Sukses

Alfamart Klarifikasi Video Calon Karyawan Dimarahi Karena Tak Beri Salam

Pihak Alfamart pun telah mengeluarkan klarifikasi tentang aksi salah satu karyawan mereka yang secara sengaja merekam calon pegawai itu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart akhirnya buka suara terkait viralnya video calon karyawan mereka menangis saat dimarahi oleh atasan mereka.

Diketahui, calon karyawan tersebut ditegur karena dia kedapatan tidak menyapa konsumen saat masuk ke Alfamart. Tak hanya itu, sosok atasanya tersebut merekam aksi interogasi tersebut dan langsung viral di internet.

Menanggapi hal tersebut, pihak Alfamart pun telah mengeluarkan klarifikasi tentang aksi salah satu karyawan mereka yang secara sengaja merekam calon pegawai itu.

"Alfamart telah memanggil dan menegur keras serta memberikan sanksi atas karyawan yang melakukan pengambilan video calon karyawan tersebut," tulis Alfamart di akun Instagramn-nya.

"Sedangkan calon karyawan yang direkam, saat ini telah melanjutkan masa pelatihan kerja dengan menerapkan standar prosedur kerja dan komitmen untuk melayani konsumen dengan baik."

Alfamart juga menjelaskan, mereka tidak memiliki standar prosedur untuk pengambilan video atas proses penerimaan calon karyawan di Alfamart.

"Aksi pengambilan video tersebut adalah murni dilakukan oleh karyawan tanpa sepengetahuan dan /atau persetujuan Alfamart," ucapnya.

Atas tindakan tersebut, Alfamart pun meminta maaf dan sekaligus mengucapkan terima kasih atas kirtik dan saran yang diberikan.

Informasi, warganet dibuat geram dengan beredarnya video rekaman calon karyawan Alfamart dimarahi oleh atasannya, dengan alasan dia tidak memberi salam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral di TikTok hingga Twitter

Pertamina menggandeng Alfamart mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU di luar pulau Jawa.

Dari caption video berdurasi 2 menit 20 detik itu, tertulis pegawai supermarket Alfamart itu dimarahi gara-gara tidak mengucapkan salam ke konsumen saat datang.

Dengan menangis tersedu-sedu, calon karyawan Alfamart itu berusaha untuk meminta maaf dan mengakui kesalahannya tidak mengucap salam kepada konsumen.

Tak hanya itu, dia juga memohon agar dirinya dapat diberikan kesempatan lagi dan tidak dikeluarkan dari pelatihannya bekerja di Alfamart itu.

"Berarti kamu belum waktunya masuk di Alfamart," ujar sosok pria yang merekam pegawai tersebut dengan menggunakan ponselnya.

Video rekaman inipun langsung viral di berbagai platform, mulai dari WhatsApp, TikTok, hingga Twitter.

Diketahui, postingan ini diunggah pertama kali di akun TikTok @yt_mxsup dan di Twitter. Melihat hal ini, sontak warganet pun langsung merasa geram atas tindakkan sang atasan.

Beberapa menyebutkan, sikap menegur dan mengancam seperti itu tidaklah baik. Apalagi direkam menggunakan ponsel, dan berada di tempat umum dimana pelanggan dapat melihat.

3 dari 3 halaman

Warganet Dibuat Geram

<p>Ilustrasi gerai Alfamart (Foto: PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)</p>

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.