Sukses

Jelang Peluncuran, Spesifikasi Kunci Nothing Phone 1 Terungkap

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peluncuran resmi, informasi mengenai smartphone perdana Nothing, yakni Phone 1 terus bermunculan. Adalah founder dan CEO Nothing Carl Pei sendiri yang mengungkapkan informasi tersebut.

Untuk itu, kali ini, ia diketahui telah mengungkapkan salah satu spesifikasi kunci dari smartphone Nothing tersebut. Dikutip dari GSM Arena, Kamis (30/6/2022), ia memastikan Phone 1 akan dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 778G Plus.

Penggunaan chipset menengah kelas premium dari Qualcomm ini sebenarnya sudah diprediksi. Sebab, purwarupa smartphone ini sempat muncul di Geekbench dan diketahui menggunakan chipset yang sama.

Meski tidak menggunakan chipset kelas flagship, Nothing menyebut Snapdragon 778G Plus ini sudah dikustomisasi sesuai keperluan Phone 1.

Nothing tidak merinci kustomisasi seperti apa yang dilakukan, tapi yang pasti penggunaan nama Plus merujuk pada dukungan wireless charging dan reverse wireless charging.

Terkait alasan menggunakan chipset kelas menengah, Carl Pei menyebut kemampuannya chipset tersebut sebenarnya sudah mencapai titik kinerja yang cukup baik untuk tugas-tugas umum, sedangkan penggunaan chip yang lebih bertenaga dianggap menghasilkan pendapatan yang lebih rendah.

Sebelum informasi ini, Nothing sendiri telah membuka pemesanan Phone 1. Namun, pengguna yang memesannya harus bergabung dalam sebuah klub eksklusif dengan menggunakan sistem kode undangan.

Anggota komunitas private tersebut memiliki waktu 48 jam untuk menggunakan kode mereka, lalu menyetor uang deposit (tidak dapat dikembalikan) senilai US$ 25 atau sekitar Rp 370 ribu untuk berkesempatan memesan smartphone ini pada 12 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Nothing Phone 1 Sudah Bisa Dipesan, Tapi Terbatas dan Harus Setor Uang Deposit

Mengutip Engadget, Senin (27/6/2022), pengguna dapat mendaftar ke waiting list yang akan mengirimkan undangan secara berkelompok.

Pesanan berbasis undangan dilakukan untuk membantu mengelola pasokan yang ketat (dengan mengontrol penjualan dan meningkatkan perkiraan permintaan) sekaligus membuat tanda ciri khusus yang mungkin memacu permintaan.

Mengenai harga, perusahaan rintisan Carl Pei ini belum mengungkapkan banderol dari Nothing Phone 1.

Soal spesifikasi, menurut bocoran dari Geekbench, ponsel pertama Nothing itu menggunakan prosesor Snapdragon 778G Plus.

Dilansir GSMArena, Jumat (24/6/2022), ponsel terdaftar di Geekbench dengan kode nama Nothing A063 itu akan dilengkapi GPU Adreno 642L dan RAM 8GB.

Diketahui, prosesor yang terpasang di ponsel adalah versi overclock dari chipset model lama Snapdragon 778G.

Berdasarkan database di Geekbench, Nothing phone (1) mampu mencetak skor 797 di pengujian single core, dan 2,803 poin untuk multi-core.

Database Geekbench juga mengungkap, ponsel ini sudah langsung beroperasi menggunakan Android 12 dengan balutan Nothing OS.

Sebelumnya, banyak pihak yang meyakini Nothing phone (1) akan dirilis menggunakan prosesor Snapdragon 7 Gen 1.

Disebutkan, HP Android ini bakal mendukung kemampuan charging 45W dan akan dijual dengan sistem undangan--seperti ponsel pertama OnePlus.

3 dari 5 halaman

Nothing Phone 1 Dianggap Mirip iPhone X

Para pecinta smartphone di dunia banyak yang tak sabar menunggu kehadiran smartphone perdana dari Nothing yang dipastikan akan mengusung nama Phone 1.

Meskipun peluncuran Nothing Phone 1 masih sekitar satu bulan lagi, perusahaan mulai menunjukkan tampilan dari smartphone tersebut di media sosial (Twitter).

Dari jauh, perangkat ini tampak seperti perpaduan antara bagian belakang iPhone X (dengan cangkang kamera ganda berbentuk pil) dan tepi datar iPhone 12.

Menariknya, cover belakang Nothing Phone 1 transparan, memperlihatkan koil pengisi daya nirkabel besar, beberapa sekrup, dan pola unik yang sebelumnya dibocorkan oleh sang pendiri, Carl Pei.

Namun, sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (16/6/2022), Nothing belum memberikan detail lebih lanjut dalam posting-an itu. Sebelumnya, Pei disebut akan menghadirkan ekosistem produk yang terbuka dan beragam melalui perangkat tersebut.

Sejauh ini, Phone 1 diketahui akan diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon (diperkirakan kelas menengah) dan tidak berjalan dengan OS Android murni.

Sementara itu, tim desain Nothing dipimpin oleh mantan desainer utama Dyson, Adam Bates, yang bergabung dengan perusahaan pada awal 2022. 

4 dari 5 halaman

Nothing Siap Rilis Smartphone Perdana di 12 Juli 2022

Di sisi lain, tanda kelahiran smartphone pertama Nothing mulai terlihat. Informasi ini diketahui dari situs resmi Nothing yang sudah memajang pengumuman.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (9/6/2022), smartphone pertama Nothing yang diberi nama phone (1) akan diumumkan pada 12 Juli. Peluncuran bakal digelar lewat event di London dan disiarkan secara streaming.

Tak banyak informasi yang diungkapkan Nothing, tapi event ini bertajuk 'Return to Instinct'. Meski tidak secara langsung menggambarkan event ini, tajuk itu disebut merujuk pada desain minimalis yang diusung oleh Nothing phone (1) dan Nothing OS.

Ada kemungkinan Nothing juga akan memperkenalkan produk lain bersama dengan debut smartphone besutannya ini. Sebab, CEO Nothing Carl Pei menyebut Nothing merupakan perusahaan ekosistem.

Untuk diketahui, kehadiran smartphone pertama Nothing ini sebenarnya sempat diungkap pada Maret 2022. Lewat live streaming bertajuk "The Truth", Carl Pei mengonfirmasi HP Android pertama buatan mereka akan dirilis pada musim panas 2022.

Ketika itu, Carl Pei menyebut ponsel pertamanya ini bernama "phone (1)" dan beroperasi menggunakan UI berbasis Android yang diberi nama Nothing OS.

Sayang, Pei tidak mengungkap apapun tentang spesifikasi HP Android tersebut. Dirinya lebih fokus menjelaskan tentang Nothing OS, mulai dari tampilan hingga fitur.

Nothing OS di phone (1) dirancang khusus untuk memberikan pengalaman yang cepat, mulus, dan personal bagi penggunannya. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)