Sukses

Apple Gulirkan Update iOS 16.3 Minggu Depan, Ini Fitur Barunya di iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal menggulirkan update iOS 16.3 minggu depan. Pembaruan kali ini memasuki pengujian beta pada Desember lalu dan menghadirkan sejumlah perubahan serta fitur baru.

Dalam keterangan resminya, Apple mengonfirmasi, tanggal perilisan update iOS 16.3 ini, sekaligus mengumumkan sejumlah cara perusahaan merayakan Black History Month tahun 2023.

Sekadar informasi, Black History Month dikenal sebagai hari bersejarah bagi etnis Afrika-Amerika, di mana mereka untuk pertama kalinya mendapatkan pengakuan dari pemerintah AS dan Kanada.

Inisiatif untuk merayakan Black History Month yang diperingati pada 1 Februari 2023 dirayakan Apple dengan kehadiran wallpaper Unity baru untuk iPhone dan tampilan Unity untuk Apple Watch via update iOS 16.3.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (20/1/2023), Apple mengatakan, kedua hal ini mengharuskan Apple Watch pengguna menjalankan watchOS 9.3 dan iPhone menjalankan iOS 16.3.

Update ini tengah dalam pengujian beta, tetapi perusahaan menyebut, semuanya tersedia dalam pembaruan "minggu depan".

- Watch face Unity 2023 akan tersedia minggu depan dan mempersyaratkan Watch Series 4 atau yang lebih baru menjalankan watchOS 9.3 serta iPhone 8 atau setelahnya dan iPhone SE gen 2 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.

- Wallpaper Unity iPhone yang baru untuk lock screen juga akan tersedia minggu depan, dan mempersyaratkan iPhone 8 atau setelahnya menjalankan iOS 16.3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perubahan dan Fitur Baru di iOS 16.3

Terlepas dari Black History Month, iOS 16.3 juga menyertakan beberapa perubahan dan fitur lainnya, apa saja?

- Security Keys untuk ID Apple

Melalui update iOS 16.3, pengguna bisa menggunakan kunci keamanan hardware sebagai autentikasi lapis kedua untuk Apple ID

- Perubahan cara kerja Call with Hold for Emergency SOS

iPhone kini akan menunggu hingga si pengguna melepaskan tombol untuk memanggil layanan darurat, bahkan setelah hitungan mundur

- iOS 16.3 beta memandu pengguna tentang cara menggunakan Handoff dari iPhone ke HomePod.

3 dari 4 halaman

Perubahan Bersifat Minor

Seperti yang terlihat di atas, update iOS 16.3 ini relatif minor dengan perubahan yang tidak terlalu banyak fitur bagi pengguna iPhone. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat pembaruan iOS 16.3 belum dalam pengujian beta seperti biasanya.

Setelah iOS 16.3 dirilis, banyak penggemar iPhone berharap Apple akan segera melakukan pengujian beta iOS 16.4.

Fitur-fitur lain yang dinanti mulai dari Apple Card Savings Account, Apple Pay Later, Apple Music Classical, dan Advanced Data Protection untuk iCloud di luar pasar Amerika Serikat.

 

4 dari 4 halaman

Cara Update iOS 16

Jika perangkat kamu bisa melakukan update iOS, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka iPhone kemudian buka Setting > General > Software Update. Setelah itu tunggu sampai muncul update.

2. Jika sudah muncul tekan download dan install untuk iOS terbaru.

3. Jika terdapat pilihan download dan install untuk iOS 15.7, kamu cukup abaikan saja dan tekan tombol upgrade to iOS 16 yang ada di paling bawah kemudian tekan download and install for iOS 16.

4. Setelah itu masukkan passcode agar bisa memulai update.

5. Jika sudah selesai diunduh, kamu tinggal lakukan reboot perangkat kemudian tunggu iOS 16 melakukan instalasi.

6. Ikuti petunjuk yang muncul pada saat instalasi sedang berjalan.

7. Setelah itu update pun selesai.

(Tin/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS