Sukses

Apa Itu Widevine L1? Codec Video yang Tertanam di Oppo Pad Air

Mengenal apa itu Widevine L1 yang tertanam di tablet Oppo Pad Air, dan bagaimana cara kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Pad Air baru saja meluncur di Indonesia dengan harga Rp 3.999.000. Sebagai perangkat yang ditujukan untuk menikmati konten multimedia dan hiburan, tablet ini dilengkapi teknologi video maupun video yang mumpuni.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, Oppo Pad Air telah dibekali codec Widevine L1. Dengan demikian, tablet ini mampu memutar video berkualitas HD di sejumlah aplikasi streaming, seperti Netflix, Disney Plus, dan Prime Video.

Lantas, apa itu Widevine L1 dan bagaimana cara kerjanya?

Widevine menerapkan standar industri untuk melindungi konten saat ditransfer melalui internet dan diputar di perangkat.

Mengutip Android Authority, Selasa (27/12/2022), digital rights management (DRM) ini menggunakan kombinasi enkripsi CENC (Common Encryption Scheme), pertukaran kunci lisensi, serta kualitas streaming adaptif untuk mengelola dan mengirim video ke pengguna.

Gagasannya adalah untuk memangkas jumlah pekerjaan pihak penyedia layanan, dengan mendukung berbagai tingkat kualitas streaming berdasarkan kemampuan keamanan perangkat penerima.

Widevine melindungi konten di tiga level keamanan, seperti L1, L2, dan L3. Di perangkat Oppo Pad Air sendiri telah ditanamkan codec Widevine L1.

Perangkat yang telah memiliki sertifikasi Widevine L1 bisa melakukan streaming konten video HD dan HDR dari layanan seperti Netflix.

Jika perangkat yang kamu miliki tidak memenuhi persyaratan ini, perangkat tidak akan bisa menerima streaming beresolusi tinggi meskipun koneksi internet dan layar dapat menampilkannya.

Untuk memenuhi tingkat keamanan Widevine L1, semua pemrosesan konten, kriptografi, dan kontrol harus dilakukan dalam Trusted Execution Environment (TEE) dari prosesor perangkat.

Hal tersebut untuk mencegah gangguan eksternal dan penyalinan file media. Semua prosesor ARM Cortex-A menerapkan teknologi TrustZone, menciptakan pemisahan perangkat keras yang memungkinkan OS tepercaya (seperti Android) membuat TEE untuk DRM, dan aplikasi aman lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menguji Kemampuan Video dan Audio Oppo Pad Air Berbekal Codec Widevine L1 dan Dolby Atmos

 

Tidak hanya Widevine L1, kemampuan audio tablet ini turut ditopang dengan empat speaker simetris yang ada di masing-masing sisi bodi.

Kemampuan speaker tablet Oppo ini turut ditunjang pula dengan teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan suara yang lebih detail.

<p>Pengalaman menjajal Oppo Pad Air yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

"Masing-masing speaker berdaya 1 watt. Jadi, itu cukup keras," tutur Aryo saat memperkenalkan tablet ini. Saat menjajal tablet ini, klaim tersebut ternyata cukup terbukti.

Berbekal empat speaker di masing-masing sisi tablet, suara yang dikeluarkan cukup keras. Kami sempat mencobanya untuk mendengarkan musik maupun menonton video, dan nyatanya suaranya terbilang lantang.

Oleh sebab itu, dalam beberapa skenario, kami hanya menyetel volume di kisaran 50 persen dan hasilnya cukup memuaskan. Namun tidak sekadar kencang, kualitas suara yang dikeluarkan terbilang baik dan detail.

Sementara saat digunakan untuk menonton video di Netflix, kami merasa kualitas yang dihasilkan cukup memuaskan.

Ikon HD juga berhasil ditampilkan pada film yang ditonton menandakan memang tablet ini sudah bisa mendukung resolusi HD saat menonton konten di Netflix.

Untuk saat ini, demikian pengalaman singkat kami dalam menjajal kemampuan video dan audio dari tablet Oppo Pad Air. 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Pad Air

Menurut Aryo, Oppo Indonesia juga akan menghadirkan sejumlah aksesoris pendukung untuk Oppo Pad Air, mulai dari stylus hingga smart keyboard stylus. Namun, informasi harga maupun ketersediaan untuk aksesoris tersebut baru akan diungkap pada 23 Desember 2022.

Bicara soal spesifikasi Oppo Pad Air, tablet Oppo ini memiliki layar berukuran 10.36 dengan resolusi 2K (2000x1200 piksel).

Untuk mendukung kebutuhan multimedia, Oppo menanamkan empat buat speaker yang didukung teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan suara lebih detail.

Performa tablet ini didukung chipset Snapdragon 680 dan hanya hadir dengan pilihan konektivitas Wi-Fi saja, sehingga tidak menawarkan kemampuan jaringan seluler. Soal kemampuan fotografi, tablet ini menggunakan satu buah kamera belakang 8MP dan selfie 5MP.

Oppo Pad Air menjalankan ColorOS 12 1 yang didesain khusus untuk pemakaian dengan tablet. Guna mendukung performanya, ada baterai berkapasitas 7.100mAh yang mendukung pengisian daya 18W.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.