Sukses

Produksi iPhone 14 Max Bakal Tertunda Akibat Lockdown di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan dari Nikkei Asia menyebut, produksi dari salah satu modelĀ iPhone 14 akan mengalami penundaan akibat adanya lockdown (karantina wilayah) untuk pengendalian Covid-19 di Tiongkok.

Mengutip 9to5mac, Sabtu (28/5/2022), Nikkei Asia memberitakan, Apple telah meminta pemasoknya untuk mempercepat produksi iPhone baru itu, yang diperkirakan rilis di akhir tahun 2022.

Hal itu setelah beberapa pemasok Apple menangguhkan operasional mereka, akibat karantina wilayah terkait Covid-19.

Laporan Nikkei Asia mengungkapkan, akan ada salah satu model iPhone 14 yang dipengaruhi oleh penundaan uji verifikasi teknik (engineering verification test/EVT).

Proses ini adalah saat pemasok menyelesaikan semua bagian dan proses sebelum memulai produksi massal.

Jeff Pu, analis dri Haitong International Securities percaya, model yang terpengaruh ini adalah iPhone 14 Max. Ia juga menyebut produksinya kemungkinan bakal tertunda selama tiga pekan.

Untuk mengurangi dampak penundaan, Apple berencanamemulai produksi massal iPhone baru lebih awal daripada yang diharapkan.

Namun, produksi iPhone 14 Max, yang sebagian besar bakal dirakit oleh Pegatron, diperkirakan akan mulai pada akhir Agustus atau hanya beberapa pekan sebelum pengumuman model baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Masih Sesuai Rencana

Jeff Pu juga memperkirakan, Apple akan membuat 91 juta unit iPhone 14 di akhir tahun, meski terdapat penundaan produksi untuk model 14 Max. Namun, tidak diketahui apakah ini akan membuat Apple menunda pengumuman iPhone 14.

Sementara itu, analis Ming-Chi Kuo mengatakan, meski terdapat penundaan produksi, rencana pengiriman Apple untuk iPhone 14 masih akan sesuai rencana.

"Pemeriksaan saluran terbaru saya menunjukkan Apple tidak mengubah rencana pengiriman untuk model iPhone 14 sejak lockdown Shanghai," cuit Kuo di Twitter-nya.

"iPhone 14 Max tertinggal, tetapi masih terkendali saat ini, dan pemasok dapat bekerja lembur untuk mengejar jadwal," tulisnya seraya menambahkan, produksi iPhone 14 masih berada di jalurnya.

Menurutnya, tantangan untuk iPhone 14 akan datang dari sisi permintaan, bukan dari sisi suplai.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Chip A15

iPhone 14 sendiri diperkirakan akan hadir dalam empat model berbeda. Pertama adalah iPhone 14 6,1 inci; iPhone 14 Max 6,7 inci yang baru; iPhone 14 Pro 6,1 inci; dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci. Tidak ada varian "mini."

Menurut Ming-Chi Kuo, Apple juga mungkin akan melanggar tradisi pada tahun ini, dengan merilis beberapa model iPhone 14 menggunakan chip A15 yang sama dengan iPhone 13.

Sebelumnya, sebuah situs yang fokus pada Apple yaitu iDropNews, dikutip Senin (23/5/2022), mengaku mendapatkan bocoran Apple bakal menggelar Apple Event pada 13 September 2022.

Meski tanggal Apple Event dapat ditebak berdasarkan gelaran-gelaran sebelumnya, namun jadwal itu belumlah resmi karena masih bersifat rumor dan tidak diumumkan langsung oleh Apple.

Adapun, Apple Event juga menjadi ajang perusahaan teknologi Amerika Serikat ini, memperkenalkan perangkat-perangkat baru mereka, salah satunya adalah di lini iPhone.

4 dari 4 halaman

Rumor Jadwal Peluncuran iPhone 14

Mengutip Tech Radar, acara 13 September sendiri belum tentu menjadi peluncuran iPhone 14. Namun, karena Apple cenderung meluncurkan iPhone di hari Selasa bulan September, tanggal itu bisa jadi adalah waktunya.

iDropNews juga menyebutkan, apakah acara ini akan digelar secara daring atau tatap muka, sumber dari situs itu menyebut Apple belum memutuskannya.

Situs tersebut menambahkan, iPhone 14 kemungkinan bakal terlihat identik dengan iPhone 13. Selain itu, dia akan memiliki prosesor A15 meski sumbernya mengatakan kemungkinan mereka juga akan menerima A16.

iDropNews juga mengklaim, Apple Event 13 September 2022 akan menjadi ajang untuk memperkenalkan beberapa perangkat terbaru Apple seperti AirPods Pro 2, Apple Watch 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Extreme Edition.

(Dio/Ysl)