Sukses

Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 Siap Hadir Akhir Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm telah mengumumkan kehadiran chipset terbaru besutannya, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Seperti biasa, chipset premium ini akan digunakan untuk deretan perangkat flagship dari sejumlah OEM.

Saat peluncuran, beberapa OEM yang dipastikan memakai Snapdragon 8 Gen 1 adalah Black Shark, Honor, iQOO, Motoroloa, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi dan ZTE.

Sementara perangkat komersial dengan Snapdragon 8 Gen 1 diharapkan hadir pada akhir 2021. Adapun salah satu OEM pertama yang akan menggunakan chipset ini adalah Xiaomi.

Dalam sesi keynote di Snapdragon Tech Summit, pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun mengonfirmasi seri HP Android yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

"Xiaomi 12 series akan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1," kata Lei Jun.

Selain Xiaomi, Realme juga mengumumkan menjadi salah satu OEM pertama yang memakai chipset ini.

Untuk diketahui, Snapdragon 8 Gen 1 menjadi chipset pertama yang memakai skema nama baru, bukan lagi tiga angka seperti generasi sebelumnya.

Qualcomm menyebut chipset ini hadir dengan sejumlah peningkatan di beragam lini, mulai dari performa, 5G, AI, gim, hingga Wi-Fi dan Bluetooth.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1 juga menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang menggunakan arsitektur terbaru dari Arm, yakni Armv9.

Chipset ini memiliki CPU Core utama ARM Cortex-X2 berkecepatan 3.0GHz, tiga Cortex-A710 2.5GHz, dan empat Cortex-A510 di kecepatan 1.8GHz.

Perusahaan menyebut Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan performa lebih baik hingga 20 persen dibandingkan Snapdragon 888. Selain performa, efisiensi daya chipset ini juga lebih baik, mencapai 30 persen.

Sementara untuk kebutuhan grafis, Qualcomm menggunakan Adreno GPU generasi terbaru yang belum diungkap secara spesifik.

Meski belum diungkap, GPU ini menawarkan kemampuan rendering grafis 30 persen lebih cepat dan lebih efisien dalam hal penggunaan daya hingga 25 persen, jika dibandingkan dengan Snapdragon 888.

Untuk konektivitas, chipset ini dilengkapi Snapdragon X65 5 Modem-RF System generasi keempat. Qualcomm mengklaim solusi modem-RF 5G ini menjadi yang pertama di dunia dapat mencapai kecepatan unduh 10 Gigabit.

Snapdragon 8 Gen 1 turut dibekali Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk mendukung kecepatan Wi-Fi hingga 3,6Gbps, melalui Wi-Fi 6 dan 6E agar memastikan game dan aplikasi berjalan lancar.

3 dari 4 halaman

Kebutuhan Gaming

Memiliki lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming, chipset ini menghadirkan respons yang sangat halus, tampilan dengan HDR kaya warna dengan kualitas visual tertinggi, dan kemampuan tingkat desktop.

Berbekal Adreno Frame Motion Engine, Snapdragon 8 Gen 1 dapat menghasilkan dua kali lebih banyak frame dengan tetap mempertahankan konsumsi daya yang sama.

Fitur mobile-first lain adalah Variable Rate Shading Pro untuk memberikan kontrol yang lebih baik bagi pengembang game menyempurnakan kinerja game.

Render Volumetrik tingkat desktop turut menghadirkan tampilan visual lebih nyata, baik efek kabut, asap, dan partikel yang telah dioptimalkan untuk seluler.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara