Sukses

Ini Daftar Emoji Terpopuler di Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna internet, emoji telah menjadi sebuah simbol yang dapat mewakili suasana hati entah sedang senang, sedih, takut, dan jatuh cinta.

Dengan berbagai kondisi yang terjadi di dunia saat ini, Unicode Consortium merilis laporan tentang 10 emoji terpopuler selama 2021. Apa saja?

Mengutip laporan itu via Engadget, Senin (6/12/2021), emoji wajah tertawa dengan air mata gembira/face tears of joy (😂) paling populer di dunia tahun ini.

Disebutkan, emoji face tears of joy ini sudah menempati posisi pertama di daftar serupa sejak tahun 2017.

Selain itu, emoji berikutnya yang juga paling banyak dipakai oleh pengguna antara lain:

  • ❤️ – Red heart
  • 🤣 – Rolling on the floor laughing
  • 👍 – Thumbs up
  • 😭 – Loudly crying face
  • 🙏 – Folded hands
  • 😘 – Face blowing a kiss
  • 🥰 – Smiling face with hearts
  • 😍 – Smiling face with heart-eyes
  • 😊 – Smiling face with smiling eyes

Di tahun lalu memang tidak ada data emoji apa saja yang paling populer, namun daftar top 10 di atas tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan laporan 2019.

Informasi, subkomite Unicode Consortium ini mempelajari popularitas emoji untuk menentukan jenis apa yang perlu ditambah di masa mendatang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Emoji yang Populer Lainnya

Ilustrasi Foto Emoji (iStockphoto)

Lebih lanjut, emoji wajah tersenyum dan tangan juga populer, termasuk kategori tanaman dan emoji yang menunjukkan keadaan emosi, seperti hati.

Sedangkan kategori emoji yang tidak terlalu populer adalah bendera. Diketahui, bendera negara paling sedikit dipakai.

"Data ini adalah sinyal kuat pengembang untuk tidak terlalu fokus di emoji tertebtu, seperti bendera dan objek sekali pakai seperti topi mandi," kata Unicode Consortium.

3 dari 3 halaman

Daftar 37 Emoji Baru

Unicode Consortium Setujui 37 Emoji Baru. Dok: Emojipedia.org

Lebih lanjut, organisasi nirlaba ini juga baru saja mengumumkan Unicode 14.0 dengan memperkenalkan 37 karakter emoji baru, termasuk beberapa gerakan tangan dan lainnya seperti "wajah meleleh", "bibir menggigit", "troll", "kacang", "menuangkan cairan", "pria hamil", dan "orang hamil".

Dilansir Emojipedia, Sabtu (18/9/2021), emoji baru yang ditambahkan dalam perilisan ini adalah pembaruan yang direncanakan hadir ke platform utama (smartphone dan PC) pada akhir 2021 atau awal 2022.

Penasaran apa saja 37 karakter emoji baru yang masuk ke dalam daftar Unicode 14.0. Berikut daftar lengkapnya di sini.

(Ysl/Tin)