Sukses

Dua HP Android Ini Akan Pakai Snapdragon 8 Plus Gen 1, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan kehadiran chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Disebutkan, seri Snapdragon 8 Plus Gen 1 menawarkan peningkatan dalam hal performa dan efisiensi di sektor daya ketimbang dari seri sebelumnya, yaitu SD 8 Gen 1.

Tak hanya memamerkan kemampuan chipset barunya, Qualcomm juga menyebutkan sejumlah vendor HP Android yang akan menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1 untuk ponsel mereka di Q3 2022.

Adapun 16 perusahaan yang dikonfirmasi akan menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1 ini, antara lain Asus, ROG, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Walau belum diketahui secara pasti kapan ponsel pertama dengan chipset baru Qualcomm itu dirilis, Asus telah mengumumkan akan memakai Snapdragon 8 Plus Gen 1 di ponsel barunya.

Dikutip dari akun Twitter ROG Global (@Asus_ROG), Selasa (24/5/2022), ROG Phone 6 akan menjadi ponsel gaming pertama buatan Asus dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sayangnya, perusahaan asal Taiwan tersebut masih belum mengumumkan kapan ROG Phone 6 dirilis. Perusahaan hanya menyebutkan, ponsel itu akan segera meluncur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ponsel dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1 Lainnya

Realme 9 Pro Plus Free Fire Limited Edition (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Selain Asus, vendor smartphone lain yang juga akan merilis ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 adalah Realme.

Hal ini diungkap oleh founder dan CEO Realme, Sky Li. Lewat akun Twitter-nya, dia mencuitkan Realme GT 2 Master Explorer Edition akan dilengkapi dengan chipset baru milik Qualcomm itu.

Realme GT 2 Master Explorer Edition rencananya akan diumumkan di Tiongkok, namun belum diketahui secara pasti apakah HP Android ini akan dijual ke pasar global.

Tahun lalu, GT Master Explorer meluncur secara eksklusif di Tiongkok dengan Snapdragon 870.

3 dari 4 halaman

Snapdragon 8 Plus Gen 1

<p>Qualcomm resmi umumkan kehadiran Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. (Doc: Qualcomm)</p>

Snapdragon 8 Plus Gen 1 merupakan chipset dengan peningkatan daya dan kinerja agar pengalaman menggunakan perangkat meningkat.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan pilihan fitur dan teknologi kelas atas, serta memperluas akses bagi pengguna ponsel di kelas menengah.

“Fokus utama kami adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, dan untuk perangkat unggulan pelanggan kami,” ungkap Christopher Patrick, Senior Vice President and General Manager, Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Dia menambahkan, "Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke roadmap mobile kami."

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim akan memberikan dorongan luar biasa untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di semua perangkat pengguna, dan memaksimalkan kemampuan bermain game sepanjang hari.

Adapun HP Android yang akan memakai chipset baru Qualcomm ini, termasuk ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Rencananya, ponsel-ponsel ini akan mulai dijual dan tersedia di pasaran pada Q3 2022 mendatang.

4 dari 4 halaman

Tawarkan Peningkatan Snapdragon Elite Gaming

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Seperti seri Snapdragon 8 sebelumnya, varian Plus ini akan menawarkan fitur-fitur Snapdragon Elite Gaming sehingga mampu menawarkan tingkat respons yang sangat cepat.

Tak hanya itu, tampilan HDR pun akan ditingkatkan hingga memiliki kualitas visual tertinggi dan kemampuan kelas dekstop.

Dengan kemampuan Qualcomm Adreno GPU yang ditingkatkan Snapdragon 8 Plus memberikan peningkatan kecepatan hingga 10 persen dan 30 persen pengurangan daya untuk memberikan pengalaman gameplay terbaik.

Dengan peningkatan dan efisiensi daya tambahan, pengguna dapat merasakan waktu gameplay tambahan hinggga 60 menit.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga dilengkapi Qualcomm Kryo CPU dengan pemrosesan hingga 10 persen lebih cepat dan peningkatan efisiensi daya hingga 30 persen.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 menghadirkan teknologi Snapdragon Sight terbaru, seperti perekaman video HDR 8K untuk meningkatkan videografi smartphone.

Kemampuan tersebut mampu menangkap menggunakan format HDR10+ premium yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, perusahaan juga menyertakan Snapdragon Smart yang ditenagai oleh7th Gen Qualcomm AI Engine dengan kinerja per Watt hingga 20 persen lebihbaik untuk memungkinkan penggunaan AI untuk efek bokeh legendaris Leica Leitz.

(Ysl/Isk)