Sukses

Layar iPhone 14 Pro Bermasalah, Apple Bakal Gulirkan Update iOS

Apple dikabarkan akan segera menggulirkan update iOS untuk mengatasi bug di layar iPhone 14 Pro series.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan iPhone 14 Pro series terjual dengan sangat baik, bahkan penjualannya lebih baik dibandingkan pendahulunya. Sayangnya, dalam beberapa bulan terakhir, terdapat sejumlah laporan yang menyebut, layar iPhone 14 Pro Max mengalami masalah.

Ponsel ini telah mendapatkan update iOS 16 sejak diluncurkan September lalu, namun, masalah berupa adanya garis-garis horizontal di layar tetap ada pada sebagian besar pengguna.

Sejumlah pemilik iPhone 14 Pro mengklaim, mereka melihat garis horizontal hijau dan kuning di layar perangkatnya. Masalah ini muncul ketika perangkat tengah dinyalakan.

Parahnya, jumlah pengguna yang mengalami masalah ini terus bertambah di forum-forum. Belum diketahui apakah hal ini terkait dengan masalah software atau hardware.

Mengutip Gizchina, Minggu (15/1/2023), Apple mengakui adanya bug iPhone 14 Pro series dan menjanjikan perbaikan bagi pengguna.

Dalam memo internalnya, Apple mengungkap, masalah ini terkait dengan hardware, tetapi bukan hal yang serius sehingga produk bermasalah tidak perlu ditarik segera.

Apple menyatakan, masalah ini berasal dari defisit hardware pada layar iPhone 14 Pro Max. Kini Apple tengah menyelidiki masalah ini dan akan meluncurkan update iOS untuk mengatasi bug tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbaiki Melalui Display Firmware

Rupanya, Apple dapat dengan mudah memperbaiki apa pun penyebab bug ini melalui display firmware. Apple mengonfirmasi, adanya garis hijau atau merah saat salah satu pengguna menghidupkan perangkat.

Pengguna pun bisa mengharapkan adanya update dalam waktu dekat. Saat ini belum diketahui kapan update iOS ini akan hadir, tetapi kemungkinan update ini akan diperlakukan dengan prioritas tertentu.

Sekadar informasi, Apple kini tengah mengerjakan iOS 16.3 sebagai pembaruan besar berikutnya untuk iPhone. Update tersebut mungkin memerlukan beberapa waktu sebelum dilepas ke pengguna.

 

3 dari 4 halaman

Smartphone dengan Layar Terbaik

Terlepas dari masalah di layar, sebelumnya oonsel paling flagship Apple saat ini, iPhone 14 Pro mendapatkan gelar sebagai smartphone dengan layar terbaik dari DxOMark.

Pasalnya, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizchina, layar iPhone 14 Pro Max mencetak angka 149 poin dan memenangkan tempat pertama di pengujian yang dilakukan tim DxOMark.

Ada beberapa poin yang membuat skor layar iPhone 14 Pro Max jadi tertinggi. Pertama adalah kemudahan menggunakan smartphone di kondisi luar ruangan, layar iPhone 14 Pro Max mampu memiliki tingkat kecerahan mendekati 2.000 cd/sq.m.

Selain itu layar smartphone ini juga didukung mode HDR dan kurangnya frame drop yang hampir sempurna saat main gim atau menonton film. Dua yang terakhir ini jadi poin penting bagi penilaian.

Meski menempati tempat pertama, ada beberapa kekurangan di layar iPhone 14 Pro Max, namun kekurangan ini tidaklah serius. Misalnya, jika pengguna melihat layar di suatu sudut warnanya agak hijau dan menghalangi transfer warna kulit.

4 dari 4 halaman

Belum Unggul di Kualitas Suara

Tapi saat ini Apple menguasai tiga tempat teratas dalam hal peringkat layar berdasarkan DxOMark, dengan perangkatnya.

Bukan hanya layar, suara iPhone 14 Pro Max juga sangat baik. Para ahli mencatat, output suara di perangkat ini cocok untuk menonton film, main game, dan mendengarkan musik.

Selain itu, perangkat tersebut juga menjadi pilihan tepat untuk menangkap sumber suara yang kuat, misalnya seperti konser, drama, atau pertunjukkan.

Sisi negatifnya adalah adanya distorsi saat mendengarkan musik pada tingkat maksimum dan infiltrasi kebisingan sekitar yang signifikan, saat pengguna menangkap suara di luar. Hal ini yang membuat hasil perekaman suara kurang baik.

Jika dalam hal layar iPhone 14 Pro Max menempati urutan pertama, pada sisi audio, smartphone paling mahal Apple tersebut kini menempati posisi ketujuh.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.