Sukses

Andro Max-i, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Wah

Meski harganya murah, Andro Max-i yang di-bundling oleh Smartfren ini sudah mengusung spesifikasi yang terbilang 'wah'.

Murah bukan berarti buruk kualitasnya. Prinsip tersebut mungkin tersemat di ponsel Hi-Sense AD683G alias Andro Max-i yang di-bundling oleh Smartfren. Perangkat ponsel pintar ini sudah mengusung spesifikasi yang terbilang 'wah' dengan harga yang terjangkau. Tekno Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan tes pada produk baru operator CDMA tersebut.

Detail :

- Layar berukuran 4 inci dengan empat buah tombol sentuh di bawah layar dan lima buah tombol virtual bisa digunakan untuk menavigasi ponsel murah meriah ini. Kamera beresolusi 1,3 MP dan accelerometer atau sensor cahaya berada di atas layar.

- Bezel plastik berada di sekeliling body membuat smartphone ini terlihat elegan. Di Bagian kanan terdapat tombol volume sedangkan di bagian atas tersedia sebuah port 3.5 untuk audio dan tombol power yang bisa juga berfungsi sebagai pengunci layar.

- Di bagian belakang terdapat sebuah kamera beresolusi 5 MP tanpa flashlight dan speaker kecil di pojok kanan bawah. Cover belakang ponsel ini terbuat dari bahan plastik yang di cat doff yang menghasilkan kenyamanan ketika berada di genggaman.

Main Words :

Desain yang digunakan pada smartphone Hi-Sense dengan seri AD-683G ini menyerupai desain yang biasa digunakan produk asal Taiwan, HTC dengan adanya lekukan di bagian atas. Sayangnya, lekukan yang membuat kesan elegan itu hanya terdapat dibagian atas sedangkan bagian bawah layar lekukan itu tidak dibuat.

Bahan plastik fiber digunakan pada seluruh body perangkat ini. Kehadiran bezel di sekeliling body berhasil membuat kesan mewah ada di ponsel ini. Selain itu, cover belakang yang dicat doff menambahkan kesan mewah dan kenyamanan saat ponsel ini berada dalam genggaman.

Thanks God, layar seluas 4 inci dengan teknologi IPS yang dipadukan dengan GPU Adreno 203 yang dibekalkan di Smartfren Andro Max-I ternyata tak sia-sia. Tampilan grafis yang dihasilkan layar beresolusi WVGA ini cukup cerah dan tidak membuat mata jadi cepat lelah. Ketajaman warna dan efek yang ditampilkan lumayan memuaskan mata.

Fitur multi-touch hingaa 5 titik yang diklaim Smartfren ternyata bukan sekedar bualan. Kami mencoba fitur ini dengan menggunakan aplikasi Pianist dan menekan beberapa tuts sekaligus. Voila, ponsel ini ternyata merespon sentuhan itu dengan menghasilkan beberapa nada sesuai dengan tuts yang ditekan.

Ponsel pintar besutan pabrikan asal China, Hi-Sense yang dibundling oleh Smartfren juga memiliki performa terbilang bagus. Prosesor dual-core Snapdragon berkekuatan 1Ghz, RAM 512 MB dan ROM 1GB nampaknya bekerja sama dengan baik.

Ketika digunakan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan smartphone ini masih bekerja dengan baik. Sayang, bila terlalu lama digunakan browsing bagian belakang ponsel ini terasa hangat-hangat kuku.

Ponsel yang menyediakan fitur Dual SIM on CDMA+GSM ini ternyata memiliki syarat, slot SIMcard CDMA harus diisi dengan kartu Smartfren aktif. Selain itu, nomor GSM hanya bisa digunakan untuk telpon dan sms sedangkan layanan data mesti menggunakan layanan Smartfren.

Meskipun begitu, fitur Dual On SIM Smartfren Andro Max-i berjalan baik, sewaktu ada telpon masuk ke nomor GSM dan Anda sedang berinternet ria tak perlu kuatir karena telpon tersebut masih bisa dijawab.

