Sukses

AWS Rilis Data Lab Kawasan ASEAN untuk Pebisnis di Indonesia

AWS menjelaskan, laporan berjudul Demystifying Data 2022 tersebut didasarkan pada survei terhadap 523 pejabat senior pengambil keputusan di berbagai organisasi bisnis di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Amazon Web Services (AWS) merilis sebuah studi tentang bagaimana organisasi bisnis Indonesia memanfaatkan kekuatan data.

Peralatan dan teknologi, keterampilan digital, dan keamanan data adalah kunci untuk menjembatani kesenjangan kematangan data di Indonesia.

AWS mengatakan, dengan memanfaatkan analitik, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin (machine learning), pendapatan perusahaan dapat tumbuh sebesar 13,8 persen per tahun.

Laporan Demystifying Data 2022 diprakarsai oleh AWS, dan disusun oleh Deloitte Access Economics.

AWS menjelaskan, laporan tersebut didasarkan pada survei terhadap 523 pejabat senior pengambil keputusan di berbagai organisasi bisnis di Tanah Air.

Dalam survei tersebut, kematangan data organisasi responden diukur termasuk sejauh mana organisasi menggunakan data yang mereka hasilkan.

Metode pengukur menggunakan skala numerik lima digit mulai dari Dasar dan Pemula ke Menengah hingga Tingkat Lanjut dan Penguasaan. Lebih dari separuh (57 persen) organisasi yang disurvei berkisah, menangkap dan menganalisis data secara efektif dapat menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan.

Tercatat juga peningkatan produktivitas (56 persen), dan memungkinkan inovasi (54 persen).

Namun, laporan tersebut menemukan meskipun kian banyak hal yang dapat dilakukan ternyata 88 persen organisasi di Indonesia masih dalam tahap kematangan data Dasar dan Pemula.

“Seiring dengan meningkatnya investasi untuk transformasi digital, tercipta peluang perluasan penggunaan data demi meningkatkan produktivitas," papar Rio Ricardo, Direktur Artificial Intelligence & Data, SEA, Deloitte saat temu meida secara online baru-baru ini.

"Imbasnya menghasilkan timbal balik finansial bagi bisnis mereka, serta dampak positif pada ekonomi," kata Rio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Banyak Kendala

Suasana ajang AWS re:Invent 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Liputan6.com/ Andina Librianty

Meski begitu, hanya 5 persen dari organisasi di Indonesia yang telah melakukan investasi untuk teknologi, talenta dan proses dibutuhkan dalam upaya memaksimalkan potensi data mereka miliki secara penuh,

Organisasi responden di sektor informasi, media, dan telekomunikasi menempati peringkat tertinggi dalam skala kematangan data.

69 persen dari organisasi-organisasi ini berada pada level Tingkat Lanjut atau Penguasaan, diikuti oleh organisasi di sektor keuangan dan asuransi (50 persen), dan perdagangan grosir (50 persen).

Sebaliknya, organisasi di sektor pendidikan dan pelatihan serta konstruksi memiliki tingkat kematangan data terendah, dengan hanya kurang dari 30 persen organisasi disurvei di sektor industri ini meraih tingkat kematangan data Tingkat Lanjut atau Penguasaan.

Meski jelas terdapat manfaat dari upaya peningkatan kematangan data, banyak organisasi di Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam melakukan hal ini.

Salah satunya adalah dalam penggunaan data dan alat-alat serta teknologi analitik (46 persen), diikuti oleh kurangnya pendanaan (30 persen).

Kenyataan ini diperburuk dengan adanya pandemi COVID-19, di mana 52 persen dari pelaku bisnis mengakui sejak terjadinya pandemi, prioritas utama mereka adalah bagaimana caranya bertahan.

Hal ini berujung pada berkurangnya sumber daya yang tersedia untuk data dan analitik.

Selain itu, 44 persen dari organisasi-organisasi ini menyebutkan keamanan dan risiko data sebagai hambatan lain, yang dapat menimbulkan biaya dalam jumlah cukup besar.

 

3 dari 4 halaman

AWS Data Lab di ASEAN

<p>Ilustrasi transformasi digital. Dok: mojix.com</p>

Selama satu tahun ke depan, jumlah pekerja Indonesia yang membutuhkan pelatihan keterampilan digital untuk mendukung pekerjaan mereka diproyeksikan meningkat sebanyak 17,2 juta orang, mewakili 13 persen dari jumlah angkatan kerja Indonesia.

Namun, hampir separuh organisasi di Indonesia (44 persen) mengeluhkan kurangnya akses ke sumber daya terampil, yang mereka anggap sebagai hambatan dalam mengembangkan kemampuan data dan analitik mereka.

Menurut laporan tersebut, 37 persen dari organisasi yang disurvei lebih memilih untuk meningkatkan keterampilan karyawan mereka saat ini dan mengembangkan kemampuan data dan analitik mereka.

Sementara itu, 29 persen lain memilih mengakuisisi keterampilan dengan merekrut talenta baru.

Kini fokus AWS adalah untuk meruntuhkan berbagai rintangan tersebut, dan membantu organisasi dalam menjembatani kesenjangan kematangan data serta meningkatkan keterampilan karyawan mereka dalam hal analitik data.

AWS Data Lab adalah program gratis yang mempertemukan pelanggan dengan pakar data AWS untuk memecahkan tantangan data yang kompleks dengan cara yang nyata, menggunakan solusi AWS. Dalam skema kerja sama ini,

Arsitek Solusi dari AWS Data Lab dan pakar layanan AWS akan mendampingi pelanggan dengan memberikan panduan, berbagi praktik terbaik, dan menghilangkan hambatan teknis.

4 dari 4 halaman

Pengalaman RupaRupa dengan Layanan AWS

<p>Logo AWS. (Doc: AWS)</p>

Sebagai hasilnya, pelanggan akan mendapatkan sebuah purwarupa yang sesuai dengan kebutuhan mereka, jalur menuju produksi, dan pengetahuan yang lebih dalam tentang layanan AWS.

AWS Data Lab di ASEAN merupakan bagian dari jaringan lab global termasuk di Australia, Selandia Baru, Brasil, Korea, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

“Data dapat menjadi sumber pertumbuhan berharga bagi organisasi di Indonesia," kata Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS.

"Kuncinya adalah mengenali nilai inheren dari data, menganalisisnya secara efektif, dan menciptakan sebuah budaya berbasis data," jelasnya.

AWS berkomitmen untuk membantu pelanggan di Indonesia, di manapun saat ini sedang berada dalam tingkat kematangan data dalam memanfaatkan skalabilitas, efisiensi biaya, dan keamanan cloud untuk menerapkan proyek data dengan skala lebih besar, dan menyatukan data mereka guna mendorong produktivitas serta untuk berinovasi atas nama pelanggan.

(Ysl/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini