Sukses

Apple Bakal Hilangkan Audio Jack di Model iPad Baru

Liputan6.com, Jakarta - Apple sudah menghilangkan audio jack 3.mm dari seluruh deretan iPhone dan tablet mereka, terkecuali iPad kelas menengahnya.

Kabar terkini menyebutkan, perusahaan berbasis di Cupertino itu berencana untuk menghilangkan audio jack dari tablet kelas menengah baru mereka.

Informasi ini diperkuat dengan kemunculan render tablet yang diyakini adalah model iPad baru kelas menengah, dan tentunya tanpa ada lubang audio jack di bodinya.

Dilansir MySmartPrice, Senin (8/8/2022). gambar render ini bersumber dari pembuat aksesoris yang sedang menyiapkan kasing untuk iPad generasi ke-10.

Walau penampilan iPad baru itu tidak mengalami perubahan signifikan dari beberapa tahun belakangan ini, Apple sempat memutuskan untuk meningkatkan ukuran diagonal layar pada seri iPad 2017.

Selain dari itu, Apple memang selalu melakukan peningkatan dalam hal hardware di dalam iPad dari tahun ke tahun.

Dari render ini juga dapat diketahui, Apple tetap mempertahankan tombol home di panel depan iPad. Menurut laporan, tablet baru ini akan memiliki ukuran layar lebih besar dari model 10,2 inci saat ini.

Sementara itu, tampak pula modul kamera iPad generasi ke-10 ini serupa dengan kamera di iPhone X. Sedangkan port USB-C terlihat di bagian bawah tablet.

Perlu diketahui, kehadiran iPad generasi ke-10 ini masih sebatas informasi yang beredar di internet dan belum dikonfirmasi langsung oleh Apple.

Tampaknya kita harus bersabara menunggu informasi lain terkait iPad baru milik Apple ini di beberapa bulan mendatang, atau setidaknya saat pengumuman iPhone 14 pada September 2022 nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apple Tunda Perilisan iPadOS 16 hingga Oktober 2022

<p>Deretan model iPhone yang akan kebagian update iOS 16. (Doc: Apple)</p>

Apple cenderung meluncurkan versi perangkat lunak utamanya secara teratur, di mana pembaruan iPhone dan iPad biasanya rilis setelah kedua produk itu diperkenalkan pada September.

Namun, menurut laporan Bloomberg, Apple mungkin akan menunda perilisan iPadOS 16 sekitar satu bulan atau hingga Oktober 2022.

Masalah utamanya disebut-sebut karena fitur multitasking Stage Manager, yang hanya akan tersedia di iPad bertenaga M1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran jendela dan membuatnya tumpang tindih.

Mereka yang mencoba versi beta menemukan fitur tersebut bermasalah. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Jumat (5/8/2022).

"Dalam bentuknya yang belum selesai, Stage Manager agak kasar di tepinya," tulis Nathan Ingraham dari Engadget dalam preview iPadOS 16-nya.

"Ketika saya menggunakan iPad dengan layar eksternal, sistem crash dan sering melemparkan saya kembali ke layar awal, sehingga menurunkan produktivitas," sambungnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Alami Banyak Kendala

Apple iPad Air (Dok. Apple)

Laporan sebelumnya menunjukkan, Apple akan meluncurkan jajaran iPad baru untuk akhir tahun ini, termasuk model dasar yang disempurnakan dengan port USB-C dan iPad Pro yang didukung M2.

Kemunculan iPadOS 16 mungkin akan berdekatan dengan kehadiran iPad terbaru. Di sisi lain, macOS Ventura juga menyertakan Stage Manager.

Dalam preview sistem operasi, Devindra Hardawar dari Engadget menemukan bahwa fitur tersebut merupakan tambahan yang menonjol.

Diharapkan Apple akan merilis macOS Ventura pada bulan Oktober, mengingat Apple telah lama mencoba untuk menjauh dari persepsi iPad sebagai iPhone besar dan menjadikannya lebih dari perangkat produktivitas serba guna.

Meluncurkan iPadOS 16 dan macOS Ventura pada saat yang sama dapat menyisipkan 'pesan halus' tentang bagaimana perusahaan memposisikan tablet besutannya.

(Ysl/Tin)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS