Sukses

Android Dimodifikasi dengan Port Lightning Milik iPhone, Seperti Apa?

Seorang engineer mengunggah video Android dimodifikasinya dengan port Lightning seperti mililk iPhone. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada hal unik di dunia teknologi. Sebelumnya seorang engineer menyematkan port USB Type C ke iPhone, kini sebaliknya Android dimodifikasi dengan port Lightning milik iPhone.

Engineer yang melakukan modifikasi adalah orang yang sebelumnya pernah menyematkan port USB Type C ke iPhone. Ia adalah Ken Pillonel.

Pillonel mengunggah video proyek yang sepenuhnya adalah untuk hiburan belaka ini pada 1 April 2022 yang dikenal sebagai April Mop alias April Fool's Day.

Android dengan port Lightning (Foto: screenshot YouTube: Exploring the Simulation (Kenny Pi))

Mengutip 9to5Mac, Senin (4/4/2022), Pillonel menggunakan Android Samsung Galaxy A51 sebagai perangkat yang akan dipasangi port Lightning.

Meski merupakan proyek untuk hiburan belaka, proses yang dilakukan tidaklah main-main. Pasalnya, port Lightning yang dipasang itu bisa dipakai untuk mengisi daya sekaligus transfer data.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diakali

"Kabel Lightning yang dijual oleh Apple tidaklah 'bodoh'. Kabel ini hanya mampu mengisi daya perangkat-perangkat Apple. Jadi saya mencari cara untuk mengakali kabel agar seperti dicolokkan ke perangkat Apple," kata Pillonel dalam wawancara dengan Engadget.

Sebagian orang mungkin melihat apa yang dilakukan Pillonel sebagai proyek downgrade. Pasalnya, Android sudah memakai port USB Type C yang sudah umum digunakan di berbagai perangkat.

Bahkan, Apple sendiri juga mengadopsi port USB Type C di kabel Lightning-nya.

Selama satu dekade terakhir, port Lightning memang dipakai di iPhone. Memang sudah ada desas desus yang menyebut Apple akan menghentikan pemakaian port Lightning, namun hingga iPhone 13 dirilis hal itu belum dilakukan.

3 dari 4 halaman

iPhone X dengan Port USB Type C Laku Rp 1,2 Miliar

Ken Pillonel sebelumnya membagikan video yang memperlihatkan bagaimana dirinya memodifikasi iPhone X dengan port USB Type C sebagai pengganti port Lightning.

Port USB Type C ini berfungsi untuk mengisi daya iPhone X sekaligus transfer data.

Setelah sukses mengganti port Lightling dengan port USB Type C, Pillonel memajang iPhone X hasil modifikasi tersebut di eBay.

Siapa sangka, iPhone X yang dimodifikasi dengan port USB Type C ini ditawar hingga USD 99.000 (setara Rp 1,4 miliar).

Mengutip MacRumors, Sabtu (6/11/2021), deskripsi pada eBay menyebutkan, "iPhone USB Type C pertama di dunia, koleksi sejati untuk setiap Apple fanboy di luar sana."

Seminggu berlalu, lelang iPhone X satu-satunya di dunia ini pun berakhir dengan harga yang mengejutkan.

Dikutip dari Gizchina, Minggu (14/11/2021), dari 116 orang yang mengikuti lelang, ada fans Apple yang rela menghabiskan uang sebesar USD 86.001 untuk iPhone X modifikasi ini.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini