Sukses

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Pakai iPhone Baru

Berikut adalah hal yang wajib kamu lakukan saat pakai iPhone baru.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu baru pertama kali membeli dan menggunakan iPhone? Bagi sebagian besar pengguna, pengalaman pakai ponsel baru bisa sedikit mendebarkan.

Tetapi jika ini adalah iPhone pertama kamu, dan belum pernah menggunakan perangkat iOS sebelumnya, atau mungkin beralih dari Android, jangan khawatir!

Memang awalnya akan sedikit kebingungan untuk mengetahui semuanya. Mengutip Digital Trends, Senin (26/12/2022), berikut adalah hal yang wajib kamu lakukan saat pakai iPhone baru.

1. Siapkan Apple ID

Bagi pengguna baru iPhone, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat atau memasukkan Apple ID kamu.

Pada dasarnya, Apple ID ini adalah "kunci" kamu untuk semua layanan yang ada di iPhone, seperti iMessages, FaceTime, iCloud, Find My iPhone, Apple Music, dan lainnya.

Karena itu, ada baiknya kamu memiliki Apple ID ini. Jika tidak punya, ada baiknya untuk langsung membuatnya.

Pastikan untuk mengingat email dan password dari Apple ID kamu, karena akan sulit untuk diakses jika akun terkunci saat login berkali-kali atau lupa password-nya.

2. Nyalakan Find My iPhone

Lagi, Apple ID sangat diperlukan untuk menggunakan fitur Find My iPhone. Ini merupakan fitur keamanan dimana kamu dapat melacak keberadaan iPhone saat hilang atau dicuri.

Bila tidak dapat menemukannya, kamu dapat menghapus seluruh konten di dalam iPhone dari jarak jauh, dan meninggalkan pesan bilamana seseorang menemukan iPhone kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Backup

<p>Bocoran desain dan spesifikasi iPhone SE 4. (Doc: Jon Prosser x Ian Zelbo)</p>

Setelah lakukan dua hal di atas, langkah selanjutnya adalah memastikan kamu mem-backup atau mencadangkan data di iPhone.

Selalu pastikan untuk mencadangkan data, karena kamu tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi, dan lebih baik aman daripada menyesal.

Ada beberapa cara untuk mencadangkan iPhone atau iPad Anda: secara manual dengan komputer (baik Mac atau PC berfungsi), atau dengan pencadangan iCloud otomatis.

Secara pribadi, backup di iCloud memang lebih mudah. Tetapi Apple hanya menyediakan penyimpanan terbatas, yaitu 5GB.

Bila ingin lebih, kamu harus membayarnya. Bila tidak ingin bayar, maka bisa backup data iPhone ke PC atau Mac.

Sangat disarankan untuk mengenkripsi backup, sehingga data lain yang lebih sensitif, seperti informasi Health dan dan kata sandi, disertakan.

 

3 dari 3 halaman

4. Personalisasi Control Center

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Doc: Apple)</p>

Salah satu fitur paling berguna di iOS adalah Control Center. Ini panel yang akan sering kamu pakai atau akses ke beberapa fitur, seperti Wi-Fi, tingkat kecerahan layar, suara, hingga kamera.

Control Center dapat diakses dari mana saja, meskipun saat sedang membuka aplikasi.

Tergantung dari kebiasaan, kamu dapat mengubah Control Panel sesuai dengan keinginan. Untuk melakukannya, buka Settings > Control Center.

5. Matikan Fitur Koreksi Otomatis

Autocorrect atau koreksi otomatis bisa menjadi fitur membantu disaat sedang buru-buru mengetik, tetapi terkadang fitur ini mengacaukan chat.

Kamu dapat mematikan auto koreksi ini dengan buka, Settings > General > Keyboard > Geser tombol di samping Auto-Correction.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.