Sukses

Mau Bikin Aplikasi Mobile Versi Baru, Roblox Cabut Sementara dari Tiongkok

Roblox menyebut tengah membangun versi baru untuk aplikasi mobile versi Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Roblox mengumumkan penutupan versi Tiongkok dari aplikasi mobile mereka untuk iOS dan Android, atau yang dikenal sebagai LuoBuLeSi.

Aplikasi ini dirilis selama lima bulan, sebagai uji coba Roblox dalam kemitraan mereka dengan perusahaan game asal Tiongkok yaitu Tencent.

Meski begitu, dilaporkan bahwa aplikasi ini tengah dalam pembangunan kembali dan punya potensi untuk diluncurkan ulang di Negeri Tirai Bambu di kemudian hari.

Mengutip The Verge, Senin (10/1/2022), aplikasi Roblox secara resmi dicabut dari toko aplikasi pada 8 Desember 2021 lalu, dan juga telah diumumkan di situs bahasa China Roblox.

Dalam pengumumannya saat itu, Roblox mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang telah menguji aplikasi tersebut. 

James Kay, Juru Bicara Roblox, menyebut peluncuran versi Tiongkok tahun lalu memiliki visi untuk "membangun dunia virtual pengalaman 3D yang imersif di China yang telah kami uji dan ulangi selama ini."

"Sangat penting bahwa kami sekarang melakukan investasi yang diperlukan, termasuk dalam arsitektur data kami, untuk mewujudkan visi jangka panjang kami untuk LuoBuLeSi," kata Roblox menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun Aplikasi Lain

Terkait pencabutan aplikasi Roblox, Kay mengungkapkan, sejumlah tindakan sementara yang dianggap penting diperlukan ketika platform bersiap membangun versi aplikasi yang lain.

Meski begitu, dia tidak mengungkapkan lebih lanjut kapan versi baru akan dirilis. Perusahaan pun bakal mengumumkannya ketika saatnya tiba.

Dikutip dari Engadget, keputusan penghentian sementara ini jelas mendapat respons yang kurang baik dari para pemainnya. Beberapa dari mereka merasa pemberitahuan dirilis di waktu yang sangat singkat.

Selain itu, para pemain juga tidak mendapatkan klaim resmi bahwa mereka telah memainkan versi uji coba, dan menyebut masih bisa menghabiskan uang sungguhan.

3 dari 4 halaman

Hadapi Regulasi yang Ketat

Mengutip Tech Crunch, pada Mei 2019, Roblox dan Tencent mengumumkan kemitraan di mana Roblox memegang 51 persen saham pengendali dan Tencent dengan 49 persen.

Pada Juli 2020, LuoBuLeSi meluncurkan versi uji coba di Android, yang secara eksplisit mengatakan akan menghapus arsip pengguna saat periode pengujian telah berakhir.

Saat dirilis di Tiongkok, Roblox memang tidak lepas dari berbagai tantangan. Financial times menyebut, mereka sudah berhadapan dengan Reworld milik ByteDance.

Selain itu, mereka juga harus menghadapi regulasi Tiongkok itu sendiri meski memasarkan game-nya sebagai game edukasi, sehingga membuatnya harus melakukan beberapa sensor pada fitur-fiturnya.

Sebelumnya, Epic Games juga menghentikan pengujian Fortnite di Tiongkok tanpa banyak penjelasan, meski game tersebut sudah melakukan modifikasi besar-besaran demi mematuhi aturan konten yang ketat.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.