Sukses

Harga Samsung Galaxy A03 Terkini di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Saat kali pertama meluncur di Indonesia pada awal tahun 2022, harga Samsung Galaxy A03 adalah Rp 1.599.000 untuk varian RAM 3GB/ROM 32GB, sedangkan varian RAM 4GB/ROM 64GB dijual Rp 1.799.000.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di sejumlah e-commerce, Jumat (6/5/2022), harga Galaxy A03 terbaru terbilang stabil dan nilainya tidak turun terlampau jauh.

Saat ini Samsung Galaxy A03 varian RAM 3GB/ROM 32GB dijual mulai Rp 1,4 jutaan, sedangkan untuk model RAM 4GB/ROM 64GB dibanderol mulai Rp 1,6 jutaan.

Galaxy A03 hadir dengan layar Infinity-V resolusi HD Plus yang berukuran 6,5 inci. Smartphone ini dipersenjatatai prosesor Unisoc T606 octa-core 1.6GHz.

Samsung menghadirkan dua opsi memori Galaxy A03, yakni RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB. Sebagai pendukung performanya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 5000mAh.

Dari sisi fotografi, HP Samsung ini memiliki dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP dan 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 5MP.

Selain itu, smartphone Rp 1 jutaan ini didukung sistem operasi Android 11 Go yang mampu menghemat daya dan menghadirkan efisiensi penggunaan baterai dan kuota internet.

Meski harganya terjangkau, Samsung Galaxy A03 diklaim menghadirkan performa yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai kegiatan bersama aplikasi andalan dengan lebih baik.

Baik itu membuka dan mengakses media sosial seperti Instagram, TikTok, hingga SnackVideo, membaca Line Webtoon, sampai ke streaming video di berbagai aplikasi streaming.

Pengguna juga diklaim bakal merasakan main gim dengan lancar mulai dari Higgs Domino Island, Free Fire, Clash of Clans, Wormszone.io, sampai Candy Crush Saga.

Samsung Galaxy A03 Series juga bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi penunjang produktivitas seperti Zoom, Microsoft Office, dan Google Workspace dengan mulus untuk menunjang aktivitas kerja dan belajar pengguna dengan lebih efisien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Daftar Smartphone Samsung yang Kebagian Fitur Kamera Galaxy S22

Di sisi lain, Samsung mengumumkan akan menghadirkan sejumlah fitur kamera dari Galaxy S22 Series untuk seri smartphone lainnya. Informasi ini diketahui dari pengumuman yang dilakukan melalui situs forum Samsung di Korea Selatan.

Seperti diketahui, lini Galaxy S22 dibekali dengan deretan fitur kamera terbaru dan kemampuan yang sudah ditingkatkan. Salah satunya yang diperkenalkan saat smartphone ini meluncur adalah kemampuan Nightography.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (5/5/52022), kemampuan dan fitur kamera Galaxy S22 itu nantinya akan dibenamkan pada model Galaxy S, Galaxy Note, dan Galaxy Z generasi di bawahnya. Untuk sekarang, pembaruan ini disebut akan hadir lebih dulu untuk pasar Korea Selatan.

Kendati demikian, berdasarkan informasi, tidak semua fitur akan diturunkan ke model lain. Beberapa peningkatan dan fitur hanya tersedia untuk sejumlah model saja.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur kamera Galaxy S22 berikut model HP Samsung yang akan menerimanya, simak penjelasannya berikut ini :

1. Peningkatan Portrai Malam Hari lini Galaxy S20, lini Galaxy S21, lini Galaxy Note20, Galaxy Z Fold2, dan Galaxy Fold3.

2. Fungsi Auto-Frame yang Ditingkatkan lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Fold2, dan Galaxy Fold 3.

Fitur ini memungkinkan kamera menjadi besar dan kecil tergantung jumlah orang dalam frame yang ditangkap. Fitur ini sudah hadir di seri foldable Samsung, tapi ditingkatkan kemampuannya. Sementara untuk model Galaxy S21, ini menjadi fitur baru.

