Sukses

Aplikasi Android Kini Tersedia di Windows 11

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur terbaru dari Windows 11 adalah kemampuannya menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Namun fungsi ini tak bisa langsung diakses. Pasalnya Microsoft merilis versi pratinjau fitur tersebut antara Februari hingga Mei tahun 2022 ini.

Fungsionalitas yang memungkinkan aplikasi Android bisa dijalankan di Windows 11 tersedia di sejumlah negara, termasuk Kanada dan Amerika Serikat. Terbaru, Microsoft menyebut, fungsionalitas tersebut diperluas kehadirannya ke 21 region baru seiring perilisan update Windows 11 22H2.

Mengutip Gizchina, Senin (26/9/2022), update tersebut akan mengizinkan pemasangan lebih dari 20.000 aplikasi Android di komputer yang memenuhi persyaratan.

Terlepas dari fakta ada solusi untuk memasang aplikasi Android di Windows 11, penerapan resmi fungsionalitas tersebut membuat instalasi aplikasi Android jadi lebih sederhana.

Bagi pengguna yang berada di sejumlah wilayah yang sudah bisa menerapkan fungsionalitas tersebut, mereka bisa menginstal Amazon Appstore. Amazon Appstore dalam hal ini jadi platform yang memungkinkan pengguna Windows 11 untuk mendapatkan aplikasi Android.

Untuk menginstal Amazon Appstore pengguna bisa mencarinya di Microsoft Store pada komputer Windows 11 kamu dan memasangnya. Setelah itu, Windows Subsystem for Android akan memeriksa apakah ada update yang tersedia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Belum Bisa Dicoba di Indonesia

Jika ada, pengguna bisa masuk ke Amazon Appstore lalu memilih mau login dengan akun yang sudah ada atau membuat akun baru.

Namun menurut Gizchina, aspek paling menarik dari integrasi sistem ini adalah, bahwa program Android bisa berfungsi normal di Windows. Baik dalam mode lanskap ataupun portrait.

Selain itu, pengguna juga bisa melampirkan taskbar, dan membuat mereka bisa mengakses hanya dengan sekali klik atau sentuh pada perangkat dengan touch screen.

Sayangnya ketika Tekno Liputan6.com mencoba cara ini di laptop dengan Windows 11, kami tidak bisa menemukan aplikasi Amazon Appstore yang dimaksud, sehingga belum memungkinkan mengunduh aplikasi Android dan memasangkan di Windows 11.

Gizchina juga mencatat, meski lokasi pengguna mungkin termasuk dalam lokasi yang diumumkan, Amazon Appstore memang belum bisa diakses.

Microsoft menyatakan, mereka akan meningkatkan ketersediaannya dalam beberapa minggu mendatang. Jadi, mungkin saja pengguna di Indonesia bisa menjajal jika sudah tersedia di Microsoft Store.

3 dari 3 halaman

Update Windows 11

Sebelumnya, Microsoft meluncurkan update Windows 11 dengan sejumlah pembaruan fitur, seperti keamanan, produktivitas, aksesibilitas, dan gaming.

Perilisan update Windows 11 ini juga membawa beberapa fitur terbaru lain, seperti antarmuka yang diperbarui, widget, Microsoft Teams lebih mudah diakses, hingga multiple desktop dan Snap Layouts and Groups.

Update Windows 11 memberi pengalaman penggunaan PC yang lebih mudah bagi pengguna berkat tampilan tombol Start Menu dan Quick Settings.

Fitur baru lain dari update ini adalah Greener yang bertujuan untuk mengurangi produksi emisi karbon dari perangkat PC. Demikian dikutip dari Cnet, Kamis (22/9/2022).

Microsoft menjadwalkan pembaruan Windows 11 saat perangkat dalam keadaan menyala, terpasang charger, dan terhubung internet serta tersedianya data intensitas karbon regional.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.