Sukses

Cloudflare Down, Discord dkk Ikut Tumbang

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah website terkemuka tumbang pada Selasa, 21 Juni 2022. Salah satu layanan yang tidak bisa diakses adalah Discord down.

Tumbangnya berbagai website terkenal ini disebabkan karena layanan DNS Cloudflare down secara luas.

Mengutip Dawn, Selasa (21/6/2022), dalam pernyataannya, Cloudflare mengkonfirmasi bahwa layanannya telah tumbang.

"Insiden P0 kritis diumumkan sekitar pukul 06:34 UTC. Konektivitas di jaringan Cloudflare terganggu di wilayah luas," kata pihak Cloudflare, mengumumkan layanannya telah tumbang.

Pihak Cloudflare mengaku telah mencoba menjangkau situs Cloudflare di wilayah yang terdampak dan mengamati adanya 500 errors.

"Insiden tersebut berdampak pada semua layanan data di jaringan kami," kata pihak Cloudflare.

Cloudflare menambahkan, saat ini pihaknya tengah menerapkan perbaikan dan memastikan akan terus meng-update masalah ini kepada para pengguna.

Sekitar satu jam setelah masalah teridentifikasi, layanan penyedia DNS Cloudflare pun mencuit bahwa insiden telah teratasi.

Ada pun layanan-layanan website dan platform yang terdampak tumbangnya Cloudflare adalah Samaa.tv, Discord, Omegle, DoorDash, Crunchyroll, Feedy, Zerodha, Medium.com, hingga situs berita Register, Upstox, hingga SocialBlade. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apa Itu DNS?

Sekadar informasi, server DNS adalah sistem penamaan dan desentralisasi untuk komputer, layanan, atau sumber daya lain yang terhubung ke internet atau jaringan pribadi. DNS berfungsi untuk mengaitkan berbagai informasi dengan nama domain yang ditetapkan untuk masing-masing entitas.

Domain Name System alias DNS menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP bagi komputer, saat pengguna mengakses sebuah website.

Dengan kata lain, fungsinya untuk mengubah URL menjadi angka agar komputer bisa memahami permintaan user untuk mengakses sebuah website.

3 dari 3 halaman

Discord Pernah Down

Sebelumnya, pengguna Spotify dan Discord di berbagai belahan dunia sempat mengeluhkan layanan Discord dan Spotify down, Rabu (9/3/2022) dini hari.

Pengguna Spotify mengeluhkan layanannya ter-logout sendiri. Bahkan topik tentang Spotify sempat menjadi trending topic di linimasa Twitter.

Rupanya tumbangnya layanan Spotify dan Discord memang bukan disebabkan oleh koneksi internet. The Verge mengungkap, Discord dan Spotify down juga tak disebabkan karena adanya masalah pada DNS dan Amazon Web Services (AWS).

Menurut informasi dari Discord, setelah me-restart layanan streaming-nya untuk memperbaiki gangguan, sebuah masalah baru menyebabkan kegagalan API.

Sementara, setelah beberapa waktu layanannya kembali normal, akun Twitter Spotify men-tweet, tumbangnya Spotify terkait dengan kesalahan komponen Google Cloud yang tidak berfungsi dan harus mereka rutekan.

Spotify tidak merinci ada kesalahan komponen apa pada Google Cloud, namun berdasarkan studi kasus yang diunggah Google Cloud, terungkap pihaknya mengalami masalah mendadak pada Spotify dan Discord.

Halaman status Google Cloud menyebutkan, update glitchy ke komponen Traffic Director pada saat kedua layanan bermasalah mungkin jadi penyebab utama tumbangnya Spotify dan Discord.

"Masalah dengan Traffic Director telah dikonfirmasi. (Setelah perbaikan) pelanggan kini dapat mulai menggunakan Traffic Director. Kami telah mengidentifikasi kemungkinan akar masalah dan akan menerbitkan Incident Report dalam beberapa hari ke depan," kata pihak Google Cloud.

(Tin/Ysl)