Sukses

Pengguna iPhone dan iPad Kini Bisa Bayar Layanan Apple Pakai ShopeePay

ShopeePay mengumumkan kini platformnya bisa dipakai untuk melakukan pembayaran transaksi di layanan Apple melalui iPhone, iPad, hingga Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Pembayaran layanan Apple untuk para pengguna iPhone dan iPad di Indonesia kini bertambah. Alasannya, layanan pembayaran digital milik Shopee, yakni ShopeePay, kini sudah bisa dipakai untuk membayar layanan Apple di Tanah Air.

Dengan kata lain, pengguna bisa menggunakan akun ShopeePay untuk membayar beragam transaksi di layanan Apple, mulai dari App Store, Apple Music, Apple TV, iTunes Store, hingga penyimpanan iCloud.

Kehadiran ShopeePay sendiri menambah daftar metode pembayaran digital untuk layanan Apple di Indonesia, selain memakai kartu kredit. Nantinya, pengguna bisa mengelola pembayaran Apple ID melalui akses pengaturan. 

"Kami sangat senang dapat menghadirkan ShopeePay sebagai opsi pembayaran yang nyaman bagi para pengguna dan memperluas akses pembayaran digital yang membawa lebih banyak keuntungan bagi pengguna," tutur Head of Business and Partnership ShopeePay Indonesia Eka Nilam Dari dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (23/8/2023).

Selain hadir sebagai metode pembayaran di layanan Apple, ShopeePay juga mengumumkan telah terintegrasi dengan BI-Fast. Untuk diketahui, BI-Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional dari Bank Indonesia untuk layanan transfer dana lebih efisien, cepat, dan tersedia tiap saat.

Integrasi ini disebut menjadi yang pertama dilakukan oleh platform layanan pembayaran digital. Jadi, para pengguna ShopeePay bisa menikmati transaksi transfer perbankan yang lebih praktis, aman, dan nyaman.

"ShopeePay senang dapat diberi kesempatan menjadi layanan pembayaran digital pertama yang melakukan inovasi ini bersama Bank Indonesia untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi terbaik bagi para pengguna," tutur Eka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pakai Nomor Handphone Jadi BI-Fast Proxy

Sebagai bagian dari integrasi ini, ShopeePay menghadirkan transfer gratis ke bank hingga 10 kali dalam sebulan. Untuk menikmati fitur ini, pengguna harus memastikan telah memakai aplikasi Shopee terkini dan akunnya sudah ditingkatkan ke ShopeePay Plus.

Nantinya, mulai April 2023, pengguna juga bisa mendaftarkan nomor handphone yang digunakan di akun ShopeePay sebagai BI-Fast proxy. Jadi, pengguna dimungkinkan melakukan transfer dari dan menuju jaringan perbankan hanya memakai nomor handphone.

Untuk mendaftarkan nomor handphone sebagai BI-Fast proxy di ShopeePay bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman ShopeePay dari aplikasi Shopee
  2. Klik ikon Settings
  3. Klik menu BI-Fast Proxy
  4. Klik Sambungan dengan ShopeePay
  5. Masukkan PIN
  6. Proxy sudah berhasil disambungkan
3 dari 5 halaman

Perluas Inklusi Keuangan, ShopeePay Dorong Transformasi Uang Tunai ke Digital

Sebagai informasi, seiring berjalannya waktu, transformasi uang semakin terlihat. Dari awalnya hanya berbentuk tunai hingga berupa dompet digital, seperti ShopeePay. Transformasi tersebut mampu menjawab kebutuhan dan preferensi masyarakat luas.

Bahkan, Kementerian Perdagangan RI mengungkapkan bahwa sektor keuangan digital akan tumbuh delapan kali lipat di 2030. Pertumbuhan yang signifikan tersebut dari sekitar Rp600 triliun menjadi Rp4500 triliun.

Pertumbuhan yang pesat tersebut tak terlepas dari minat masyarakat yang tinggi. Itu dilatarbelakangi oleh layanan digital yang menjadikan kehidupan sehari-hari semakin lebih mudah dan praktis.

Dengan melihat pertumbuhan dan minat masyarakat yang besar, ShopeePay turut mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia. Layanan pembayaran digital tersebut menghadirkan berbagai layanan, fitur, serta promo untuk masyarakat. 

Hal tersebut diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengakselerasi ekosistem pembayaran yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Head of Business and Partnerships ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan bahwa transformasi uang dari tunai ke digital dapat membawa kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat. Dari yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses terhadap layanan keuangan, kini bisa bertransaksi di mana pun dan kapan pun.

"Begitu pula dengan UMKM yang merupakan salah satu tulang punggung ekonomi nasional, dapat memanfaatkan berbagai fitur ShopeePay untuk bisa relevan dengan preferensi konsumen serta menjangkau pasar yang lebih luas lagi," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

ShopeePay Kini Jangkau Lebih dari 500 Kota dan Kabupaten

Sudah lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia yang menjadi penggunaa ShopeePay dan menikmati akses keuangan digital. Pengguna ShopeePay tak hanya yang bermukim di wilayah kota-kota besar saja, melainkan juga di kota-kota kecil. Seperti Sidoarjo, Palembang, Sleman, Karawang, dan Bantul. 

Berkat kepraktisannya, layanan pembayaran digital ShopeePay juga dimanfaatkan pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian dengan lebih efisien, mulai dari kebutuhan dan perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, investasi, hingga hobi.

Berdasarkan data internal ShopeePay, pengguna paling banyak memanfaatkan layanan ShopeePay untuk berbelanja di e-commerce Shopee, membeli produk digital seperti pulsa dan bayar tagihan, transfer saldo ke sesama pengguna dan rekening bank melalui fitur Transfer ShopeePay, hingga melakukan pembayaran di gerai offline.

Pada akhirnya, pengguna tidak hanya dapat menikmati layanan pembayaran yang mudah, tetapi juga bisa beraktivitas dengan lebih efektif dan produktif karena semua kebutuhan dapat dipenuhi dalam satu aplikasi.  

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.