Sukses

A Space for the Unbound Rilis, Cek Spesifikasi PC Buat Main Game Indonesia Ini

Liputan6.com, Jakarta - Game besutan developer Indonesia, A Space for the Unbound, tengah menjadi sorotan dari para gamers, usai diluncurkan ke berbagai platform. Pasalnya, game garapan Mojiken dan penerbit Toge Productions yang rilis 19 Januari 2023 lalu ini, ramai ulasan positif.

Di Steam, game ini mendapatkan ulasan "Very Positive" dari sekitar 223 review hingga artikel ini ditulis, Minggu (20/1/2023).

Meski tidak menghadirkan grafis super realistis ala game AAA, namun cerita yang dihadirkan banyak menuai respon positif, mengingat permainan ini memang berbasis narasi.

Di laman keterangannya, Mojiken dan Toge Productions menyebutkan bahwa game ini memulai penggarapannya sebagai sebuah proyek kecil pada tahun 2015.

Mengutip deskripsi di Steam, A Space for the Unbound adalah game petualangan slice-of-life side-scrolling, yang menampilkan cerita coming-of-age dengan latar pedesaan Indonesia di tahun 90-an.

"Pengalaman tumbuh bersama budaya Indonesia dapat dirasakan lewat bercengkrama dengan penduduk kota yang khas," tulis deskripsi soal game ini.

Kisahnya sendiri bercerita tentang dua sejoli bernama Atma dan Raya. Atma adalah siswa SMA biasa, sementara Raya memiliki kekuatan yang misterius. Di tengah hari-hari mereka, kejadian-kejadian aneh yang di luar nalar terjadi di sekitar mereka.

Atma pun ingin menyelesaikan berbagai masalah di kota dan mencari tahu penyebabnya, sementara Raya, ingin tetap menghabiskan waktu bersama Atma.

Di game ini, Atma pun harus menyelesaikan masalah-masalah itu sebelum terlambat, sembari tetap berusaha menghabiskan waktunya bersama Raya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi PC untuk A Space for the Unbound

Di game ini, pemain dituntut untuk menyelidiki berbagai sudut kota, menyelesaikan teka-teki yang ada, serta mengumpulkan berbagai informasi yang membantunya untuk mengungkap apa yang terjadi di balik misteri Loka City. 

A Space for the Unbound sudah rilis di PC melalui Steam, Epic Games Store, dan GOG. Sementara di konsol, game ini rilis di PlayStation 4, PlayStation 5, dan Xbox Series.

Buat gamer PC, berikut ini syarat spesifikasi perangkatmu, untuk bisa memainkan A Space for the Unbound, seperti dikutip dari Steam.

Minimal

  • OS: Windows 7
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo E6320 (2*1866) atau setara
  • Memori: 2 GB RAM
  • Grafik: GeForce 7600 GS (512 MB) atau setara
  • Penyimpanan: 3 GB ruang tersedia

Direkomendasikan

  • OS: Windows 10
  • Prosesor: Intel Core i3-6100 Processor atau setara
  • Memori: 4 GB RAM
  • Grafik: GeForce GTX 1050 atau setara
  • Penyimpanan: 3 GB ruang tersedia
3 dari 4 halaman

Imlek 2023, Game di Steam Diskon Habis-habisan

Sementara itu, menyambut Tahun Baru Imlek 2023, Valve menggelar diskon untuk beberapa game di Steam. Meski begitu, event ini tampaknya sedikit berbeda dengan Lunar New Year Sale yang sebelum-sebelumnya.

Pada September 2022 lalu, Steam sempat mengumumkan bahwa mereka akan menggantikan Lunar New Year Sale, dengan Spring Sale yang berlangsung sekitar Maret 2023 mendatang.

Jadwalnya yang terlalu dekat dengan Winter Sale, kabarnya menjadi salah satu alasan perubahan pesta diskon tersebut.

Namun, Steam memberikan sedikit kejutan jelang cuti bersama Imlek 2023. Mereka tidak serta merta melepaskan hari besar ini tanpa menebar diskon apa pun, dengan menggelar Chinese New Year Sale 2023.

Bedanya, Steam sepertinya memberikan lebih banyak fokus diskon dan promosi untuk game-game buatan pengembang dan penerbit Tiongkok untuk event tahun ini.

4 dari 4 halaman

Jadwal Program Diskon Game Imlek di Steam

Meski Steam tidak menggelar diskon untuk beberapa judul game populer, kamu masih bisa menemukan program promo yang dilakukan secara mandiri oleh perusahaan-perusahaan game besar di platform tersebut.

Beberapa program diskon di Steam itu antara lain Bandai Namco Entertainment Lunar New Year Sale, Electronic Arts Lunar New Year Sale, Capcom Lunar New Year Sale, Sega Lunar New Year Sale, dan East Meets West Game Fest.

Mengingat sederet diskon publisher tersebut digelar secara mandiri, perhatikan juga sampai kapan event berlangsung karena mereka memiliki periode promo yang berbeda-beda. Berikut ini jadwalnya, mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB):

  • Sega Lunar Sale 2023: 19 - 26 Januari 2023 pukul 01.00 WIB
  • Capcom Lunar New Year Sale: 20 - 1 Februari 2023 pukul 01.00 WIB
  • Electronic Arts Lunar New Year Sale: 20 Januari - 3 Februari 2023 pukul 01.00 WIB
  • East Meets West Game Fest: 17 Januari - 23 Januari 2023 pukul 17.00 WIB
  • Bandai Namco Entertainment Lunar New Year Sale: 19 Januari - 31 Januari 2023 pukul 17.30 WIB
  • Xbox Game Studios Lunar Sale 2023: 18 Januari - 1 Februari 2023 pukul 01.00 WIB
  • Rockstar Games Publisher Sale: 20 Januari 2023 - 3 Februari 2023 pukul 01.00 WIB.

Kamu dapat langsung meluncur ke Steam untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Chinese New Year Sale di Steam, atau berbagai Lunar New Year Sale dari berbagai publisher dan developer.

(Dio/Ysl)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS