Sukses

Sempat Umumkan Bakal Rilis Akhir 2021, Fitur HiFi di Spotify Belum Muncul

Liputan6.com, Jakarta - Spotify sempat mengumumkan bakal meluncurkan paket baru yang menawarkan pengalaman audio berkualitas tinggi atau HiFi di 2021. Menurut perusahaan, paket baru tersebut akan diperkenalkan pada akhir tahun lalu.

Namun berdasarkan laporan terbaru, rencana tersebut kemungkinan besar akan berubah. Dengan kata lain, fitur audio HiFi setidaknya belum akan hadir dalam waktu dekat.

Mengutip informasi dari Engadget, Rabu (12/1/2022), informasi ini sempat diungkap melalui forum komunitas aplikasi streaming musik ini beberapa hari lalu.

Berdasarkan unggahan di forum, Spotify menyadari HiFi merupakan salah satu hal penting bagi pengguna, tapi saat ini belum ada informasi kapan fitur akan hadir.

"Kami tahu kualitas audio HiFi sangat penting bagi kalian (pengguna). Kami juga merasakan yang sama, dan bersemangat menghadirkan pengalaman Spotify HiFi untuk pengguna Premium di masa depan. Namun, kami belum memiliki detail kapan fitur itu hadir," tulis moderator.

Sebelumnya, Spotify mengatakan paket HiFi ini memungkinkan pengguna mendengarkan audio dengan kualitas CD atau lossless audio.Meski sudah diumumkan, perusahaan menyebut paket ini akan tersedia di sejumlah pasar lebih dulu, belum secara global.

"Streaming musik kualitas tinggi merupakan salah satu fitur baru yang secara konsisten diminta oleh para pengguna," tutur Spotify menjelaskan alasan di balik kehadiran mode baru ini.

Spotify sendiri bukan menjadi penyedia alyanan streaming pertama yang memperkenalkan paket HiFi. Aplikasi lain seperti Tidal, Amazon, Apple Music, dan Deezer sudah lebih menawarkan layanan audio berkualitas tinggi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Spotify Sedang Uji Coba Video Feed Vertikal Mirip TikTok

Di sisi lain, Spotify tampaknya akan menjadi perusahaan terkini yang mengembangkan sebuah fitur baru mirip TikTok di dalam aplikasi buatan mereka.

Bernama Discover, fitur baru ini akan menyajikan video musik di feed yang dapat digulir ke atas atau kebawah oleh pengguna, dan bisa di-like atau skip.

Dilansir Techcrunch, Kamis (25/11/2021), fitur serupa TikTok di Spotify ini muncul sebagai tab keempat di bar navigasi bagian bawah aplikasi, di antara Home dan Search. 

Bagi kamu yang penasaran kenapa fitur Discover ini masih belum ada di aplikasi, saat ini Spotify hanya memunculkannya kepada pengguna dalam jumlah terbatas.

Adapun fitur baru di Spotify ini pertama kali ditemukan oleh Chris Messina, dan men-tweet sebuah video singkat bagaimana fitur Discover itu bekerja.

Messina mengatakan kepada Techcrunch, dia menemukan fitur itu di TestFlight build Spotify (versi beta untuk iOS), di mana ikon baru di tab navigasi membawa pengguna langsung ke feed video saat di-tap.

"Kamu bisa swipe ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed, seperti yang Anda lakukan di TikTok. Selain men-tap hati bila menyukai lagu, Anda juga dapat mengetuk menu tiga titik untuk memunculkan lembar informasi lagu tersebut," katanya.

3 dari 3 halaman

Spotify Hapus Tombol Shuffle di Album Page

Di sisi lain, Spotify berhenti mengacak pemutaran lagu-lagu album secara default. Menurut laporan BBC, keputusan Spotify menghilangkan tombol shuffle di album page ini dilakukan atas permintaan dari penyanyi Adele.

Sebelumnya, ketika melihat album di Spotify, pengguna akan melihat ikon shuffle kecil di dalam tombol "Play". Hal ini memperlihatkan, Spotify akan mulai memutar lagu-lagu di album dalam urutan acak, padahal pemutaran lagu secara acak tidak selalu diinginkan oleh pengguna.

Mengutip The Verge, Senin (22/11/2021), kini ketika pengguna menekan tombol "Play" di tampilan album, lagu-lagu akan diputar secara berurutan sesuai treknya. Hal ini berlaku selama pengguna berlangganan layanan Premium Spotify.

Sebelumnya, Adele meminta Spotify untuk mengubah fitur ini dengan alasan, album harus didengarkan dalam urutan tertentu.

(Dam/Ysl)