Sukses

Telkomsel Bentuk Anak Usaha Baru, Fokus di Teknologi Pendidikan, Kesehatan dan Game

Liputan6.com, Jakarta Telkomsel mengumumkan membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital yang bakal menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal mereka di sektor digital.

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga bertujuan untuk membuka peluang dan mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital demi memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, mereka ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat dengan mengoptimalkan kapabilitas digital trifecta (digital connectivity, digital platform, dan digital service) yang dimilikinya.

Dalam siaran persnya, ditulis Rabu (19/1/2022), Hendri mengatakan bahwa hal ini demi mendorong perluasan portofolio bisnis di berbagai sektor, terutama yang dapat memperkuat perekonomian digital nasional.

"Sebagai holding company, kami berharap PT Telkomsel Ekosistem Digital mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal," kata Hendri.

"Serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital terdepan, meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa, sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia," imbuhnya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fokus di Tiga Sektor

PT Telkomsel Ekosistem Digital sendiri bakal berfokus pada tiga sektor industri digital yaitu edu-tech, health-tech, dan gaming.

Perusahaan mengatakan, ketiga lini bisnis ini memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional dan akan jadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel yang ke depannya memiliki potensi scale-up.

Telkomsel juga berencana akan melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Pengalihan itu guna memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech.

Sedangkan untuk gaming, Telkomsel telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan Joint Venture yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan penerbit (publisher) game.

"Dengan gaya hidup digital masyarakat yang terus berkembang pesat, kami melihat adanya potensi yang besar dalam pertumbuhan platform dan layanan digital untuk dapat dioptimalkan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna demi kemajuan bangsa," kata Hendri.

 

3 dari 4 halaman

Jajaran Kepemimpinan

PT Telkomsel Ekosistem Digital akan bergerak di bawah kepemimpinan Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO),.

Jajaran pimpinan lainnya adalah Andry Firdiansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO), dan Luthfi K. Arif sebagai Chief Technology Officer (CTO).

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga akan segera mengumumkan brand name yang ke depannya akan digunakan sebagai identitas bisnis.

"Hadirnya PT Telkomsel Ekosistem Digital merupakan langkah besar yang sekaligus menandai fase baru bagi perjalanan transformasi Telkomsel sebagai perusahaan digital," kata Andi Kristianto.

Menurut Andi, mereka akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas yang berada di ekosistem, di segala aspek.

Hal ini demi "mengeksplorasi berbagai potensi sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional, serta menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di Asia Tenggara."

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia