bisa dilacak meski dalam kondisi mati.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan smartphone memang menyebalkan. Oleh karenanya, vendor perangkat hadirkan sejumlah tools atau kemampuan untuk melacak lokasi smartphone. Apple misalnya, punya fitur Find My iPhone atau Find My iPad untuk melacak lokasi perangkat yang hilang.

Android pun juga punya kemampuan serupa, yakni Find My Device untuk melacak keberadaan ponsel atau tablet. Namun, penggunaan fitur ini terkendala saat HP Android dalam kondisi mati.

Untuk itulah, Google dilaporkan tengah mengembangkan sebuah fitur baru pada Find My Device. Mengutip Gizchina, Minggu (9/4/2023), fitur ini akan memungkinkan pengguna menemukan ponsel Pixel mereka meski dalam kondisi mati.

Fitur ini bernama Pixel Power off Finder. Informasi ini pertama kali diungkap oleh tipster Kuba Wojciechowski. Fitur tersebut bekerja dengan selalu mengaktifkan Bluetooth di smartphone, bahkan saat HP Android  dalam kondisi tidak hidup. Cara kerja mirip dengan Find my iPhone.

Kode sumber untuk Android 14 yang terdaftar di Early Access Program ini mencakup Hardware Abstraction Layer yang bernama hadware.google.bluetooth.power_off_finder.

Namun, fitur tersebut mungkin memerlukan beberapa dukungan hardware. Dengan begitu, belum jelas apakah seluruh perangkat Android yang ada di pasaran bisa mendukung fitur ini. Kendati begitu, diharapkan setiap smartphone yang dirilis nantinya, setidaknya Pixel, hadir dengan hardware yang mampu menanganinya.

Sekadar informasi, Google telah mengerjakan fitur Find My Device generasi baru ini selama lebih dari satu tahun. Layanan ini bisa membuat jaringan pelacakan perangkat Android jadi secanggih milik Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Perangkat Bagikan Lokasi Tiap Baterai Turun ke Level Tertentu

Jaringan ini memungkinkan pengguna menentukan lokasi smartphone yang hilang dengan memanfaatkan lebih dari 3 miliar perangkat Android yang ada di seluruh dunia.

Google mengungkap kehadiran fitur baru ini pada Desember dan mulai meluncurkan toggle "Store recent location" untuk Find My Device pada Januari lalu. Pengalihan ini akan memungkinkan pengguna ikut serta membagikan lokasi mereka dengan Google.

Fitur ini akan meminta smartphone untuk membagikan lokasi setiap kali baterai turun di bawah level tertentu. Ini akan memberikan pengguna permulaan jika smartphone dalam kondisi mati, sebelum si pengguna menyadari perangkatnya hilang.

Sayangnya belum ada kabar dari Google mengenai kapan fitur pelacakan baru ini akan tersedia bagi pengguna smartphone Android. Namun kemungkinan Google akan mengungkapnya di Google I/O mendatang.

 

3 dari 4 halaman

Tentang Android 14 dan Bocoran Fiturnya

Sementara itu, Android 14 akan menjadi sistem operasi terbaru Google yang dirilis tahun ini. OS ini bakal menghadirkan sejumlah fitur baru dan peningkatan di perangkat Android.

Meski tanggal pasti perilisan Android 14 belum diumumkan resmi, rumor menyebutkan bahwa sistem operasi versi baru ini akan segera dirilis.

Lantas kapan Android 14 dirilis dan apa saja fitur-fitur baru yang akan dirilis bersama Android 14, berikut adalah bocoran Android 14.

Bocoran tanggal rilis Android 14

Saat ini belum ada versi beta atau versi terbuka Android 14 bagi pengembang (Developer Preview), karena kini Android 14 masih dalam pengembangan.

Meski begitu, jika menganalisis strategi Google sebelumnya, Developer Preview dan upgrade experimental bagi Google Pixel, kemungkinan dimulai dengan Pixel 5 dan yang lebih baru, Android 14 akan mulai dirilis pada Februari 2023.

Meski begitu, pengguna dan pecinta teknologi harus menunggu hingga Google I/O untuk perilisan open beta pertama Android 14.

Berdasarkan timeline tahun lalu, publik harus menunggu hingga Mei 2023 untuk bisa mencoba Android 14, namun tanggal pastinya belum diketahui.

Sementara, versi Beta akan dirilis pada Mei, dan Developer Preview dirilis pada Februari. Versi final akan dirilis pada akhir musim panas, setidaknya September mendatang.

Versi final dan stabil dari Android 14 akan dirilis setidaknya pada akhir Agustus atau awal September 2023. Jika Android 13 mengusung nama tidak resmi Tiramisu, Android 14 kemungkinan akan menggunakan nama makanan manis dari huruf 'U'. Kira-kira apa ya?

4 dari 4 halaman

Bocoran Fitur Baru Android 14

Salah satu rumor terbesar Android 14 adalah, akan adanya sebuah fitur bernama "Material You." Fitur ini mengizinkan pengguna untuk mengustomisasi user interface-nya sesuai kesenangannya, dengan berbagai warna dan opsi material.

Fitur ini juga mengizinkan pengguna untuk menentukan bagaimana tampilan perangkat mereka.

Fitur lain yang dikabarkan ada di Android 14 adalah peningkatan penggunaan jaringan. Hal ini bisa mencakup alat baru untuk membantu mengelola penggunaan data, serta fitur baru untuk membantu pengguna menghemat data saat memakai perangkat mereka.

Fitur baru lainnya di Android 14 adalah penyimpanan otomatis media yang masuk. Hal ini memungkinkan pengguna secara otomatis menyimpan foto dan video dari pesan masuk, tanpa harus menyimpannya secara manual.

Izin media terperinci juga kabarnya akan jadi fitur baru pada Android 14. Hal ini memungkinkan pengguna mengatur berbagai tingkat akses ke berbagai jenis media, mulai dari foto atau video berdasarkan per aplikasi.

Kehadiran fitur ini akan memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi dan keamanan mereka. Hal ini juga akan membantu mencegah akses yang tidak diinginkan ke informasi sensitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.