Sukses

Genshin Impact Versi Nintendo Switch Disebut Masih dalam Pengembangan

Liputan6.com, Jakarta - Genshin Impact saat ini merupakan salah satu gim Role Playing Game (RPG) paling populer di dunia, dan sudah hadir di berbagai platform mulai dari seluler hingga konsol.

Meskipun begitu, salah satu perangkat yang belum disambangi oleh gim besutan HoYoverse alias miHoYo ini, adalah Nintendo Switch.

Baru-baru ini, kepada Go Nintendo, developer asal Tiongkok ini akhirnya mengungkapkan bahwa versi Genshin Impact untuk perangkat Switch masih dalam tahap pengembangan.

"Versi Switch masih dalam pengembangan, dan kami akan merilis lebih banyak informasi seiring dengan progres ke depannya," kata Xin Yang, Global PR Specialist miHoYo, mengutip Nintendo Life, Selasa (10/5/2022).

Konfirmasi kehadiran Genshin Impact untuk Nintendo Switch sendiri sudah diungkapkan di awal 2020. Namun sejak saat itu, tidak ada pembaruan informasi resmi untuk itu.

Nintendo Life mengabarkan, sebuah rumor di bulan Mei 2021 mengklaim, versi Switch dari Genshin Impact kemungkinan bakal tertunda karena adanya masalah teknis.

Klaim ini disebarkan oleh Genshin Report, akun Twitter yang berfokus pada berita dan bocoran Genshin Impact.

Mereka menyebut, versi Nintendo dari gim kemungkinan akan hadir di 2021, meskipun ada masalah dengan "perangkat keras yang lebih lemah."

Dalam cuitan lanjutan, Genshin Report menyebut gim ini mungkin akan mundur lebih lama, dan dapat berakhir sebagai "eksklusif Switch Pro" atau untuk model Switch yang lebih baru, yang dirumorkan untuk sementara waktu saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Genshin Impact Tunda Update 2.7

Menurut DualShockers, ini juga bukan pertama kalinya tersebar rumor tentang versi Switch dari Genshin Impact, yang tertunda karena masalah teknis.

Kabarnya, kemunduran sebelumnya kemungkinan terkait dengan "implementasi transaksi mikro (microtransaction)" dan masalah lain seperti kompatibilitas eShop. 

Di sisi lain, Hoyoverse, baru saja mengumumkan untuk menunda peluncuran update atau pembaruan ke versi 2.7.

Sebelumnya, update Genshin Impact versi 2.7 ini dijadwalkan akan meluncur pada 10 Mei 2022. Namun baru-baru ini, pengembang memposting informasi terkait pembaruan tersebut.

Mereka tidak menyebutkan alasan spesifik kenapa menunda peluncuran update Genshin Impact versi 2.7. Namun perwakilan Hoyoverse mengatakan kepada Polygon, penundaan ini terjadi karena ada kendala dalam pengembangan proyek.

"Kami akan memberikan informasi terkait kepada Traveler sesegera mungkin. Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” ucap juru bicara Hoyoverse, sebagaimana dikutip dari Polygon

3 dari 4 halaman

Disebut karena Kasus Covid-19

Banyak yang meyakini, penundaan update versi 2.7 ini terjadi karena meningkatnya kasus Covid-19 di Tiongkok, khususnya di Shanghai, tempat kantor Hoyoverse alias miHoYo berada.

Karena hal tersebut, pemerintah Tiongkok kembali menerapkan lockdown ketat di beberapa kota sejak awal April 2022.

Informasi, konten Genshin Impact memang biasanya digulirkan sesuai dengan jadwal yang sudah diumumkan sebelumnya. Secara umum, gim ini mendapatkan update setiap minggu dan berisi dua banner tiga mingguan di setiap pembaruan.

Belum ada pengumuman resmi untuk karakter di banner atau konten baru berikutnya yang muncul di update 2.7. Namun, sepertinya Hoyoverse akan memperkenalkan Yelan, karakter baru dengan busur air bintang lima.

 

4 dari 4 halaman

Yelan dan Kuki Shinobu

MiHoYo sendiri baru saja mengungkap dua karakter baru yang akan muncul bersamaan dengan update Genshin Impact 2.7 mendatang. Adapun kedua karakter baru di Genshin Impact itu adalah Yelan dan Kuki Shinobu.

Berdasarkan penjelasan pengembang di akun Twitter Genshin Impact, Selasa (29/3/2022), Yelan akan tampil sebagai karakter dengan tipe Hydro (air).

Perusahaan mengambarkan, Yelan sebagai sosok wanita misterius dan mengaku bekerja di Ministry of Civil Affairs. Sedangkan Kuki Shinobu adalah wakil pemimpin Geng Arataki. Berikut ini adalah penjelasan profil Yelan dan Kuki Shinobu.

Walau sudah mengumumkan kehadiran dua karakter baru tersebut. miHoYo masih belum mengungkap kapan Yelan dan Kuki Shinobu tampil di dalam game Genshin Impact.

(Dio/Ysl)