Sukses

EA Garap Game Mobile The Lord of the Rings Anyar, Bakal Tes Beta Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Electronic Arts (EA) bakal kembali menggarap gim dari waralaba populer The Lord of The Rings (LOTR). Kali ini, gim tersebut bakal hadir dalam untuk platform seluler (mobile) secara gratis.

Sebagai informasi, gim LOTR terakhir yang digarap oleh EA adalah The Lord of the Rings: Conquest yang dirilis pada tahun 2009.

Untuk proyek ini, EA, melalui laman resminya dikutip Rabu (11/5/2022), telah mengumumkan kemitraannya dengan Middle-earth Enterprises, divisi dari The Saul Zaentz Company (SZC).

Gim mobile terbaru yang tengah dikembangkan oleh EA sendiri akan berjudul The Lord of the Rings: Heroes of Middle-Earth dan berjenis Collectible Role-Playing Game (RPG).

EA menyebut, gim ini akan "menghadirkan fantasi dan petualangan The Lord of the Rings kepada penggemar yang sudah ada dan penonton baru dalam pengalaman kompetitif sosial yang strategis."

Malechi Boyle, Vice President Mobile RPG, EA mengatakan, mereka bersemangat untuk bekerja sama dengan The Saul Zaentz Company dan Middle-earth Enterprises untuk gim RPG mobile ini.

"Tim ini dipenuhi oleh penggemar The Lord of the Rings dan The Hobbit dan setiap hari mereka menyatukan semangat dan bakat luar biasanya untuk memberikan pengalaman autentik bagi para pemain," kata Boyle.

Sementara, Fredrica Drotos, Chief Brand & Licensing Officer untuk Middle-earth Enterprises SZC mengatakan, adalah kehormatan untuk bekerja dengan tim EA Capital Games.

"Kami sangat senang bisa bermitra dengan EA sekali lagi, kali ini untuk menghadirkan game mobile yang terinspirasi oleh Middle-earth seperti yang dijelaskan dalam karya sastra J.R.R. Tolkien kepada para penggemarnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Uji Coba Beta Tahun Ini

Mengingat ini masih pengumuman pertama, belum diungkapkan seperti apa tampilan atau gameplay, maupun teaser, dari gim tersebut.

Menurut EA, The Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth akan menampilkan cerita yang imersif, turn-based combat, sistem koleksi yang mendalam, serta banyak karakter dari semesta LOTR dan The Hobbit.

Untuk proyek ini, tim yang akan bekerja adalah Capital Games. Gim ini pun diklaim sebagai mobile game pertama EA, yang terinspirasi dari alur cerita, lokasi, karakter, dan pengetahuan soal LOTR dan The Hobbit.

Capital Games adalah studio di balik gim Collectible RPG yang rilis di 2015 yaitu Star Wars: Galaxy of Heroes.

Lebih lanjut, The Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth diperkirakan akan memasuki uji coba fase beta regional secara terbatas, pada musim panas tahun 2022 ini.

Berdasarkan keterangan resminya, gim ini kemungkinan akan memiliki sistem gacha karena menurut EA, mereka juga akan menyertakan pembelian dalam gim, termasuk untuk item-item acak.

Dikutip dari Engadget, Warner Bros. Interactive Entertainment, NetEase, dan Glu Mobile yang sudah dibeli oleh EA tahun lalu, adalah beberapa publisher yang merilis gim LOTR untuk perangkat seluler.

Tahun ini juga, gim action-adventure The Lord of the Rings: Gollum dari Daedalic direncanakan untuk rilis. Serial Amazon, The Lord of the Rings: The Rings of Power juga akan tayang mulai 2 September 2022.

3 dari 4 halaman

Blizzard Umumkan Game Mobile Warcraft

Di sisi lain, Blizzard secara resmi mengumumkan gim seluler atau mobile mereka, yang merupakan bagian dari waralaba populernya Warcraft yaitu Warcraft Arclight Rumble.

Blizzard tampaknya mengusung konsep yang lebih ringan untuk game mobile Arclight Rumble, dengan menghadirkan karakter-karakter Warcraft dalam tampilan yang lebih imut-imut.

Selain itu, di Warcraft Arclight Rumble, Blizzard juga menghadirkan elemen tower-defense dalam gim yang akan tersedia secara gratis atau free-to-play untuk Android dan iOS ini.

Mengutip The Verge, Jumat (6/5/2022), di gim ini pemain akan memilih salah satu dari lima jenis pemimpin atau Leader dari dunia Warcraft, untuk memimpin pasukan atau "mini" dalam pertempuran.

4 dari 4 halaman

Warcraft Arclight Rumble Buka Praregistrasi di Android

Dalam laman resminya, Blizzard mengungkapkan beberapa Leader tersebut di antaranya adalah pimpinan klan Warsong Grommash Hellscream, serta Archmage Jaina Proudmoore.

Pemain bisa bermain dalam mode PvE (Player Versus Environment) dan PvP (Player Versus Player), mendapatkan gold untuk membuat tentara yang lebih kuat demi menyelesaikan tugas seperti mengalahkan bos penyerbu.

"Setiap misi pemain tunggal menyajikan teka-teki strategisnya sendiri yang berbeda untuk dipecahkan, dan pemain harus gesit menyesuaikan taktik mereka secara real-time demi mengatasi tantangan menegangkan ini," tulis Blizzard.

Warcraft Arclight Rumble sendiri sudah membuka masa praregistrasi untuk versi beta di laman resminya. Pengguna Android juga sudah bisa mendaftar lewat Google Play Store.

Sementara, untuk pengguna iOS, masih harus menunggu informasi lebih lanjut untuk versi beta dari gim ini tersedia di App Store. Blizzard juga belum mengumumkan tanggal peluncuran resmi.

(Dio/Ysl)