3 dari 5 halaman

Fitur Kamera Lain dari Galaxy S22

3. Peningkatan Efek Video Call : lini Galaxy S20 termasuk Galaxy S20 FE, lini Galaxy Note20, lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Flip3, Galaxy Z Fold2, serta Galaxy Z Fold3.

Selain deretan smartphone tersebut, lini Galaxy S10 termasuk Galaxy S10 Lite dan lini Galaxy Note10 ditambah Galaxy Note10 Lite akan mendapatkannya pada paruh pertama 2022.

Fitur ini meningkatkan kemampuan video call dengan aplikasi pihak ketiga, sehingga pengguna bisa mengatur latar belakang dan mengontrol mikrofon saat melakukan panggilan. Beberapa aplikasi yang mendukung adalah Google Duo, Google Meet, Messenger, WhatsApp, termasuk Zoom.

4. Efek Auto-Framing untuk Video Call: lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip 4G/5G, Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Fold.

Fitur ini akan mengaktifkan kemampuan auto-frame saat melakukan panggilan video. Jadi, kamera akan mengikuti pergerakan pengguna saat melakukan video call.

5. Peningkatkan Kualitas Kamera untuk Aplikasi Pihak Ketiga : lini Galaxy S21 termasuk Galaxy S21 FE, Galaxy Z Flip3, serta Galaxy Z Fold3.

Seperti diketahui, kamera lini Galaxy S22 sudah dioptimalkan untuk pemrosesan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, TikTok, dan Snapchat. Dan, kemampuan tersebut kini akan dibawa untuk model yang lebih lawas.

6. Peningkatan Galaxy Z Fold3

Sebagai tambahan, Galaxy Z Fold3 akan mendukung aplikasi Expert RAW yang mulai tersedia di Galaxy Store dalam waktu dekat. Fitur ini memungkinkan kemampuan mode Pro untuk lensa utama dapat digunakan untuk lensa telephoto.

4 dari 5 halaman

Canalys: Samsung Jadi Penguasa Pasar Smartphone Global di Q1 2022

Untuk diketahui, Samsung kembali menjadi pemimpin pasar pengiriman smartphone global pada kuartal pertama (Q1) tahun 2022, diikuti Apple di posisi kedua. Hal ini dilaporkan dalam laporan terbaru firma riset Canalys.

Dalam laporannya, Canalys mencatat terjadi penurunan pada pengiriman ponsel global yang mencapai 311,2 juta unit di Q1 2022. Jumlah ini merosot 11 persen year-on-year (YoY).

Mengutip laman Canalys, Sabtu (30/4/2022), secara khusus Samsung berhasil mengirimkan 73,7 juta unit ponsel di Q1 2022, meski ini turun 4 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara Apple, gabungkan permintaan yang tinggi untuk seri iPhone 13 dan iPhone SE terbaru, menghasilkan pertumbuhan yang solid sebesar 8 persen dengan 56,5 juta unit dikirimkan.

Vendor lain seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo melengkapi lima besar di daftar Canalys.

Secara berurutan dari posisi pertama sampai kelima pengiriman tertinggi smartphone pada Q1 2022 adalah: Samsung (24 persen), Apple (18 persen), Xiaomi (13 persen), Oppo (9 persen), dan Vivo (8 persen).

Sebagai perbandingan, di Q1 2021 urutannya adalah: Samsung (22 persen), Apple (15 persen), Xiaomi (14 persen), Oppo (11 persen), dan Vivo (10 persen).

Mengutip GSM Arena, posisi teratas berhasil diambil alih oleh Samsung dengan penjualan yang kuat dari seri flagship-nya Galaxy S22 dan seri Galaxy A.

Analis Canalys Toby Zhu menyebutkan, pasar Tiongkok menjadi penyebab hampir separuh penurunan pengiriman smartphone di seluruh dunia, terutama karena pelemahan yang terjadi secara musiman.

5 dari 5 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)