Sukses

Gamer Bisa Main Game Xbox di TV Samsung Tanpa Harus Pakai Konsol

Sama seperti ketika mengakses Xbox Game Pass di PC atau konsol, kamu dapat langsung bermain game di smart TV dengan cukup login ke akun Microsoft di aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft berencana untuk meluncurkan aplikasi Xbox, yang memungkinkan pengguna monitor dan smart TV Samsung bermain game Xbox tanpa harus pakai konsol.

Cukup berlangganan Xbox Game Pass Ultimate, gamer dapat streaming ke 100 lebih judul game di pustaka Xbox lewat smart TV Samsung via cloud yang didukung oleh hardware Xbox Series X.

Sama seperti ketika mengakses Xbox Game Pass di PC atau konsol, kamu dapat langsung bermain game di smart TV dengan cukup login ke akun Microsoft di aplikasi.

Menariknya, gamer tidak perlu harus memiliki kontroler khusus Xbox untuk bermain game di smart TV.

Microsoft dan Samsung sudah memastikan pengguna juga dapat bermain game di smart TV menggunakan berbagai tipe kontroler, mulai dari milik Xbox, DualSense dan DualShock 4, dan banyak lagi.

<p>Main Game Xbox tanpa konsol di smart TV Samsung via cloud. (Doc: Microsoft)</p>

Gamer hanya perlu menghubungkan kontroler mereka via Bluetooth, dan sudah bisa langsung bermain game Xbox.

Sayangnya, Microsoft masih belum meningkatkan resolusi streaming menjadi 4K, sehingga game akan dibatasi hingga streaming 1080p pada 60fps.

Informasi, masih belum diketahui apakah aplikasi Xbox TV ini juga akan tersedia di TV lawas Samsung atau merek lainnya.

“Kami menghadirkan aplikasi Xbox ke smart TV Samsung terlebih dahulu, dan mengeksplorasi kemitraan TV lainnya sebagai bagian dari evolusi berikutnya dalam visi kami,” jelas Ashley McKissick, corporate vice president of Xbox gaming experiences and platforms.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Rilis di Indonesia?

<p>Main Game Xbox tanpa konsol di smart TV Samsung. (Doc: Microsoft)</p>

Aplikasi Xbox TV ini akan mulai tersedia di hub gaming Samsung pada 30 Juni 2022 di 27 negara, sebagaimana dikutip dari The Verge, Minggu (12/6/2022).

Apakah Indonesia termasuk salah satu dari 27 negara tersebut? Liputan6.com pun berusaha untuk menghubungi tim Samsung Indonesia dan Microsoft Xbox terkait hal ini.

Namun dari wawancara dengan tim Xbox beberapa waktu lalu, Microsoft tampaknya ingin lebih fokus terhadap layanan PC Games Pass yang baru dirilis di wilayah Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina).

Oleh karena itu, seperti gamer di Tanah Air masih harus bersabar untuk dapat menikmati main game Xbox di smart TV ini.

3 dari 4 halaman

Daftar Xbox Game Pass Juni 2022

<p>Deretan game yang akan hadir ke dalam pustaka Xbox Game Pass Juni 2022. (Doc: Xbox)</p>

Microsoft akan menambahkan sejumlah game baru ke dalam layanan berlangganan mereka, yaitu PC dan Xbox Game Pass Juni 2022.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, deretan judul yang menyambangi pemain konsol Xbox dan PC Windows ini akan dibagi dalam dua bagian.

Nantinya, pada pertengahan bulan Microsoft akan menambahkan judul-judul game baru lainnya ke dalam deretan Game Pass ini.

Nah untuk paruh pertama Xbox dan PC Game Pass Juni 2022 ini, perusahaan telah menyiapkan enam judul game patut menjadi pilihan.

Dikutip dari laman web Xbox, Kamis (2/6/2022), berikut adalah game-game yang akan hadir di Xbox Game Pass Juni 2022.

  • For Honor: Marching Fire Edition (Kosol, PC, Cloud) — 1 Juni
  • Ninja Gaiden: Master Collection (Konsol dan PC) — 2 Juni
  • Assassin's Creed Origins (Konsol, PC, Cloud) — 7 Juni
  • Chorus (Cloud, Konsol, dan PC) – 7 Juni
  • Disc Room (Cloud, Konsol, dan PC) – 7 Juni 7

Informasi, gamer juga masih berkesempatan untuk men-download dan memainkan sejumlah game yang ditambahkan ke pustaka pada bulan Mei kemarin, seperti :

  • Jurassic World Evolution 2 (Cloud, Konsol, PC) – 17 Mei
  • Her Story (PC) – 17 Mei
  • Little Witch in the Woods (Game Preview) (Konsol, PC) – 17 Mei
  • Skate (Cloud) – 17 Mei
  • Umurangi Generation Special Edition (Cloud, Konsol, PC) – 17 Mei
  • Farming Simulator 22 (Cloud, Konsol, PC) – 19 Mei
  • Vampire Survivors (PC) – 19 Mei
  • Floppy Knights (Cloud, Konsol, PC) – 24 Mei
  • Hardspace: Shipbreaker (PC) – 24 Mei
  • Sniper Elite 5 (Konsol, PC) – 26 Mei
  • Cricket 22 (PC) – 27 Mei
  • Pac-Man Museum (Konsol, PC) – 27 Mei

Selain menambahkan deretan game ke PC dan Xbox Game Pass, Microsoft juga akan menghapus beberapa judul dari pustaka digital mereka.

Adapun game-game yang akan hengkang dari Xbox dan PC Game Pass, antara lain Darkest Dungeon, Dungeons & Dragons: Dark Alliance, Greedfall, Limbo, dan Worms Rumble.

4 dari 4 halaman

Alasan Kenapa Baru Rilis PC Game Pass di Indonesia

Microsoft akhirnya secara resmi meluncurkan layanan PC Game Pass mereka di Indonesia untuk pertama kalinya pada hari ini.

Informasi, PC Game Pass merupakan layanan berlangganan dimana gamer dapat menikmati ke lebih dari 100 judul game yang tersedia di pustaka milik Microsoft.

"Kami sangat senang akhirnya bia memboyong pustaka lebih dari 100 judul game dari Xbox Studio, Bethesda, EA Play, dan studio game lainnya ke Indonesia," ucap Jeremy Hinton, Xbox Asia Business Lead saat wawancara dengan tim Liputan6.com baru-baru ini.

Seperti yang sudah kamu ketahui, Microsoft sebelumnya meluncurkan pratinjau PC Game Pass bagi sejumlah gamer di Indonesia.

Kini, seluruh gamer di Tanah Air sudah bisa berlangganan dan menikmati layanan PC Game Pass dengan harga bulanan yang terjangkau.

Jeremy mengatakan, Xbox memang sudah lama berencana untuk merilis PC Game Pass di Indonesia tetapi saat itu fokus untuk menghadirkan pengalaman terbaik layanan ini ke player di Tanah Air.

"Kami mendengarkan feedback dari player dan tidak ingin meluncurkan layanan yang belum siap, karena itu butuh waktu yang lama."

Jeremy mengakui, banyak player yang menanyakan kapan PC Game Pass hadir di negara mereka. "Kini dengan bangga kami menjawab itu dengan peluncuran layanan hari ini."

Sayangnya, Jeremy masih sungkan mengungkap kapan layanan Xbox Game Pass akan secara resmi masuk ke Indonesia. "Ditunggu saja kabar selanjutnya, kita fokus di PC dulu," ucapnya.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini