Sukses

Handheld Cloud Gaming Besutan Tencent-Logitech G Gunakan OS Android?

Liputan6.com, Jakarta - Logitech G dan Tencent Games belum lama ini mengumumkan kemitraan untuk perilisan perangkat konsol cloud-gaming. Sekadar informasi, Logitech G adalah cabang gaming untuk pembesut perangkat Logitech.

Tencent Games di sisi lain adalah perusahaan game penting di tengah merebaknya game mobile. Kini, Tencent Game akan memulai debutnya pada perangkat game PC dan konsol.

Sebelumnya, beredar rumor Tencent berupaya mengakuisisi BlackShark untuk memperkuat namanya di pasar smartphone.

Tencent pun berupaya memperluas kemampuannya di perangkat gaming mobile dengan merilis konsol cloud gaming terbaru bersama Logitech.

Mengutip laman Gizchina, Kamis (1/9/2022), leaker Evan Blass, membagikan beberapa gambar dari perangkat konsol cloud-gaming tersebut. Menurut Blass, konsol itu menjalankan Android.

Meski begitu, gambar handheld cloud gaming yang diunggah Blass dihapus tidak lama setelah diunggah karena mendapat keluhan dari Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Namun, Global System for Mobile Communications (GSMA) terlebih dahulu mendapati gambar tersebut.

Desain handheld Tencent dan Logitech ini menyerupai salah satu gambar pengajuan paten Tencent. Perangkat yang dimaksud adalah konsol PC.

Produk ini terlihat memiliki D-Pad, Analog Stick, Buttons, dan Shoulder Trigger. Gambar yang bocor juga mengungkapkan dan mengkonfirmasi desain konsol dalam warna putih dengan sentuhan biru dan hijau.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Dilengkapi Google Play Store

Menariknya konsol ini menjalankan OS Android dan tampaknya dilengkapi dengan toko aplikasi Google Play Store.

Sekadar informasi, Logitech dan Tencent dilaporkan tengah dalam pembicaraan dengan Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce Now untuk menawarkan kedua layanan di platform.

Menariknya, kedua layanan tersebut memiliki aplikasi Android sehingga pengguna bisa dengan mudah mengunduh aplikasi untuk menikmati layanan tersebut.

Gambar yang bocor tersebut juga memperlihatkan ikon Steam, sehingga kemungkinan konsol dibekali Steam Link untuk menjalankan game secara remote dari PC di konsol genggam ini.

Gambar juga memperlihatkan WiFi dan Bluetooth, tidak diketahui apakah perangkat ini akan didukung konektivitas seluler.

3 dari 4 halaman

Informasi dari Awal Agustus

Sebelumnya, pembesut periferal Logitech dan Tencent baru saja mengumumkan kemitraan untuk membuat beberapa hardware gaming, yang nantinya akan berada di bawah brand Logitech G.

Walau masih belum memiliki nama resmi, hardware kolaborasi Logitech dan Tencent ini akan disebut sebagai 'Logitech G Gaming Handheld'.

Mengutip keterangan resminya, Jumat (5/8/2022), Logitech G Gaming Handheld ini bakal menggabungkan keahlian pengembangan hardware Logitech dan pengalaman software milik Tencent.

Untuk game-nya sendiri, nanti gamer dapat memainkan sejumlah judul gim berbasis cloud. Karena itulah kedua perusahaan menyebut perangkat barunya ini sebagai handheld cloud gaming.

Informasi, cloud gaming adalah praktik dimana pemain dapat bermain gim melalui perangkat yang terhubung ke internet.

Perangkat gamer akan terhubung ke server dan menjalankan game sebenarnya, lalu ditampilkan secara real time di layar perangkat.

Menariknya, player tidak memerlukan konsol atau PC Windows mahal untuk dapat memainkan gim berbasis cloud.

4 dari 4 halaman

Dukung Sejumlah Layanan Cloud Gaming

Cukup dengan perangkat kompatibel dan terhubung dengan koneksi internet, gamer dapat memainkan beragam judul gim.

Logitech sendiri mengatakan, perangkat baru buatan perusahaannya dan Tencent ini akan mendukung beberapa layanan cloud gaming.

Selain pengumuman kolaborasi ini, baik Tencent dan Logitech belum mengungkap informasi detail tentang Logitech G Gaming Handheld ini.

Logitech mengumumkan kehadiran keyboard mekanikal dan mouse dari lini Master Series. Kali ini, perusahaan memperkenalkan MX Mechanical dan mouse MX Master 3S.

Sebagai informasi, Master Series merupakan lini produk dari Logitech yang ditujukan untuk para pembuat konten digital. Perangkat ini menghadirkan pengalaman mengetik mekanikal dan tracking presisi berkinerja tinggi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.