Sukses

Cara Atur Fitur Keamanan iPhone untuk Proteksi Privasi Pengguna

Cara mengatur fitur keamanan iPhone untuk memproteksi privasi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini iPhone dirancang sebagai perangkat dengan keamanan tinggi untuk melindungi data dan privasi pengguna.

iPhone juga punya fitur keamanan internal untuk membantu mencegah agar orang lain tidak mengakses data di perangkat atau iCloud pengguna.

Fitur privasi internal membatasi jumlah informasi yang tersedia bagi pihak lain. Pengguna pun bisa menyesuaikan informasi apa yang dibagikan dan di mana mereka membagikannya.

Berikut adalah sederetan fitur keamanan iPhone untuk melindungi privasi pengguna iPhone, dikutip dari laman Apple Support, Jumat (27/1/2023).

Fitur Keamanan iPhone

1. Mengatur kode sandi yang kuat: Pengguna bisa mengatur kode sandi untuk membuka iPhone. Hal ini adalah cara pertama untuk menjaga keamanan perangkat.

Caranya, buka Pengaturan:

Di iPhone dengan Face ID, ketuk Face ID & Kode Sandi

Di iPhone dengan tombol Utama, Ketuk Touch ID & Kode Sandi

Ketuk Nyalakan Kode Sandi atau Ubah Kode Sandi

Untuk melihat pilihan membuat kata sandi, ketuk Pilihan Kode Sandi, pilihan paling aman adalah Kode Alfanumerik Khusus dan Kode Numerik Khusus.

Setelah mengatur Kode Sandi, pengguna bisa bisa menggunakan Face ID atau Touch ID (di perangkat yang didukung) untuk membuka iPhone.

Kode Sandi iPhone ini dimasukkan dalam kondisi:

- Menyalakan atau memulai ulang iPhone Anda

- Pengguna belum membuka iPhone selama lebih dari 48 jam

- Pengguna belum iPhone dengan kode sandi dalam 6,5 jam terakhir dan membukanya dengan Face ID dan Touch ID dalam 4 jam terakhir

- iPhone menerima perintah penguncian jarak jauh

- Lima kali gagal membuka iPhone dengan Face ID atau Touch ID

- Upaya untuk menggunakan Darurat SOS dimulai

- Upaya untuk melihat ID Medis pengguna dimulai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Touch ID atau Face ID untuk Amankan Perangkat

Kamu juga bisa menggunakan Face ID atau Touch ID (pada iPhone yang didukung). Face ID atau Touch ID memberikan cara yang aman dan nyaman untuk membuka iPhone kamu, mengesahkan pembelian serta pembayaran, dan masuk ke berbagai aplikasi pihak ketiga.

3. Nyalakan Find My iPhone

Fitur pelacakan iPhone Find My iPhone atau Cari iPhone membantu pengguna menemukan iPhone mereka jika hilang atau dicuri atau bahkan saat pengguna lupa menaruhnya.

Fitur ini mencegah orang lain mengaktifkan atau menggunakan iPhone pengguna, saat iPhone tersebut hilang.

3 dari 4 halaman

4. Kontrol Fitur Tanpa Buka iPhone

Pengguna bisa memblokir atau mengizinkan akses ke beberapa fitur umum yang digunakan, seperti pusat kontrol dan koneksi USB saat perangkat terkunci.

5. Masuk Situs Web Lebih Mudah

- Masuk dengan kunci sandi

Kunci sandi memungkinkan pengguna masuk ke akun situs web dan aplikasi web dengan Face ID dan Touch ID alih-alih dengan kata sandi.

- Menggunakan Masuk dengan Apple ID

Pengguna bisa menggunakan Apple ID alih-alih mengingat nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke akun online.

Masuk dengan Apple ID menyediakan keamanan autentikasi dua faktor dan membatasi informasi yang dibagikan mengenai si pengguna.

4 dari 4 halaman

Membiarkan iPhone membuat kata sandi yang kuat

Jika kunci sandi didukung atau Masuk dengan Apple ID tidak tersedia saat pengguna mendaftarkan layanan, biarkan iPhone membuat kata sandi kuat yang tidak perlu diingat pengguna.

Kunci iPhone Jika Ada Serangan Siber

Fitur keamanan lain yang tersedia di iPhone adalah adalah kemungkinan mengunci iPhone jika pengguna menghadapi serangan siber tingkat tinggi.

Pengguna bisa melindungi diri dengan Mode Kuncitara. Mode ini menawarkan level keamanan ekstrem bagi sedikit pengguna tertentu, yang karena identitas atau pekerjaannya bisa menjadi target dari sebagian ancaman digital tingkat tinggi.

Misalnya ancaman perusahaan swasta yang mengembangkan spyware bayaran yang didukung negara.

Mode Kuncitara secara otomatis melindungi Safari, Message, Home, dan banyak layanan serta aplikasi Apple lainnya.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.