Sukses

Niagahoster Kolaborasi dengan 1.000 Startup Kemkominfo, Ajak UMKM Go Digital

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat usaha mikro, kecil, dan menengah/ UMKM go online agar bisa bertahan. Sayangnya, pengetahuan digital dari pelaku UMKM kerapkali masih sangat terbatas.

Untuk itulah, penyedia layanan hoster lokal Niagahoster terlibat aktif mengedukasi masyarakat Indonesia, termasuk pelaku UMKM dan startup pemula untuk memahami dunia digital lebih dalam lagi.

Dalam melaksanakan peran sebagai edukator, Niagahoster lewat Niagahoster Course mengadakan kursus online gratis mengenai berbagai topik seputar IT dan pemasaran digital dengan format video yang mudah dipahami dan diakses di mana saja.

Niagahoster juga punya program Niagahoster Event yang diadakan rutin guna membahas topik dan insight terbaru di berbagai platform online.

Head of Brand and Communication Team Niagahoster Ayunda Zikrina mengatakan, Niagahoster juga memiliki program pengembangan keahlian dan bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan di Indonesia. Menurutnya, semua dilakukan dengan gratis dan bisa diikuti siapa saja.

"Dengan kebutuhan pembinaan bagi pelaku UMKM dan startup digital yang kian tinggi, Development Program Niagahoster bekerja sama dengan 1.000 Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengadakan program pembinaan berupa kelas intensif bagi UMKM dan startup pemula," kata Ayunda.

Development Program Niagahoster membantu memastikan revelansi ilmu yang didapatkan di bangku pendidikan memiliki kesinambungan dengan kebutuhan di lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gelar Kelas Intensif

Sebagai akselerasi pengembangan talenta digital di Indonesia, Development Program Niagahoster berkolabirasi dengan program 1.000 Startup Digital Kemkominfo dan membuat kelas intensif.

Sekadar informasi, program 1.000 Startup Digital diinisiasi oleh Kemkominfo sejak 2016. Program ini jadi penggerak startup digital Inodnesia untuk saling terkoneksi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman.

1000 Startup Digital ini juga aktif membina talenta digital dengan program Sekolah Beta.

Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital Muhammad Faisal mengatakan, Program 1.000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster ini ditujukan bagi pemilik usaha, startup pemula, dan pelaku UMKM yang mau belajar dasar pengetahuan digital dan pentingnya go digital bagi usahanya.

Sekadar informasi, kegiatan program 1.000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster diselenggarakan 5 hari, pada 17-21 Mei 2022, menjadi pilot project pembinaan UMKM dan startup binaan 1000 Startup Digital di Kupang, NTT.

3 dari 3 halaman

Website hingga SEO

"Kelas intensif ini memberi bekal dan pembinaan agar bisa langsung menuangkan ke dalam praktik untuk membuat website bisnis atau company profile berbasis WordPress dan mengoptimasi website menggunakan Search Engine Optimization (SEO)," kata Faisal.

Selama program tersebut, peserta diberikan pendalaman materi tentang potensi Indonesia sebagai bangsa digital serta pentingnya keahlian dan pengetahuan digital, serta website sebagai aset digital.

"Indonesia punya potensi besar untuk menjadi digital nation, yang perlu dilakukan adalah membina talenta-talenta digital dengan baik ke seluruh penjuru negeri," katanya.

Program kelas intensif ini diharapkan bisa membuat peserta lebih paham tentang aset digital dan menjadi talenta digital berkualitas.

(Tin/Ysl)