Sukses

Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Seperti Apa Kemampuannya?

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm resmi memperkenalkan chipset terbaru besutannya dalam ajang Snapdragon Tech Summit 2021. Seperti yang sudah dilaporkan, chipset baru ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset ini hadir dengan deretan beragam fitur premium, mulai dari 5G, AI, gim, hingga Wi-Fi dan Bluetooth.

Menurut SVP and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katouzian, Snapdragon 8 Gen 1 membuat standar baru untuk era HP Android berikutnya.

"Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, gim, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone," tutur Alex saat peluncuran Snapdragon 8 Gen 1 secara virtual.

Nantinya, chipset ini akan diadopsi oleh sejumlah OEM global, seperti Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Adapun perangkat komersial yang menggunakan diharapkan hadir pada akhir 2021.

Untuk mengetahui seperti apa kemampuan chipset anyar Snapdragon ini, berikut pembahasan singkatnya :

Konektivitas

Untuk konektivitas, chipset ini dilengkapi Snapdragon X65 5 Modem-RF System generasi keempat. Qualcomm mengklaim solusi modem-RF 5G ini menjadi yang pertama di dunia dapat mencapai kecepatan unduh 10 Gigabit.

Snapdragon 8 Gen 1 juga dibekali Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang mendukung kecepatan Wi-Fi hingga 3,6Gbps, melalui Wi-Fi 6 dan 6E untuk memastikan game dan aplikasi berjalan lancar, bahkan dengan beberapa perangkat dalam satu jaringan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kamera

Qualcomm membekali chipset ini dengan kemampuan Snapdragon Sight Technology mencakup ISP 18-bit pertama yang pernah dibuat untuk perangkat seluler. Teknologi ini mampu menangkap lebih dari 4000 kali lebih data kamera dibandingkan pendahulunya, mulai dari HDR, warna, dan kejaman.

Snapdragon 8 Gen 1 juga memiliki kemampuan perekamanan video pertama HDR 8K di perangkat seluler dan mampu merekam dalam format HDR 10 Plus dengan kemampuan memuat lebih dari satu miliar warna.

Video juga akan terlihat lebih memukau berkat Bokeh Engine baru untuk menambahkan background ke video, termasuk Mode Portret dalam perekaman video. Chipset ini juga menyertakan ISP keempat yang terpisah, ISP always-on baru yang memungkinkan kamera berjalan dengan konsumsi daya sangat rendah.

Berbekal kemampuan ini, pengguna dapat merasakan always-on face unlocking saat wajah sedang tidak terlihat untuk memastikan keamanan yang ditingkatkan.

AI

Chipset ini dilengkapi kemampuan Qualcomm AI generasi ketujuh dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang berperforma tinggi dan efisien. Qualcomm menyebut chipset ini mampu menampilkan akselerator tensor 2x lebih cepat dan memori bersama 2x lebih besar dari pendahulunya.

Pengguna juga dapat menangkap gambar berkualitas pro berkat filter Leica Leitz Look yang terintegrasi secara cerdas untuk menghasilkan efek bokeh legendaris.

Pemrosesan bahasa alami AI terbaru dari Hugging Face dapat secara cerdas berfungsi sebagai asisten pribadi pengguna dengan memprioritaskan dan menganalisis notifikasi yang diterima.

Qualcomm juga bekerja sama dengan Sonde Health untuk mempercepat permodelan yang dapat menganalisis pola vokal pengguna untuk menentukan apakah mereka berisiko mengalami kondisi kesehatan, seperti asma, Depresi, bahkan Covid-19.

Selain itu, sistem always-on AI baru didukung oleh Qualcomm Sensing Hub Generasi ketiga dengan lebih banyak aliran data yang dirposes menggunakan AI berdaya rendah.

Gaming

Dengan lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming, Snapdragon 8 Gen 1 menghadirkan respons yang sangat halus, tampilan dengan HDR kaya warna dengan kualitas visual tertinggi, dan kemampuan tingkat desktop.

GPU Qualcomm Adreno baru memberikan peningkatan 30 persen dalam kemampuan rendering grafis dan 25 persen peningkatan penghematan daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Berbekal Adreno Frame Motion Engine, Snapdragon 8 Gen 1 dapat menghasilkan dua kali lebih banyak frame dengan tetap mempertahankan konsumsi daya yang sama.

Fitur mobile-first lain adalah Variable Rate Shading Pro untuk memberikan kontrol yang lebih baik bagi pengembang game menyempurnakan kinerja game.

Render Volumetrik tingkat desktop turut menghadirkan tampilan visual lebih nyata, baik efek kabut, asap, dan partikel yang telah dioptimalkan untuk seluler.

3 dari 3 halaman

Suara

Dengan Bluetooth 5.2 yang terintegrasi dan Snapdragond Sound Technology yang sekarang membawa Qualcomm aptX Lossless Technology, pengguna dapat merasakan pengalaman audio nirkabel losslees berkualitas CD.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 1 menjadi seri Snapdragon pertama yang mendukung semua fitur LE audio baru, seperti audio siaran, perekaman stereo, dan saluran belakang suara untuk bermain game.

Keamanan

Snapdragon 8 Gen 1 memiliki fitur keamanan layaknya brankas untuk menjaga data pengguna tetap terlindungi. Ini adalah chipset Snapdragon pertama yang menampilkan Trust Management Engine khusus untuk keamanan lebih tinggi dan Root of Trust untuk tambahan aplikasi maupun layanan lain.

Chipset ini juga menjadi platform seluler pertama di dunia yang menampilkan Android Ready SE--standar baru untuk kunci mobil digital, SIM, dan banyak lagi. Selain itu, Qualcomm Secure Processing Unit juga didukung iSIM sehingga pengguna dapat terhubung dengan jaringan seluler tanpa SIM.

(Dam/Ysl)