Sukses

Qualcomm Rilis Snapdragon G3x Gen 1 untuk Konsol Handheld

Liputan6.com, Jakarta - Dalam ajang Snapdragon Tech Summit 2021, Qualcomm juga mengumumkan kehadiran Snapdragon G3x Gen 1 Gaming Platfofm. Sesuai namanya, chipset ini diluncurkan untuk mempersenjatai perangkat gaming handheld.

Menurut Qualcomm, chipset ini mampu memberikan kinerja yang bisa diandalkan, mulai dari bermain game Android, memainkan konten cloud gaming, bahkan melakukan streaming game dari konsol di rumah atau PC pengguna.

Performa chipset ini juga ditunjang dengan kemampuan Snapdragon Elite Gaming, sehingga membuatnya dapat mendukung kategori produk gaming premium.

Snapdragon G3x Gen 1 menggunakan GPU Adreno yang mampu menjalankan game pada kecepatan 144 FPS dan 10-bit HDR untuk game dengan lebih dari satu miliar warna.

Urusan konektivitas, ada Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity yang membawa Wi-Fi 6 dan 6E. Chipset ini juga dibekali Snapdragon Sound untuk mengoptimalkan kualitas termasuk latency suara saat bermain game.

Chipset ini juga didukung AKSys yang memberikan sentuhan presisi pada controller mapping technology, sehingga memungkinkan penggunaan pengontrol bawaan pada beragam game.

Qualcomm juga menghadirkan kemampuan augmented multi-screen pada Snapdragon G3x Gen 1 saat terhubung dengan perangkat lain. Lalu, teknologi ini dapat pula dipakai sebagai pendamping kontrol pada TV 4K.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Developer Kit

Untuk menunjukkan kemampuan chipset ini, Qualcomm bekerja sama dengan Razer untuk menciptakan Snapdragon G3x Handheld Gaming Developer Kit pertama yang tersedia secara eksklusif untuk para pengembang.

Meski baru ditujukan untuk para pengembang, konsol handheld ini setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai perangkat yang mungkin dikembangkan di masa depan.

Perangkat ini hadir dengan layar OLED 6,65 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus, HDR 10-bit, dan refresh rate hingga 120Hz.

Perangkat ini dibekali dengan webcam 5MP dan dua mikrofon untuk mendukung aktivitas streaming. Perangkat ini mendukung 5G mmWave, sub-6, dan Wi-Fi 6E untuk memberikan koneksi tercepat dan low latency.

Dari sisi ergonomi, perangkat ini dibekali kontrol yang seimbang dan mudah digenggam, serta kemampuan pemetaan kontroler bawaan.

Konsol handheld ini memiliki empat speaker. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati pengalaman audio bebas lag saat dihubungkan dengan earbud yang memiliki kemampuan Snapdragon Sound.

3 dari 4 halaman

Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Untuk diketahui, Qualcomm resmi memperkenalkan chipset terbaru besutannya dalam ajang Snapdragon Tech Summit 2021. Seperti yang sudah dilaporkan, chipset baru ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset ini hadir dengan deretan beragam fitur premium, mulai dari 5G, AI, gim, hingga Wi-Fi dan Bluetooth.

Menurut SVP and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, Snapdragon 8 Gen 1 membuat standar baru untuk era HP Android berikutnya.

"Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, gim, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone," tutur Alex saat peluncuran Snapdragon 8 Gen 1 secara virtual.

Nantinya, chipset ini akan diadopsi oleh sejumlah OEM global, seperti Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Adapun perangkat komersial yang menggunakan diharapkan hadir pada akhir 2021.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan