Sukses

Pilih Mana, Smartphone atau Tablet untuk Kegiatan Belajar Anak?

Liputan6.com, Jakarta Semenjak pandemi melanda dunia, kita diharuskan untuk mengikuti kebiasan baru, salah satunya dalam hal pendidikan belajar mengajar. Kini, pembelajaran dibiasakan secara online

Sebagai orang tua, tentu perlu adanya dukungan agar pembelajaran anak makin maksimal. Selain memberikan moril, orang tua juga perlu memberikan sebuah perangkat pintar agar memudahkan anak saat belajar.

Hal itu meliputi, mencari bahan untuk belajar, membuat catatan, sampai menghadiri pembelajaran secara online. Lantas, perangkat yang seperti apa yang bisa memudahkan hal tersebut.

Sebenarnya ada beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar anak secara online, seperti tablet, dan laptop.

Kamu bisa menggunakan perangkat cerdas dari Samsung. Produsen asal Korea Selatan ini menawarkan perangkat canggih dengan sesuai kebutuhan. Berikut penjelasanya.

Galaxy Note

Demi kebutuhan belajar, Anda bisa memberikan gadget Samsung dari seri Galaxy Note. Terbaru, Samsung mengenalkan Galaxy Note20 series.

Samsung Galaxy Note20 Series hadir dengan berbagai macam fitur yang dapat membuat bekerja dan bermain menjadi lebih powerful. Hal ini dilakukan dengan memberikan kemampuan lebih besar pada Galaxy Note20 Series, yang diwujudkan dari berbagai macam peningkatan baik dari sisi hardware, maupun fitur-fitur yang dapat mendukung produktivitas.

Saat belajar, tentu anak akan semakin mudah karena ponsel ini juga tidak memiliki tepian melengkung, namun punya bezel yang sangat tipis di seluruh sisinya. Selain itu masih mengadopsi Infinity-O.

Selain itu, ponsel ini mengusung mengusung panel AMOLED. Resolusinya 2345 x 1084 pixel dengan refresh rate 60 Hz.

Di bagian belakang terdapat modul kamera persegi. Ada tiga kamera di sana lengkap dengan satu flash LED.

Untuk pasar China dan Amerika Serikat konon akan ditenagai Snapdragon 865+. Sementara untuk pasar di luar kedua negara tadi akan mengusung Exynos 992 SoC.

Tak hanya itu, ponsel ini kompatibilitas S Pen dan S Notes sudah tidak dapat diragukan lagi. Keduanya menjadi unsur yang sangat penting bagi produktivitas pengguna, salah satunya saat belajar.

Ketika sedang melompat dari satu pembelajaran ke yang lain, terkadang kita sering melewatkan banyak hal. Membuat catatan-catatan kecil tentang hal-hal penting merupakan salah satu hal yang dapat membantu kita untuk mengingat.

Namun, dalam keadaan terjepit terkadang kita tidak memiliki waktu untuk membuka kunci (unlock) ponsel kita, melakukan navigasi ke aplikasi notes.

Selain itu, Galaxy Note20 Series memiliki fitur screen-Off memo merupakan fitur yang menjadi solusi untuk keadaan tersebut.

Anda cukup mengeluarkan S Pen Anda dari tempatnya, atau memilih screen-off memo apabila S Pen Anda sudah berada diluar, maka Anda sudah bisa melakukan pencatatan dengan cepat.

Ingin selalu diingatkan tentang catatan tersebut, Anda cukup pin memo tersebut pada Always-On Display agar Anda tetap dapat melihat checklist yang Anda buat tanpa perlu unlock perangkat Galaxy Note20.

Galaxy Note20 Series juga sudah mendukung fitur Samsung Dex yang memungkinkan menampilkan layar smartphone ke monitor atau smart TV secara nirkabel.

Fitur lain yang juga dibenamkan adalah Link to Windows untuk mempermulus pengalaman antara smartphone dengan PC.

2 dari 3 halaman

Galaxy Tab

Samsung juga memberikan pilihan untuk tipe tablet. Terbaru, Samsung mengenalkan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G mewarisi fitur-fitur terkini dari tablet flagship Galaxy Tab S7 yang dilengkapi layar lapang, baterai berkapasitas besar, serta fungsi penulisan S Pen untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas bagi pengguna yang bekerja dan belajar di tablet.

Tablet ini hadir dengan layar 12,4 inci beresolusi 2560 x 1600 piksel (WQXGA), memiliki tingkat kecerahan layar mencapai 500 nits saat di dalam ruangan dan 600 nits di luar ruangan.

Hal ini membuat tampilan layar tablet tetap terlihat jelas meski di bawah sinar matahari yang terik.

Berkat rasio layar 16:10, Galaxy Tab S7 FE 5G mampu menampilkan konten yang detail dan nyaman di mata. Layarnya bahkan didukung fitur Blue Eye Filter yang dapat menyaring dampak sinar biru sehingga menjadi lebih aman di mata.