Fungsi multimedia di ponsel buatan China ini terbilang lengkap, radio, video, video record, kamera, voice record dan fm radio tersedia di ponsel ini. Hanya saja, speaker yang ada di bagian belakang ponsel masih bersuara cempreng dan kurang nyaman ketika dalam volume penuh. Namun, kehadiran jack 3.5 mm bisa mengobati luka karena speaker cempreng tersebut.

Kamera di bagian belakang ponsel dengan resolusi 5 MP bisa menangkap gambar dengan baik ketika dalam kondisi cahaya tinggi. Sedangkan di bagian depan ada kamera yang bisa dipakai bernarsis ria dan siap untuk dipakai bertatap muka saat video call.

User interface yang dipakai ponsel buatan Hi-Sense ini tak jauh berbeda dengan versi bawaan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Bedanya, Smartfren melakukan kustomisasi dengan menyediakan beberapa aplikasi seperti Costumer Information dan Smartfren Store agar penggunanya lebih mudah bertransaksi.

Sistem operasi yang dipilih oleh Hi-Sense juga terbilang cukup baik. Hasilnya, meskipun harganya tak lebih dari 1,2 juta ponsel ini bisa digunakan menjalankan berbagai aplikasi yang lumayan banyak dan tak ketinggalan zaman.

Ketika kami melakukan ujicoba benchmark dengan aplikasi Quadrant, smartphon ini mendapatkan total poin 2622. Nilai lain untuk smartphone ini antara lain, CPU: 5098, Memory: 1275, I/O: 4478, 2D: 446 dan 3D: 1811. Peringkat yang diraih oleh Hi-Sense AD683G tepat dibawah Galaxy Tab 10.1 dan diatas Samsung Galaxy Nexus.





Killer Features :

- Capacitive Multi Touch Screen 5 Points : Fitur ini nampaknya bukan sekedar lip service yang diklaim oleh Smartfren. Ketika kami mencobanya dengan menggunakan aplikasi Pianist dengan menekan lebih dari 5 tuts piano yang muncul di layar terdengar suara nada sesuai dengan tuts tersebut.

- Costumer Information : Aplikasi ini lazim ada di ponsel yang dibundling Smartfren. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika ingin melakukan transaksi.

- Smart Store : Toko aplikasi khusus Smartfren ini jadi salah satu fitur unggulan dari Smartfren. Berbagai aplikasi yang kompatibel pada ponsel bundlingnya tersedia dengan harga dan promo khusus.


Spesifikasi



Harga : Rp 1.199.000,-
Dimensi : 12,2 x 6,4 x 1 cm
Screen : 4 inci LCD WVGA (800x480 piksel) With IPS Technology
Baterai : 1630 mAh
Camera : 5 MP Autofocus tanpa flash (Belakang) + 1.3 MP (Depan)
Connectivity : Dual On Active CDMA 2000-1x Rev.A (3.5G) + GSM (2G), Bluetooth 3.0 A2DP Support, Built-in GPS, Wi-Fi with Hotspot Capability (Thetering), FM Radio, 3.5mm audio port, Micro-USB Port, Accelerometer, Proximity, Ambience and Magnetic Field Sensor
Display : Adreno 203 GPU
Processor : Snapdragon 1 Ghz Dual Core processor
Multimedia : Musik, Video, Radio
Memory : 512 MB RAM + 4GB ROM
OS : Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Storage : Internal 1GB + Slot MicroSD up to 32 GB.


Tekno Liputan6.com Comment :

Smartphone ini cukup recommended untuk digunakan beraktivitas sehari-hari terutama penggila internet. Harganya yang terjangkau tak membuat ponsel ini terbatas dengan beberapa fitur saja. Layarnya terasa lebih nyaman digunakan dengan kualitas yang lebih baik daripada seri pendahulunya. Meskipun terdapat kekurangan pada speaker yang terlalu cempreng dan agak sedikit panas jika digunakan terlalu lama, bisa dibilang dengan harga segitu cukup setimpal dengan fitur yang terbilang memuaskan.

(DEN/DEW)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini