Sukses

Instagram Luncurkan Fitur Baru, Bisa Balas Komentar Pakai Video Reels

Meski begitu, fitur membalas komentar di Reels Instagram ini dinilai mirip dengan TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Instagram meluncurkan fitur bagi pengguna agar bisa membalas sebuah komentar dan memunculkannya di video Reels.

Dalam pengumumannya, seperti mengutip akun Twitter resminya, Rabu (15/12/2021), Instagram mengatakan fitur itu diluncurkan karena mereka mencintai komunitas kreator yang dibangun di platform tersebut.

"Inilah mengapa kami sangat bersemangat meluncurkan Reels Visual Replies, fitur baru untuk berinteraksi dengan audiens Anda," tulis Instagram. 

Perusahaan milik Meta itu mengatakan, seseorang bisa membalas komentar dengan video lewat Reels, dan komentar tersebut bisa muncul sebagai sebuah stiker.

Meskipun begitu, mengutip The Verge, beberapa pengguna menyebut bahwa fitur ini sangat mirip dengan cara TikTok memungkinkan pengguna untuk membalas sebuah komentar lewat video.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan Text to Speech

Sebelumnya, Instagram juga dikabarkan merilis dua fitur baru yang mirip dengan TikTok yaitu text-to-speech dan video effects.

Text-to-speech digunakan secara luas sebagai fitur aksesibilitas. Fitur ini memungkinkan pengguna tunanetra atau low vision untuk mendengarkan (dalam bentuk suara) apa yang ditulis oleh pembuat konten.

Untuk menggunakan fitur text-to-speech pada Reels, pengguna bisa membuka aplikasi Instagram, masuk ke kamera Reels, rekam atau unggah video, dan tambahkan teks ke video menggunakan text tool yang ada.

Kemudian, pengguna bisa ketuk text bubble dan membuka menu titik tiga, lalu pilih text-to-speech, pilih opsi suara yang diinginkan dan unggah Reels seperti biasanya.

3 dari 4 halaman

Fitur Voice Effect

Sementara di fitur kedua yaitu voice effect alias efek suara, jika pengguna ingin menambahkan efek suara ke Reels yang memungkinkan pengguna bisa memodifikasi audio termasuk voice over.

Setelah rekam Reels, ketuk music note untuk membuka mixer audio.

Pengguna selanjutnya bisa mengetuk "efek" dan pilih efek suara yang diinginkan. Pilihannya mulai dari 'helium', 'giant', dan 'robot'.

Sekadar informasi, Reels diluncurkan pada 2020. Tujuannya adalah jadi pesaing langsung dari TikTok yang mulai populer dan booming di kalangan anak muda.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.