Sukses

Aplikasi Gmail Diunduh 10 Miliar Kali di Play Store

Aplikasi Gmail sudah diunduh lebih dari 10 miliar kali di toko aplikasi Google Play Store Android.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Gmail telah diunduh 10 miliar kali dari Google Play Store. Google pertama kali meluncurkan aplikasi Gmail pada 1 April 2004.

Pada 2022, layanan email Google ini menyentuh capaian rekor baru dengan 10 miliar unduhan. Rupanya angka itu mewakili 53 persen dari pasar email AS.

Mengutip Digital Trends, Jumat (14/1/2022), capaian di atas menjadikan Gmail sebagai aplikasi keempat di Play Store yang mencapai tonggak ini.

Tiga layanan lain Google yang juga sudah menyentuh rekor unduhan adalah Google Play (karena semua ponsel Android yang memakai layanan Google membutuhkannya), YouTube, dan Google Maps.

Pada 11 Januari 2022, Google Play Store memperlihatkan bahwa Google Chrome dan Google Search juga sudah melampaui 10 miliar unduhan.

Sementara aplikasi Google Photos tertinggal sedikit di belakang dengan lebih dari 5 miliar unduhan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gmail Hadir dengan 72 Bahasa

Sekadar informasi, Gmail kini tersedia di 72 bahasa di dunia. Aplikasi Gmail saat ini juga menempati urutan kedua di AS setelah aplikasi email Apple milik iPhone jadi klien email terpopuler.

Pada Oktober 2018, jumlah pengguna Gmail adalah 1,5 miliar user. Gmail cenderung sudah terinstal di sebagian besar perangkat Android.

Nah, karena sebagian besar pengguna memakai banyak smartphone, tidak mengherankan jumlah unduhan Gmail bakal terus menanjak.

3 dari 4 halaman

Persaingan Gmail dan Apple

Pada April 2021, Gmail menguasai 27,2 persen dari pangsa pasar klien email di AS. Di depannya ada klien email iPhone dengan pangsa pasar 38,9 persen.

Gmail juga merupakan pemimpin yang jelas dalam pembukaan email web baru. Layanan email iPhone di sisi lain, memimpin dalam pembukaan email seluler baru.

Apple diramalkan masih akan memegang posisi nomor satu di Amerika Serikat pada dekade ini. Hal ini tidak bisa dimungkiri karena popularitas tiap model iPhone dari waktu ke waktu. iPhone sendiri menyumbang lebih dari 45 persen pasar smartphone di Amerika.

Kendati demikian, jika Google mampu meningkatkan kecepatan pembukaannya, Gmail mampu mengejar Apple dalam beberapa waktu ke depan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini