Sukses

Nothing Siap Rilis Smartphone Perdana di 12 Juli 2022

Nothing resmi mengumumkan akan meluncurkan smartphone perdananya pada 12 Juli 2022 lewat event yang digelar di London.

Liputan6.com, Jakarta - Tanda kelahiran smartphone pertama Nothing mulai terlihat. Informasi ini diketahui dari situs resmi Nothing yang sudah memajang pengumuman.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (9/6/2022), smartphone pertama Nothing yang diberi nama phone (1) akan diumumkan pada 12 Juli. Peluncuran bakal digelar lewat event di London dan disiarkan secara streaming.

Tak banyak informasi yang diungkapkan Nothing, tapi event ini bertajuk 'Return to Instinct'. Meski tidak secara langsung menggambarkan event ini, tajuk itu disebut merujuk pada desain minimalis yang diusung oleh Nothing phone (1) dan Nothing OS.

Ada kemungkinan Nothing juga akan memperkenalkan produk lain bersama dengan debut smartphone besutannya ini. Sebab, CEO Nothing Carl Pei menyebut Nothing merupakan perusahaan ekosistem.

Untuk diketahui, kehadiran smartphone pertama Nothing ini sebenarnya sempat diungkap pada Maret 2022. Lewat live streaming bertajuk "The Truth", Carl Pei mengonfirmasi HP Android pertama buatan mereka akan dirilis pada musim panas 2022.

Ketika itu, Carl Pei menyebut ponsel pertamanya ini bernama "phone (1)" dan beroperasi menggunakan UI berbasis Android yang diberi nama Nothing OS.

Sayang, Pei tidak mengungkap apapun tentang spesifikasi HP Android tersebut. Dirinya lebih fokus menjelaskan tentang Nothing OS, mulai dari tampilan hingga fitur.

Nothing OS di phone (1) dirancang khusus untuk memberikan pengalaman yang cepat, mulus, dan personal bagi penggunannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur di Nothing OS

Lebih lanjut, Carl Pei juga menyebutkan Nothing OS akan menghadirkan font, warna, elemen grafis, dan suara yang berbeda dari OS-nya.

Dalam presentasinya, dia juga mengatakan Nothing OS akan mendapatkan upgrade hingga 3 tahun dan pembaruan keamanan OS hingga 3 tahun mendatang.

Walau ponsel Nothing baru akan diluncurkan pada akhir tahun ini, pengguna dapat mencoba Nothing OS lebih awal lewat laucher-nya mulai April 2022. 

Sebelumnya, leaker terkenal bernama Evan Blass (@evleaks) membagikan sebuah foto memperlihatkan Carl Pei sedang memamerkan ponsel pertamannya tersebut.

Beberapa pihak meyakini, foto tersebut diambil saat gelaran acara MWC 2022. Hal ini sesuai dengan kabar Carl Pei membawa ponsel tersebut dalam ajang tahunan di Barcelona itu.

Namun, ponsel Nothing itu tidak terlihat jelas dalam gambar. Akan tetapi, masih dapat terlihat panel belakang ponsel berwarna hitam dengan modul kamera melingkar.

3 dari 5 halaman

Nothing Bentukan Pendiri OnePlus Akhirnya Rilis Produk Perdana

Nothing, perusahaan bentuk Co-Founder OnePlus, Carl Pei akhirnya mengumumkan produk perdananya. Adapun produk tersebut merupakan TWS (true wireless stereo) yang diberi nama Ear (1).

Dikutip dari The Verge, Minggu (1/8/2021), Ear (1) dari perusahaan besutan Carl Pei ini tampil unik sebab memiliki bodi yang transparan. Jadi, komponen yang ada di dalam aksesoris ini dapat terlihat.

Adapun bentuknya secara keseluruh sedikit mengingatkan dengan AirPods Pro milik Apple. TWS ini memiliki driver 11,6mm dan ditunjang software maupun hardware yang disetel Teenage Engineering asal Swedia.

 

4 dari 5 halaman

Fitur dan Kemampuan

Untuk kemampuannya, Ear (1) dibekali fitur ANC (Active Noise Cancelling). Nothing menjelaskan aksesoris ini dapat bertahan hingga 34 jam dengan sokongan dari charging case, sedangkan untuk earphone-nya sendiri dapat bertahan 5,7 jam tanpa fitur ANC.

Untuk pengisian, charging case Ear (1) mendukung port USB Type-C dan pengisian daya nirkabel berbasis Qi. Untuk navigasi, TWS ini hadir dengan fungsi ketuk dan gestur.

Nothing menyediakan aplikasi pendamping yang dapat digunakan untuk mengatur EQ dan menawarkan fitur Find my Earbud. TWS ini mendukung Bluetooh 5.2 dan sudah mendapat sertifikasi IPX4.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.