Sukses

10 Fitur Andalan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G untuk Memotret di Kondisi Minim Cahaya

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S22 Series 5G diklaim mampu mengabadikan foto dengan hasil ala bidikan fotografer profesional berkat pro-grade camera yang kaya fitur.

Salah satunya adalah sanggup memotret atau merekam video di kondisi low light atau minim cahaya dengan hasil yang detail dan bebas noise.

Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan fitur Nightography memungkinkan pengguna bisa merekam foto dan video dengan jernih, minim noise, dan tajam di kondisi cahaya rendah.

Verry menjelaskan hal tersebut dilakukan lewat perpaduan 2.4µm pixel sensor, kamera 108MP, teknologi Nona-Binning, prosesor Snapdragon 8 gen 1 (4 Nm), hingga image signal processor (ISP) berbasis kecerdasan buatan (AI).

"Dalam cahaya redup, misalnya, lensa Galaxy S22 Ultra 5G otomatis beralih dari lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP. Atau, menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan,” ucap Verry melalui keterangan tertulisnya, Senin (27/6/2022).

Selain itu, algoritma AI yang cerdas mampu menganalisis tiap frame dan menciptakan detail dan warna yang lebih jernih dengan menyerap cahaya yang ditangkap dari kamera.

Lebih jelasnya, berikut 10 fitur Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa digunakan untuk memotret objek di kondisi low light.

1. Nightography

Flash memang bisa membantu mendapatkan sumber cahaya lebih untuk menciptakan foto atau video yang lebih terang di kondisi low light.

Namun, untuk mendapatkan cahaya maksimal dan lebih natural, pengguna Galaxy S22 Series 5G hanya perlu mengandalkan fitur Nightography yang akan memastikan bahwa foto dan video yang ditangkap di malam hari tampil begitu terang.

2. Night Mode

Cara termudah untuk memotret objek (mobil bersama model, misalnya) menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G adalah menggunakan Night Mode.

Dengan mode ini pengguna bisa menangkap keindahan lampu yang menerpa mobil, termasuk ekspresi model dengan jernih dan hasilnya tampak lebih profesional.

Berkat teknologi 12-bit HDR, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mengumpulkan data warna 64 kali lebih banyak. Dengan demikian foto dan video terlihat lebih vivid, bahkan di kondisi backlight sekali pun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Mode Portrait

Mode Portrait di Galaxy S22 Ultra 5G mampu menangkap gambar detail, sambil tetap mempertahankan warna, fokus, serta menghilangkan noise dengan optimal. Jadi, pengguna bisa lebih bebas memilih angle serta ekspresi model terbaik.

Mode Portrait di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map. Gunanya untuk menampilkan objek lebih baik dengan bokeh mumpuni, serta detail-detail terkecil yang tajam dan jernih dibantu oleh algoritma AI.

4. Lensa Wide, Tele, Hingga Zoom

Pengguna Galaxy S22 Ultra 5G memiliki keleluasaan untuk memotret dari banyak angle dengan memanfaatkan kamera utama 108MP, ultra-wide 12MP, atau dua kamera tele 10 MP.

Terkadang hasil foto dramatis muncul tidak sengaja. Manfaatkan juga kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom yang bisa menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto.

Bahkan, teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100x dengan kualitas gambar yang tetap baik. Tipsnya, ambil foto sebanyak mungkin, manfaatkan momen yang tidak terulang.

5. Pro Mode

Jika punya banyak waktu, silahkan bereksperimen menggunakan Pro Mode di Galaxy S22 Ultra 5G. Atur bukaan, ISO, hingga kecepatan shutter sesuai keinginan. Ingin gambar yang lebih terang dan detail, atau sedikit gelap namun dramatis.

Sesuaikan juga white balance kamera untuk membuat foto lebih hangat atau malah sejuk. Bahkan, jika perlu, atur fokus kamera secara manual.

6. Optical Image Stabilization

Super Steady System di Galaxy S22 Ultra 5G memudahkan pengguna membuat video sinematik yang tidak goyang/shaky.

Sementara untuk pemotretan, fitur Optical Image Stabilization (OIS) menjaga hasil foto mobil dan model tetap fokus di kondisi pencahayaan rendah.

Dengan demikian, kamera bisa menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya.

3 dari 4 halaman

7. Expert RAW

Tidak ada salahnya menggunakan format foto RAW (16 bit) untuk memotret. Memang file fotonya lebih besar, tapi pengguna bisa mendapat kontrol penuh dalam saat mengedit foto. Sebab, format foto RAW merekam lebih banyak data.

Selanjutnya, foto RAW bisa langsung diedit di Galaxy S22 Ultra 5G menggunakan aplikasi editing profesional seperti Adobe Lightroom.

Aplikasi tersebut sudah terintegrasi dalam fitur Expert RAW di ponsel. Hal ini menciptakan pengalaman layaknya menggunakan DSLR dan memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih akan proses kreatif dalam memotret.

8. Super Night Resolution

Jika ingin membuat video untuk TikTok atau Instagram Reels di kondisi low light, Super Night Resolution di Galaxy S22 Ultra 5G akan meningkatkan FPS dan shutter speed, sambil menyesuaikan kondisi cahaya untuk mendapat tingkat kecerahan dan detail yang lebih baik di tiap video, dengan menggabungkan berbagai frame untuk mendapatkan resolusi lebih baik.

9. Multi Object Tracking

Selain itu, teknologi Multi Object Tracking yang didukung auto frame rate yang lebih besar di Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus lebih cepat di kondisi low-light sekali pun.

Dukungan sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI membuat fokus lebih cepat. Ini sebabnya video yang direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G sudah siap untuk dibagikan ke media sosial tanpa perlu terlalu banyak diedit.

10. Object Eraser

Fitur unik Galaxy S22 Ultra 5G lainnya adalah Object Eraser. Ketika sudah mendapatkan ekspresi model dan angle yang pas, namun latar belakang ada subjek manusia yang mengganggu.

Maka, memanfaatkan Object Eraser. Masuk ke editing foto, lalu sentuh Object Eraser, dan pilih bagian yang ingin dihilangkan. Objek yang tidak diinginkan bisa dihilangkan dan foto menjadi lebih epic.

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)