Sukses

IDC: Belanja Digital di Asia/Pasifik Akan Capai Rp 16.400 Triliun pada 2026

Belanja Transformasi Digital (DX) di Asia/Pasifik diperkirakan akan mencapai USD 1,05 Triliun atau sekitar Rp 16.400 triliun pada 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar IDC merilis Worldwide Digital Transformation Spending Guide. Menurut laporan itu, Pengeluaran Transformasi Digital (DX) di Asia/Pasifik diperkirakan akan mencapai USD 543 miliar atau sekitar Rp 8.500 triliun pada tahun 2022, dengan pertumbuhan tahun-ke-tahun sekitar 18 persen dari tahun 2021.

Itu berarti, pada tahun 2026 belanja digital di Asia/Pasifik diperkirakan akan mencapai USD 1,05 triliun atau sekitar Rp 16.400 triliun.

"Di era bisnis digital baru, teknologi digital mewakili persentase pertumbuhan anggaran TI organisasi," ujar Sandra Ng, Froup VP dan General Manager di IDC Asia/Pasifik, Jepang (APJ).

Dengan ancaman resesi dan potensi badai gangguan lainnya, menurut Sandra, "fokus pada digital hanya akan mendorong organisasi untuk mengubah pendekatan bisnis dan operasi, memanfaatkan teknologi dan model konsumsi untuk mendorong keunggulan kompetitif baru."

Pandemi dalam dua tahun terakhir mempercepat kebutuhan belanja digital untuk meningkatkan ketahanan organisasi terhadap gangguan pasar.

IDC menyebut bahwa transisi dari DX 1.0 ke DX 2.0 menegaskan model bisnis tradisional perlu melakukan diversifikasi dan berinvestasi untuk meningkatkan pangsa mereka dalam model bisnis digital untuk bertahan dalam jangka panjang.

Ekosistem yang terhubung adalah kunci untuk menarik, menjangkau, dan mengonversi pelanggan saat perusahaan berevolusi untuk menyediakan solusi digital menggunakan model bisnis yang ada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Future Enterprise Resilency & Spending 22

Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh IDC yang bertajuk "Future Enterprise Resilency & Spending 22", kelincahan bisnis adalah peningkatan utama yang diakui oleh responden dalam organisasi yang telah meningkatkan investasi dalam transformasi digital pada tahun 2021.

Mereka akan terus berinvestasi sambil melihat peningkatan dalam pekerjaan produktivitas dan keberlanjutan sebagai bidang kritis yang memperhatikan hasil yang lebih baik.

Hampir 35% pengeluaran DX selama periode perkiraan akan berasal dari Discrete and Process Manufacturing; manufaktur robotika dan operasi otonom termasuk ke dalamnya.

Asia/Pasifik didorong oleh peningkatan inovasi dalam industri-industri ini karena permintaan terus meningkat seiring dengan melayani pasar global. Industri terbesar berikutnya untuk Pengeluaran DX adalah Government Sectory yang menyumbang total 10 persen dari keseluruhan pangsa.

 

3 dari 5 halaman

Smart Manufacturing

Manajemen infrastruktur penting, pemantauan kesehatan jarak jauh, dan kasus penggunaan angkutan umum tingkat lanjut memimpin pengeluaran. Peningkatan otomasi di sektor pemerintahan juga telah dipercepat karena investasi untuk kelancaran operasi di seluruh wilayah.

Manufaktur robotika terus menjadi kasus penggunaan terbesar yang mendominasi pengeluaran DX. Tugas presisi berulang yang melibatkan akurasi tinggi terus mendorong pertumbuhan dengan CAGR sebesar 21% untuk periode yang diperkirakan (2021-2026).

Smart Manufacturing telah menyadari kepentingan baru di kawasan ini karena banyak perusahaan manufaktur meningkatkan pengeluaran untuk meningkatkan operasi mereka dan mengurangi biaya operasional.

Dalam survei yang sama, lebih dari 38% responden setuju bahwa Robotic Process Automation adalah yang paling penting untuk produktivitas dan strategi bisnis otomatisasi proses.

 

4 dari 5 halaman

Potensi pertumbuhan

"Di tengah reaksi kuat dari kendala rantai pasokan global, meningkatnya dampak inflasi dan ketidakpastian politik, investasi dalam transformasi digital diperkirakan akan tetap stabil," kata Mario Allen Clement, Associate Research Manager, IT Spending Guides, IDC Asia/Pasifik.

Mario menilai bahwa otomatisasi, kecerdasan, transparansi operasional, dan pengalaman pelanggan memegang kunci untuk investasi tumbuh dalam Transformasi Digital di seluruh wilayah.

Wilayah Asia/Pasifik menyumbang hampir 30% dari total Pengeluaran DX di seluruh dunia diikuti oleh Amerika Serikat.

Asia/Pasifik terus dipandang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi karena kemajuan dalam adopsi teknologi terus meningkat.

Organisasi terus mengalokasikan Investasi DX mereka ke sejumlah prioritas strategis yang akan dicapai saat mereka tumbuh dalam jejak digital mereka.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.