Sukses

Cara Nonaktifkan 4 Fitur Mengganggu di iOS 16

Liputan6.com, Jakarta - Apple sudah mengulirkan iOS 16 ke seluruh perangkat iPhone secara global, dengan menawarkan sejumlah fitur baru bagi para penggunannya.

Adapun beberapa fitur menarik tersebut, antara lain customizable lock screen, kemampuan edit dan unsend di iMessages, penampilan desain notifikasi, sampai update pada fitur keamanan dan darurat.

Selama satu minggu setelah perilisannya, pengguna iPhone sudah mulai merasakan fitur-fitur yang dibawakan iOS 16, dan menentukan deretan fitur paling disukai.

Meskipun begitu, beberapa pengguna menganggap beberapa dari fitur iOS 16 terkesan mengganggu atau tidak diperlukan. Salah satunya adalah tombol search atau spotlight di layar home.

Walaupun tombol tersebut dimaksudkan untuk mempermudah pengguna jika ingin mencari sesuatu, namun terletak di bagian bawah seringkali tersentuh dengan tidak sengaja.

Selain itu, iOS 16 juga memberikan pengguna pilihan untuk menonaktifkan atau mengubah fitur yang tidak diperlukan. Berikut ini langkah yang bisa diambil pengguna untuk mengatasi fitur-fitur tersebut.

Tombol Search di Home Screen

Tombol Search di home screen memberikan pengguna akses lebih cepat untuk melakukan pencarian, seperti pesan teks, aplikasi, dokumen, lokasi, atau berbagai hal lain yang berada di dalam perangkat atau website.

Namun, letak tombol tersebut membuatnya mudah tersentuh secara tidak sengaja. Sebelumnya, pengguna iPhone dapat mengakses halaman pencarian dengan cara mengusap layar home screen ke bawah.

Cara ini lebih sederhana dan kehadiran tombol tersebut tidak memberikan efek yang berbeda.

Untuk menonaktifkan tampilan tombol Search ini, pengguna bisa masuk ke aplikasi Settings untuk menemukan menu Home Screen. Dari menu tersebut, akan muncul pilihan-pilihan tampilan home screen.

Pengguna iPhone bisa menggeser switch dari opsi Show on Home Screen ke kiri untuk menghilangkan tampilan tombol Search dari halaman depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengubah Tampilan Notifikasi di Lock Screen

iOS 16 juga memberikan tampilan notifikasi yang berbeda, yaitu notifikasi yang biasanya tampil di atas, kini tampil di bagian bawah dan memungkinkan pengguna mengetuk notifikasi agar tampil dalam full screen.

Jika tidak menyukai tampilan terbaru notifikasi tersebut, iOS 16 juga memberikan penggunanya kemampuan untuk memilih bagaimana notifikasi mereka ditampilkan di lock screen.

Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi Settings untuk mengakses menu Notifications. Dari sini, pengguna diberikan tiga pilihan tampilan notifikasi, yaitu Count, Stack dan List.

Untuk display Count, notifikasi akan muncul di bagian bawah layar dalam bentuk angka. Display Stack akan menampilkan notifikasi di bawah layar dalam bentuk tumpukan.

Sementara untuk display List akan menampilkan notifikasi dalam bentuk full screen di lock screen. Untuk mengubah tampilan notifikasi menjadi sama dengan sebelumnya, pengguna bisa memilih opsi List ini.

3 dari 4 halaman

Fitur Featured Photos atau Memories

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang didukung oleh Artificial Intelligence dari Apple, yang memunculkan foto dan video di berbagai tempat di layar iPhone.

Foto-foto tersebut berasal dari galeri dan ditampilkan di layar dengan tujuan sebagai pengingat untuk pengguna terhadap foto tersebut atau ingin melihat foto tersebut.

Namun, fitur ini bisa menjadi mengganggu saat mulai menampilkan foto-foto yang tidak pantas atau tidak diinginkan muncul layar smartphone.

iOS 16 mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan fitur tersebut. Setelah masuk ke Settings, pengguna masuk ke menu Photos dan geser switch dari opsi Show Featured Content.

Selanjutnya, fitur tersebut tidak akan memunculkan foto di layar iPhone dan hanya muncul di galeri foto pada perangkat.

4 dari 4 halaman

End Call Pakai Side button

Side button atau power button biasa digunakan untuk menyalakan atau mengunci layar iPhone. Namun, tombol tersebut juga bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk mengakhiri panggilan.

Sayangnya, fungsinya ini seringkali membuat pengguna iPhone secara tidak sengaja mengakhiri panggilan karena menekan side button tersebut.

Dengan iOS 16, pengguna bisa menonaktifkan fungsi tersebut. Melalui aplikasi Settings, pengguna akan menemukan menu Accesibility.

Dari sini akan muncul beberapa opsi, termasuk Touch. Pilih opsi tersebut dan geser tombol dari Lock to End Call.

Setelah menonaktifkan fungsi tersebut, pengguna dapat menerima panggilan tanpa takut tidak sengaja menekan power button.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.