Sukses

Xiaomi Bakal Rilis HP Android dengan Kamera Setara DSLR

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sebuah paten beredar di internet menyebutkan Xiaomi sedang mengembangkan HP Android dengan kamera setara DSLR.

Padahal, perusahaan berbasis di Tiongkok tersebut saat ini sedang disibukkan dengan persiapan peluncuran Xiaomi 12T pada 4 Oktober 2022.

Adapun bocoran ini diungkap oleh leaker kenamaan bernama Digital Chat Station via XiaomiUI.

Berdasarkan paten, terlihat satu buah sensor di bodi belakang ponsel Xiaomi berukuran lebih besar dari lensa kamera di smartphone biasanya.

 <p>Bocoran paten kamera di HP Xiaomi. (Doc: Digital Chat Station/ Gizchina)</p>

Disebutkan, kamera tunggal di HP Xiaomi ini memiliki kemampuan untuk menyajikan beberapa variabel panjang fokus.

Karena ukuran lensa yang lebih besar dari biasanya, maka dapat dipastikan Xiaomi tidak menyematkan lensa ultrawide atau telefoto di ponsel.

Kamu dapat melihat seperti apa bentuk ponsel Xiaomi tersebut berdasarkan paten yang dibagikan oleh Digital Chat Station di bawah ini.

Berhubung perusahaan menggunakan sensor kamera lebih besar, maka lensa ini dapat bergerak layaknya perangkat kamera sekelas DSLR.

Namun perlu disebutkan, image di atas hanya sebatas gambar paten yang didaftarkan oleh perusahaan dimana ada kemungkinan kita tidak akan pernah melihat smartphone ini diproduksi masal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Xiaomi 12T dan 12T Pro Bocor di Internet

Xiaomi 12 Pro. Credit: Dok.Xiaomi

Lebih lanjut, spesifikasi Xiaomi 12T bocor di internet setelah muncul di situs benchmarking sebelum resmi meluncur secara global.

Diketahui, Xiaomi memang saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan deretan produk baru di pasaran, antara lain Redmi Pad, Redmi Buds 4 Pro, dan Xiaomi 12T.

Meski perusahaan sudah menutup rapat-rapat informasi detail tentang perangkat barunya itu, nyatanya bocoran Xiaomi 12T dan 12T Pro sudah beredar di internet.

Salah satu bocoran HP Android baru milik Xiaomi tersebut datang dari situs benchmarking milik Geekbench.

Xiaomi 12T dan 12T Pro tampil dengan layar AMOLED 6,67 inci beresolusi 1220 x 2712 piksel, refresh rate 120Hz, dan sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 5.

Soal spesifikasi hardware, Xiaomi 12T Pro memakai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM LPDDR5 8/12GB, dan memori sebesar 256GB, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (21/9/2022).

 

3 dari 3 halaman

Beda Xiaomi 12T Pro dan 12T

Varian warna Xiaomi 12. (Doc: Xiaomi)

Di Xiaomi 12T, perusahaan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra dengan RAM 8GB dan dua opsi memori, yaitu 128GB dan 256GB.

Selain menggunakan chipset yang berbeda, kedua HP Xiaomi ini juga memiliki lensa kamera dengan kemampuan berbeda.

Untuk Xiaomi 12T Pro, perusahaan bakal menyematkan sensor kamera Samsung HP1 berkemampuan 200MP dengan bukaan lensa F/1.69, dan OIS.

Sementara untuk model standarnya, Xiaomi hanya menyematkan kamera beresolusi 108MP dengan bukaan lensa F/1.65--tanpa teknologi OIS.

Selain kamera utamanya, lensa lainnya memiliki kemampuan sama mulai dari kamera ultrawide 8MP, macro 2MP, dan selfie 2MP.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.