Sukses

Apple Akui Sejumlah iPhone Rekam Interaksi Pengguna dengan Siri

Apple mengakui ada sejumlah iPhone yang telah merekam interaksi pengguna dengan Siri. Namun menurut Apple, mereka sudah memperbaiki bug tersebut dengan update iOS versi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengakui ada bug yang membuat sejumlah iPhone merekam interaksi dengan Siri, meski pengguna menonaktifkan pengaturan tersebut.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (9/2/2022), Apple telah merilis update iOS 15.4 beta 2 untuk mengatasi bug tersebut.

Bug ini pertama ada di iOS 15, di mana secara otomatis mengaktifkan pengaturan Immprove Siri & Dictation, yang memberikan Apple izin untuk merekam, menyimpan, dan meninjau percakapan pengguan dengan Siri.

Kepada ZDNet, Apple mengatakan, sejak menyadari iOS 15 bisa secara otomatis pengaturan tersebut, pihaknya telah menghapus semua rekaman yang dikumpulkan gara-gara bug itu.

Selain itu, setelah menemukan bug iPhone, Apple mematikan fitur tersebut untuk sejumlah pengguna melalui iOS 15.2. Namun Apple baru memperbaiki bug yang dimaksud pada versi beta kedua iOS 15.4.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Apple

Hal ini ditengarai membuat sejumlah pengguna mendapatkan prompt yang meminta izin untuk mengaktifkan fitur Improve Siri & Dictation, ketika pengguna menginstal iOS 15.4 beta terbaru.

"Dengan iOS 15.2, kami mematikan pengaturan Improve Siri & Dictation bagi banyak pengguna Siri ketika kami memperbaiki sebuah bug yang diperkenalkan di iOS 15," kata Apple dalam pernyataannya.

"Bug ini secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan untuk sebagian kecil perangkat. Ketika telah mengidentifikasi bug, kami berhenti meninjau dan menghapus audio yang diterima dari semua perangkat terdampak," tulis Apple.

3 dari 3 halaman

Ajak Pengguna Update iOS ke Versi Terbaru

Sekadar informasi, keberadaan bug tersebut diperingatkan secara eksplisit oleh Apple kepada semua pengguna.

Perusahaan juga mendesak pengguna untuk memastikan iPhone mereka sudah di-update ke versi iOS terbaru.

Perusahaan tidak memberi tahu berapa banyak iPhone yang terdampak bug ini. Oleh karenanya, jika kamu pengguna iPhone, sebaiknya segera memperbarui iOS ke versi terbaru.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.