Fitur andalan lain pada Galaxy Tab S7 FE 5G adalah S Pen yang sudah tersedia dalam paket pembelian. S Pen yang tak perlu di-charge ini hadir dengan latensi rendah (30ms) dan pressure sensitivity di level 4096.

Kemampuan tersebut membuat pengalaman menulis dan menggambar terasa alami seperti menggunakan pensil atau pena. Lalu diameter ujung pena yang tipis (hanya 0,7mm), memungkinkan S Pen membuat guratan yang halus.

Dengan menggunakan aplikasi catatan Samsung Notes, kamu dapat dengan mudah mengubah tulisan tangan menjadi teks yang bisa langsung disalin dan ditempel secara otomatis. Hal itu cocok sekali untuk kegiatan belajar mengajar.

Fungsi ini tentunya sangat praktis jika hasil tulisan ingin disalin ke email atau aplikasi lainnya untuk keperluan belajar atau bekerja.

Anak juga dapat menggali kreativitas dengan S Pen melalui beberapa aplikasi, seperti Canva yang bisa kamu manfaatkan untuk mendesain berbagai materi digital kreatif dengan ribuan template yang tersedia.

3 dari 3 halaman

Galaxy Z Fold3

Untuk pilihan lain, Anda bisa menggunakan Galaxy Z Fold3 untuk kegiatan belajar sang anak. Pada tampilan Galaxy Z Fold3 memiliki cover screen Galaxy Z Fold3 5G berukuran 6,2 inci ini juga tertanam cover camera berbentuk infinity 0 yang berukuran 10MP (f.2.2).

Fitur cover camera ini berpadu manis dengan panel Dynamix AMOLED 2X, perlindungan Gorilla Glass Victus dan 120Hz Adaptive Refresh Rate. Desain yang ciamik dan bobot foldable yang sedikit lebih ringan dari seri sebelumnya, membuat Galaxy Z Fold3 5G sangat nyaman di genggaman tangan.

Bila Galaxy Z Fold3 5G memiliki layar depan 6,2 inch HD+ Dynamic AMOLED 2X dan Layar utama 7,6 inch QXGA+ Dynamic AMOLED 2X , maka Galaxy Z Flip3 5G memiliki layar depan 1,9 inch Super AMOLED dan layar utama 6,7 inch FHD+ Dynamic AMOLED 2X. Layar depan Galaxy Z Flip3 5G sekarang empat kali lebih besar sehingga semakin mudah melihat notifikasi tanpa membuka perangkat. Selain itu, berkat penggunaan teknologi layar Eco terbaru, tingkat kecerahan layar mampu meningkat 29% dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

Selain itu, Galaxy Z Fold3 terkoneksi dengan S Pen dan menjadikan sebagai perangkat yang sempurna bagi pengguna untuk multitasking. Di layar yang begitu lapang, Anda dapat menulis catatan dengan mudah meski saat melakukan panggilan video. Memeriksa catat saat membaca pesan maupun email.

Dengan berbagai kemampuan seperti mengonversi tulisan tangan menjadi teks, menerjemahkan di antara berbagai bahasa, dan menggunakan Smart Select untuk mengambil gambar dan mengekstrak teks, S Pen dapat membantu Anda memanfaatkan rangkaian kerja seluler secara maksimal. Tentu mampu membuat kegiatan belajar anak semakin mudah.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G atau Galaxy Z Flip3 5G bukan ponsel lipat biasa. Keduanya mendukung pengguna untuk multitasking. Khusus untuk Galaxy Z Fold3 5G, Anda dapat membuka 3 aplikasi sekaligus. Fitur Multi-Active Window memungkinkan Anda dapat dengan cepat mengakses menu office, meninjau email dan membuka aplikasi chatting bahkan streaming video.

Dengan fitur Flex Mode, Anda tak perlu berpindah aplikasi saat sedang konferensi video, masih bisa mencatat dan membuka menu lain secara bersamaan. Fitur drag & drop semakin maksimal karena Anda dapat dengan mudah memindahkan gambar dan teks ke dalam email, dokumen dan presentasi hanya dengan satu gerakan.

Galaxy Z Fold3 5G memungkinkan Anda untuk membuka kembali aplikasi di kondisi yang sama saat terakhir kali ditutup dan langsung membuat shortcut berkat pengembangan pada fitur App Pair. Lebih dari itu, Galaxy Z Fold3 5G memiliki kemampuan untuk menjadi PC dengan menggunakan Samsung DeX. Dan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan, Galaxy Z Fold3 lebih mudah dibawa ke mana saja dibandingkan sebelumnya.

Nah, kalau sudah begitu Anda tinggal pilih perangkat mana yang cocok untuk anak Anda. Pilihlah yang memang sesuai kebutuhan, dan Samsung memberikan semua perangkat cerdas untuk kegiatan belajar sang anak biar lebih kreatif dan cerdas.

 

(*)