Sukses

iOS 15.4 Rilis 14 Maret, Pengguna Bisa Buka Kunci iPhone Saat Pakai Masker

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat penggunaan masker menjadi kewajiban. Penggunaan masker yang benar adalah menutupi hidung hingga seluruh bagian bawah wajah. Namun hal ini membuat Face ID pada iPhone tidak bisa digunakan.

FaceID iPhone memang mengharuskan perangkat memindai seluruh wajah pengguna agar bisa membuka kunci iPhone. Karena memakai masker, pengguna pun harus memasukkan Passcode untuk bisa masuk ke iPhone mereka.

Untuk beradaptasi dengan hal ini, Apple menghadirkan perubahan pada iOS 15.4. Pada versi baru iOS, jika iPhone mendeteksi pengguna memakai masker, perangkat akan langsung meminta pengguna memasukkan Passcode.

Selain itu, Apple juga mengizinkan pengguna Apple Watch untuk membuka kunci iPhone dengan Face ID meski si pengguna mengenakan masker.

Sejauh ini, iOS 15.4 yang ada masih dalam versi beta. Namun, menurut informasi terbaru, update iOS 15.4 bakal digulirkan pada seluruh iPhone yang kompatibel pada minggu depan, tepatnya 14 Maret 2022.

Mengutip laman Gizchina, Jumat (11/3/2022), Apple mengumumkan kehadiran update iOS terbaru pada peluncuran iPhone SE 5G, Mac Studio, dan iPad Air 8 Maret lalu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hanya untuk iPhone 13 dan iPhone 12?

Mengingat kebiasaan Apple, kemungkinan update iOS 15.4 bisa diunduh mulai Senin 14 Maret 2022 malam hari, atau 15 Maret 2022 pagi bagi pengguna di Indonesia.

Karena versi iOS 15.4 makin dekat dengan tanggal peluncurannya, Apple memakai Release Candidate untuk anggota program beta iOS.

Informasi pada pembaruan ini memperlihatkan opsi 'FaceID with mask' akan tersedia untuk iPhone 12 dan iPhone 13. Sementara, model sebelumnya tidak mendapat fitur tersebut.

Tidak hanya itu, belum lama ini Apple mengumumkan serangkaian update untuk AirTag tracker-nya. Di mana, update baru akan mempersulit perangkat ini dimata-matai orang secara diam-diam.

Inovasi tersebut muncul pada versi beta iOS 15.4, yakni saat mengatur AirTag untuk pertama kalinya, pengguna akan melihat peringatan bahwa pelacakan adalah hal ilegal.

3 dari 4 halaman

Kenali Ciri Unik di Sekitar Mata

Sebelumnya, mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (28/1/2022), kemampuan baru membuka FaceID meski pengguna pakai masker ditemukan di iOS 15.4 Beta 1.

Selain membuka kunci layar, kemampuan baru ini juga mendukung pemakaian lain, seperti transaksi Apple Pay, mengunduh aplikasi di App Store, hingga pemakaian di aplikasi pihak ketiga.

"Untuk menggunakan Face ID ketika memakai masker, iPhone akan mengenali ciri unik di area sekitar mata untuk melakukan otentikasi," tulis Apple dalam deskripsinya mengenai kemampuan baru ini.

Tidak hanya itu, iOS 15.4 Beta ini juga hadir dengan peningkatan kemampuan Face ID ketika pengguna memakai kacamata. Meski sudah hadir di versi beta, belum ada informasi kapan fitur ini akan dihadirkan untuk seluruh pengguna.

Hanya sebagai catatan, fitur ini baru berfungsi untuk perangkat iPhone terbaru, seperti lini iPhone 12 dan iPhone 13. Dari sejumlah laporan, fitur ini tidak dapat digunakan di iPhone 11 dan generasi sebelumnya.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.