Sukses

Tips Ambil Foto di Malam Hari dengan Kamera HP dari Fotografer Oppo

Liputan6.com, Jakarta - Memotret di malam hari menggunakan smartphone membutuhkan trik tersendiri, agar gambar yang dihasilkan di kamera HP dapat terlihat bagus. Perangkat ponsel yang digunakan untuk mengambil foto pun juga sangat berpengaruh.

Aries Lukman, Oppo Photographer Expert, kepada Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin memotret di malam hari dengan HP adalah pencahayaan.

"Cari dulu sumber cahayanya. Subyek mana yang mau diambil. Perhatikan juga kondisi gelapnya gelap banget atau masih ada lampu-lampu jalan masih ada, itu harus diperhatikan," kata Aries, ditulis Selasa (20/9/2022).

Aries memberikan contoh, memotret di malam hari di tengah gemerlap gedung-gedung perkotaan masih bisa dilakukan. Namun, jika ada model atau subyek foto yang ingin dibuat terlihat jelas dan tidak blur, mereka tidak boleh bergerak.

Selain itu, ketika mengambil foto dengan kamera handphone di kondisi low light, ada waktu untuk memproses gambar yang ditampilkan. Jadi, pengguna HP tidak boleh terburu-buru untuk menarik perangkatnya.

"Jepret dulu, tahan sebentar sampai prosesnya selesai, baru kita lanjut ke foto yang berikutnya atau pindah ke tempat yang lain," imbuh Aries.

Selain itu, penggunaan Night Mode atau Mode Malam juga disarankan apabila kondisinya mengharuskan.

Aries mencontohkan, salah satu perangkat ponsel yang dapat dipakai untuk memotret di malam hari adalah dengan Oppo Reno8 Series, di mana salah satu perangkat unggulannya adalah Oppo Reno8 Pro 5G.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penggunaan MariSilicon X di Oppo Reno8 Pro 5G

Oppo Reno8 Pro 5G sendiri memiliki dukungan dari teknologi MariSilicon X, NPU pencitraan khusus pertama yang dikembangkan internal oleh Oppo.

Menurut Aries, MariSilicon X di perangkat ini sangat membantu untuk memproses gambar saat melakukan pemotretan di malam hari.

"Jadi ada langkah tambahan yang kita sudah mengambil foto, ditambah MariSilicon, hasilnya jadi lebih tajam, lebih natural warnanya," kata Aries menjelaskan.

Menurutnya, seringkali Night Mode membuat gambar jadi terlalu warm, membuatnya jadi terlihat "terlalu kuning." Di sini, MariSilicon X membantunya untuk terlihat lebih baik dibandingkan tanpa NPU tersebut.

Selain itu, menurut Aries, MariSilicon X juga membantu pemrosesan foto jadi lebih cepat.

Lebih lanjut, perhatikan juga jam saat melakukan pemotretan. Menurut Aries, hal ini juga terkait dengan pencahayaan sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil foto.

"Kalau motret di Indonesia terutama, waktu-waktu seperti di pagi hari dan sore hari itu yang paling cocok. Kalau siang, matahari sudah benar-benar di atas, kalau matahari di atas kan bikin bayangan lebih harsh, lebih keras."

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Reno8 Pro 5G

Reno8 Pro 5G menjadi smartphone Oppo yang menggunakan MariSilicon X, NPU pencitraan khusus pertama yang dikembangkan internal oleh Oppo.

Dengan pemrosesan gambar yang kuat dari MariSilicon X, Reno8 Pro 5G diklaim menghadirkan fitur kamera inovatif yang membantu pengguna untuk menghasilkan potret yang sangat jernih, bahkan dalam situasi tersulit.

Smartphone ini juga mendapatkan dukungan dari Dual shoppingmode Sony Flagship Sensors IMX709 RGBW generasi baru di kamera depan dan sensor IMX766 di kamera utama untuk pengalaman fotografi low-light dan malam hari yang menakjubkan.

Secara desain, Oppo Reno8 Pro 5G mengusung Streamlined Unibody Design. Perangkat ini memiliki layar 6,7 inci Flexible OLED Display dengan 120Hz Refresh Rate.

 

4 dari 4 halaman

Kamera di Oppo Reno8 Pro 5G

Untuk desain dari HP Oppo yang satu ini, ini memiliki tebal 7,34 mm dengan berat 183 gram, serta material backcover-nya menggunakan Corning Gorilla Glass.

Oppo Reno8 Pro 5G juga ditenagai MediaTek Dimensity 8100-MAX 5G. Baterainya 4500mAh dengan dilengkapi fitur Battery Health Engine, serta mendukung pengisian daya cepat 80W SuperVOOC.

Di sisi sistem operasi, Reno8 Pro 5G sudah membawa sistem ColorOS 12.1, sementara untuk RAM dan ROM-nya sebesar 12GB + 256GB dengan kemampuan ekspansi RAM 7GB.

Kamera utamanya terdiri dari 50MP Main Camera (IMX766) + 8MP Wide Angle + 2MP Macro Camera dan kamera swafotonya menggunakan 32MP Selfie Camera (IMX709). Reno8 Pro 5G terdiri dari dua varian warna yaitu Glazed Green dan Glazed Black.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS